Uncategorized

Tips Menurunkan Stress Dari NHS

Jika merasa stress, entah itu karena pekerjaan atau masalah pribadi, langkah pertama untuk menanganinya adalah dengan mengidentifikasi penyebabnya. Hal yang paling tidak berguna yang dilakukan saat stress adalah beralih ke hal-hal yang tidak sehat seperti merokok atau mengkonsumsi alkohol.

Profesor Cary Cooper, seorang ahli kesehatan Universitas Lancaster mengatakan, “Selalu ada sebuah solusi dari sebuah masalah di kehidupan. Tidak mengontrol situasi dan tidak melakukan apa-apa hanya akan membuat masalah semakin buruk.” Kunci dari manajemen stress yang baik adalah membangun kekuatan emosional, mengontrol situasi, memiliki jaringan sosial yang baik, dan mengadopsi hal-hal positif dari luar.

Hal-hal yang Bisa Dilakukan Untuk Mengurangi Stress

Berikut 10 tips dari Profesor Cooper:

  1. Aktif. Berolahraga tidak membuat stress hilang begitu saja, tapi melakukannya akan mengurangi intensitas emosi yang dirasakan, menjernihkan pikiran, dan membuat individu lebih tenang menghadapi masalah.
  2. Mengontrol situasi. Selalu ada solusi untuk setiap masalah. Profesor Cooper menjelaskan, “Jika tetap pasif dan terus menerus berpikir ‘tidak ada yang bisa aku lakukan terhadap masalah ku’, maka stress yang dialami akan memburuk. Perasaan kehilangan kontrol adalah salah satu penyebab utama stress dan perasaan buruk.” Perilaku mengontrol situasi itu sendiri dapat menjadi sumber kekuatan dan menjadi bagian penting untuk menemukan solusi yang memuaskan bagi penderita stress itu sendiri, bukan orang lain.
  3. Berhubungan dengan orang lain. Jaringan dukungan yang baik terdiri dari rekan kerja, teman, dan keluarga dapat membantu meringankan masalah dan membantu individu menilai sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Aktivitas yang dilakukan dengan teman-teman membantu kita santai. Sering kali kita tertawa bersama mereka, yang merupakan sebuah pengurang stress yang baik. “Jika tidak berhubungan dengan orang lain, individu tidak akan mendapat dukungan saat membutuhkan bantuan. Membicarakan masalah dengan seorang teman juga membantu menemukan solusi untuk masalah-masalah yang dihadapi,” kata Profesor Cooper
  4. Me Time. Setiap orang membutuhkan waktu untuk bersosialisasi, bersantai, dan berolahraga. Profesr Cooper merekomendasikan menyisihkan dua malam dalam seminggu untuk “me time” yang berkualitas dan menjauh dari pekerjaan.
  5. Menantang diri sendiri. Menentukan tujuan dan tantangan, baik dalam pekerjaan atau di luar seperti belajar bahasa baru atau olah raga baru, dapat membangun kepercayaan diri. Dengan terus belajar, individu menjadi semakin mampu bertahan secara emosional. Belajar memenuhi individu dengan pengetahuan dan membuat individu ingin melakukan banyak hal alih-alih hanya pasif, seperti hanya menonton TV sepanjang waktu.
  6. Hindari kebiasaan yang tidak sehat. Jangan bergantung pada alkohol, rokok, dan kafein saat menghadapi stress. Profesor Cooper mengungkapkan ketergantungan pada hal-hal itu merupakan suatu bentuk tindakan penghindaran (avoidance behaviour). Semua itu mungkin dapat menjadi pelarian sementara, namun dalam jangka panjang tidak menyelesaikan masalah namun justru menambah masalah.
  7. Membantu orang lain. Penelitian menunjukkan orang-orang yang membantu orang lain melalui aktivitas seperti menjadi sukarelawan atau bekerja untuk masyarakat, menjadi lebih mampu bertahan. Jika tidak memiliki waktu menjadi sukarelawan, lakukan hal-hal kecil di kehidupan sehari-hari seperti membantu menyeberangi jalan atau membelikan kopi untuk rekan kerja.
  8. Bekerja lebih pintar, bukan lebih keras. Bekerja lebih pintar berarti menyusun prioritas pekerjaan, berfokus pada tugas-tugas yang benar-benar membawa perubahan. Profesor Cooper mengatakan, “Tinggalkan tugas paling mudah untuk dikerjakan di akhir. Terima kenyataan bahwa pekerjaan selalu ada. Jangan berharap semua pekerjaan selesai di hari itu juga.”
  9. Berusaha menjadi positif. Lihatlah pada sisi positif kehidupan dan hal-hal yang patut disyukuri. Orang-orang tidak selalu mensyukuri apa yang mereka miliki. Coba mulai berpikir gelasnya separuh penuh, alih-alih gelasnya separuh kosong. Tulis 3 hal yang berjalan baik, atau hal yang disyukuri, saat hari berakhir.
  10. Terima hal-hal yang tidak bisa diubah. Mengubah situasi sulit tidak selalu bisa dilakukan. Fokus pada hal-hal yang bisa dikontrol.

Sumber: National Health Service UK

Alih Bahasa: Puji Wulandari IIK Bhakti Wiyata