Kategori
Uncategorized

IToPH : Intermediate Training of Public Health ISMKMI JATIM 2022

Rapat Kerja Daerah Jawa Timur Wilayah 3 Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat tahun 2022 telah dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata pada tanggal 20 dan 21 Mei 2022.

Intermediate Training of Public Health merupakan capacity building ISMKMI yang dilaksanakan setelah mengikuti BToPH. Capacity building merupakan suatu proses pengkaderan bertingkat dan berjenjang yang diikuti oleh mahasiswa Kesehatan masyarakat di Indonesia, dimana setiap jenjang merupakan syarat untuk mengikuti jenjang selanjutnya. Pada tahun ini IIK Bhakti Wiyata Kediri berkesempatan untuk menjadi tuan rumah IToPH ISMKMI Jatim 2022 secara online via zoom meeting pada tanggal 20 Mei 2022 dengan diikuti oleh 10 Institusi yang meliputi :

  1. Universitas Negeri Malang
  2. Universitas Negeri Jember
  3. SIKIA Universitas Airlangga Banyuwangi
  4. Stikes Majapahit
  5. Universitas Airlangga
  6. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  7. Stikes BHM Madiun
  8. IIK STRADA Indonesia
  9. Universitas Muhammadiyah Gresik
  10. IIK Bhakti Wiyata Kediri

Kegiatan ini dipandu oleh MC dari mahasiswa S1 Kesmas Insititut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri. Serangkaian acara diawali oleh pembukaan dan pembacaan doa, lalu dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya, Hymne IIK Bhakta dan Mars ISMKMI. Setelah itu, dilanjutkan sambutan dan pembukaan IToPH ISMKMI 2022 oleh bapak Prof., Dr., Apt., Muhamad Zainuddin selaku Rektor IIK Bhakta, dan dilanjutkan dengan pembacaan laporan oleh ketua HIMA S1 KESMAS.

Sebelum memasuki sesi pemaparan yang akan dipandu moderator, MC mempersilahkan moderator untuk mengambil alih acara. Setelah itu moderator membuka sesi pemaparan dengan membacakan CV dari Pembicara, selanjutnya pemateri dipersilahkan untuk memulai pemaparan materi yang diberikan. Lalu, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang berlangsung cukup interaktif, acara ini diakhiri dengan pemberian closing statement dari pemateri sekaligus penutupan oleh MC.

Selanjutnya setelah dilaksanakannya acara IToPH pada hari pertama, selanjutnya dilanjutkan acara RAKERDA JATIM 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 21 Mei 2022. Serangkaian acara RAKERDA diawali dengan serah terima jabatan Koordinator Jatim lama ke Korda Jatim baru, selanjutnya yaitu pemaparan POA (Plan Of Action) dan mendiskusikan pemilihan tuan rumah RAKERDA. Sebelum mengakhiri acara Rakerda terdapat penyampaian RKTL (Rencana Kerja Tingkat Lanjut) yang disampaikan oleh anggota PSDM ISMKMI Daerah Jatim untuk peserta yang berisi tentang isu kesehatan yang ada di Indonesia hal dilakukan untuk menjadi syarat mendapatkan sertifikat.