Kategori
Artikel

Role Model Menuju Generasi 2045

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kota Kediri sukses menggelar grand final Duta Genre pada Minggu, 5 Juni 2022.

Duta Genre adalah Duta Generasi Berencana dibawah naungan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang sasarannya adalah para remaja dan bertujuan untuk mempromosikan serta mensosialisasikan program-program generasi berencana, seperti pencegahan pernikahan dini, dll.

Kebahagiaan dalam acara tersebut juga dirasakan oleh salah satu mahasiswi dari Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri bernama Meike Nur Cahyani prodi S1 Kesehatan Masyarakat angkatan 2020 yang menyabet gelar sebagai “Duta Genre Favorit”.

Duta Genre Favorite merupakan suatu nominasi yang diberikan kepada pemenang dalam ajang grand final Duta Genre dengan kategori penilaian berdasarkan vote kupon, like instagram dan keputusan juri.

Meike mengatakan bahwa faktor yang mendukungnya untuk mengikuti ajang Duta Genre ini adalah keinginannya menjadi role model untuk banyak orang khususnya remaja Kota Kediri, serta ingin menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam upaya mencegah serta menangani permasalahan-permasalahan remaja.

Menurutnya, banyak sekali pengalaman berharga yang didapatkan dalam mengikuti ajang ini. Diantaranya adalah kekeluargaan, ilmu baru, relasi dengan sikap, sifat dan watak yang berbeda, dan masih banyak lagi.

Duta Genre memiliki fokus permasalahan yang sedang dihadapi khususnya di Kota Kediri saat ini yaitu mengenai stunting. Karena stunting merupakan permasalahan gizi utama di Indonesia. Selain itu permasalahan stunting harus segera diakhiri guna untuk mempersiapkan generasi emas 2045. Cara yang dapat ia lakukan yaitu memberikan kontribusi penuh baik itu pikiran maupun tenaga.

“Menurut saya kaum muda saat ini kurang memperhatikan hal-hal kecil yang sebenarnya dapat merugikan dirinya sendiri maupun orang lain. Mereka sering menganggap sepele dan sembrono dalam melakukan suatu tindakan tanpa memperhatikan sebab akibatnya. Selain itu kaum muda saat ini banyak yang minim attitude” ujar Meike tentang pandangannya terhadap kaum muda saat ini.

“Semoga temen temen diluar sana khususnya remaja Kota Kediri lebih sadar akan pentingnya menjaga diri, berfikir maju dan memperhatikan kepentingan kepentingan masa depan. Jangan berhenti di zona nyaman yang kemungkinan besar tidak akan membawa arus perubahan” pesan mahasiswi berprestasi itu.

Reporter : Muhammad Jack
Editor : Dian Okta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.