Kategori
Artikel

World Oceans Day

Sumber : storymaps.arcgis.com

Indonesia memiliki sekitar 17.500 pulau, bergaris pantai sepanjang 81.000 km. Sekitar 62% luas wilayah Indonesia adalah laut dan perairan, hal ini dikonfirmasi dari data KKP, luas wilayah daratan sebesar 1,91 juta km2 sedangkan luas wilayah perairan mencapai 6,32 juta km2.


Dengan luas wilayah tersebut, menjadikan Indonesia sebagai wilayah kepulauan terbesar di dunia. Perayaan tahunan yang diselenggarakan oleh seluruh negara dari berbagai belahan bumi mengenai laut adalah Hari Laut Sedunia yang jatuh pada 8 Juni. Hari Laut Sedunia juga merupakan perayaan hari yang didedikasikan khusus untuk  menghargai laut yang ada di dunia. Dengan merayakan hasil-hasil yang disediakan oleh laut dan samudera, seperti makanan laut dan kehidupan laut untuk akuarium dan juga hewan peliharaan.


Pada tahun ini hari laut sedunia mengusung tema “Revitalization: Collective Action for the Ocean” atau diartikan sebagai “Revitalisasi: Aksi Kolektif Untuk Laut”. Tema tersebut dibuat oleh UN Dekade of Ocean Science atau Dekade Ilmu Kelautan PBB sebagai kampanye kepada seluruh dunia. Tema ini dilatarbelakangi dari masalah laut diseluruh dunia yang mulai rusak, padahal laut mempunyai banyak manfaat untuk kehidupan makhluk hidup

Sumber : kompas.com

Penulis : Sekar Febriyanta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.