Kategori
Uncategorized

IToPH : Intermediate Training of Public Health ISMKMI JATIM 2022

Rapat Kerja Daerah Jawa Timur Wilayah 3 Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat tahun 2022 telah dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata pada tanggal 20 dan 21 Mei 2022.

Intermediate Training of Public Health merupakan capacity building ISMKMI yang dilaksanakan setelah mengikuti BToPH. Capacity building merupakan suatu proses pengkaderan bertingkat dan berjenjang yang diikuti oleh mahasiswa Kesehatan masyarakat di Indonesia, dimana setiap jenjang merupakan syarat untuk mengikuti jenjang selanjutnya. Pada tahun ini IIK Bhakti Wiyata Kediri berkesempatan untuk menjadi tuan rumah IToPH ISMKMI Jatim 2022 secara online via zoom meeting pada tanggal 20 Mei 2022 dengan diikuti oleh 10 Institusi yang meliputi :

  1. Universitas Negeri Malang
  2. Universitas Negeri Jember
  3. SIKIA Universitas Airlangga Banyuwangi
  4. Stikes Majapahit
  5. Universitas Airlangga
  6. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  7. Stikes BHM Madiun
  8. IIK STRADA Indonesia
  9. Universitas Muhammadiyah Gresik
  10. IIK Bhakti Wiyata Kediri

Kegiatan ini dipandu oleh MC dari mahasiswa S1 Kesmas Insititut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri. Serangkaian acara diawali oleh pembukaan dan pembacaan doa, lalu dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya, Hymne IIK Bhakta dan Mars ISMKMI. Setelah itu, dilanjutkan sambutan dan pembukaan IToPH ISMKMI 2022 oleh bapak Prof., Dr., Apt., Muhamad Zainuddin selaku Rektor IIK Bhakta, dan dilanjutkan dengan pembacaan laporan oleh ketua HIMA S1 KESMAS.

Sebelum memasuki sesi pemaparan yang akan dipandu moderator, MC mempersilahkan moderator untuk mengambil alih acara. Setelah itu moderator membuka sesi pemaparan dengan membacakan CV dari Pembicara, selanjutnya pemateri dipersilahkan untuk memulai pemaparan materi yang diberikan. Lalu, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang berlangsung cukup interaktif, acara ini diakhiri dengan pemberian closing statement dari pemateri sekaligus penutupan oleh MC.

Selanjutnya setelah dilaksanakannya acara IToPH pada hari pertama, selanjutnya dilanjutkan acara RAKERDA JATIM 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 21 Mei 2022. Serangkaian acara RAKERDA diawali dengan serah terima jabatan Koordinator Jatim lama ke Korda Jatim baru, selanjutnya yaitu pemaparan POA (Plan Of Action) dan mendiskusikan pemilihan tuan rumah RAKERDA. Sebelum mengakhiri acara Rakerda terdapat penyampaian RKTL (Rencana Kerja Tingkat Lanjut) yang disampaikan oleh anggota PSDM ISMKMI Daerah Jatim untuk peserta yang berisi tentang isu kesehatan yang ada di Indonesia hal dilakukan untuk menjadi syarat mendapatkan sertifikat.

Kategori
Uncategorized

HIV/AIDS DIMASA PANDEMI COVID-19

HIV (Human Immonodeviciency Virus) dan AIDS (Acquered Immune Deficiency Syndrom) telah menjadi masalah darurat global di seluruh dunia. Indonesia sebagai negara berkembang dengan populasi berjumlah 240 juta jiwa yang tersebar 514 kota dan kabupaten memiliki tantangan yang khusus dalam penanggulangan HIV.

Dari Kemenkes, hasil catatan temuan kasus baru HIV pada masa pendemi covid 19 tahun 2020, bahwa untuk kasus HIV sendiri menurun di bandingkan pada tahun 2019 yang pada saat itu terdapat 52 kasus.
Penemuan kasus HIV ini di katakan mengalami penurunan hampir 40 persen dan menjadi 32 kasus pada tahun 2020 ini.

Penurunan temuan kasus baru HIV, terjadi karena menurunnya angka kunjungan masyarakat ke fasilitas kesehatan di masa pandemi ini. Dalam penemuan kasus HIV pada masyarakat sangat penting, agar orang yang terpapar penyakit menular tersebut bisa di berikan pengobatan secara cepat dan tepat agar penyakit HIV tidak bertambah buruk yang akan menjadi AIDS serta kesehatan nya juga tidak semakin menurun.

Adapun program dari Kemenkes mengenai temuan status HIV yaitu mencapai 90%, kemudian 90% pengidap HIV telah mendapatkan terapi pengobatan ARV. Sehinggaa 90% persen virus yang berada di masyarakat tersupresi dan tidak bisa menularkan kepada orang lain.
Selain penurunan temuan Kasus HIV, pada pemeriksaan dini HIV juga mengalami penurunan dan penyakit lainnya pada ibu hamil di tahun 2020.

Indonesia menargetkan eradikasi penyakit HIV di Tanah Air pada tahun 2030 dengan tiga indikator, yaitu yang pertama tidak adanya infeksi HIV baru, yang kedua tidak adanya kematian yang disebabkan akibat HIV, dan yang ketiga tidak ada lagi diskriminasi bagi pengidap HIV.

Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zonotik Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi dalam siaran BNPB mengungkapkan, bahwa akan memastikan ketersediaan obat antiretroviral (ARV) untuk orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Pada awal pandemi covid-19 obat ARV sempat tersendat atau terhenti, dan jika obat ARV ada di fasilitas kesehatan akan kesulitan juga untuk mendistribusikan pada ODHA karena sedang dalam situasi lockdown. Pada faskes termasuk rumah sakit memfokuskan pada penanganan covid-19, namun layanan untuk tes HIV/AIDS ataupun ODHA tetap dilalukan.

Dalam melakukan survei covid-19 di fasilitas layanan kesehatan ada 247 rumah sakit rujukan covid-19, di mana 118 rumah sakit melayani tes HIV/AIDS cenderung dengan keadaan stabil, sementara 112 rumah sakit mengalami penurunan karena di awal-awal pandemi covid-19 dibatasi pemeriksaan
Setidaknya tidak terjadi penurunan luar biasa, dan dalam pengobatan juga stabil.

Dampak Covid-19 pada pandemi ini dapat meresahkan bagi aktivitas dalam memberikan ketersediaan obat
karena kemenkes sendiri masih mengimpor obat ARV dari negara India, dimana negara India sendiri sedang menerapkan lockdown. Sehingga mengakibatkan di negara Indonesia sendiri di bagian daerah Jepara untuk obat ARV kategori dewasa kosong.

Pada webinar dengan tema “Penanggulangan HIV-AIDS: Kebijakan dan Strategi di Tengah Pandemi COVID-19”, yang diselenggarakan oleh Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) pada Jumat, Stuart Watson, Country Director UNAIDS Indonesia mengatakan memang belum ada bukti yang menunjukkan bahwa ODHA mempunyai risiko lebih tinggi terinfeksi COVID-19.

Secara global ada 15 juta orang yang hidup dengan HIV yang tidak mengikuti ARV, kata Watson. Indonesia sendiri, 23% dari estimasi jumlah ODHA yang tidak melakukan pengobatan.

Berdasarkan survei UNAIDS Indonesia menunjukkan sekitar 41,1% ODHA mengalami kecemasan sangat berat akan kemungkinan ikut terpapar COVID-19.
Kebanyakan mereka khawatir terhadap kesehatan diri sendiri, khawatir tentang kesehatan anggota keluarga, khawatir akan stigma terkait status HIV, selain kekhawatiran itu juga khawatir ekonomi yang tidak bisa membeli obat ARV.

Dilansir dari laman resmI WHO, 24 negara melaporkan bahwa mereka memiliki persediaan ARV yang sangat rendah. Di situasi seperti masa pandemi seperti sekarang, komunitas harus bekerja lebih aktif dan prima dalam pelayanan untuk menyemangati para ODHA yang dirundung cemas dan membutuhkan pendamping psikologis.

Source :
https://www.antaranews.com/berita/1867772/kemenkes-catat-temuan-kasus-baru-hiv-di-masa-pandemi-menurun

https://covid19.go.id/p/berita/tantangan-pengobatan-penderita-odha-di-tengah-pandemi-covid-19
https://www.tribunnews.com/nasional/2020/09/15/kementerian-kesehatan-pastikan-obat-arv-untuk-odha-tersedia-saat-pandemi-covid-19

Divisi Kajian Keilmuan dan Advokasi
Hima Kesmas IIKBW

Kategori
Uncategorized

ISMKMI MENYAPA & BTOPH TAHUN 2023

Kegiatan BToPH tahun ini bersamaan dengan kegiatan ISMKMI Menyapa, dua kegiatan ini menjadi serangkaian acara yang dilaksanakan pada tanggal 17, 23 Desember 2023 dan 6, 7, 13 Januari 2024. Kegiatan Technical Meeting sebelum acara ISMKMI Menyapa dan BToPH diselenggarakan pada tanggal 17 Desember 2023 secara online, berikut rangkaian Kegiatan Technical Meeting dimulai pada pukul 08.45 WIB tepat, Dibuka oleh ketua HIMA S1 Kesehatan Masyarakat 2023/2024 , Dilanjutkan pemaparan kegiatan ISMKMI Menyapa dan BToPH 2023, Dan dilanjutkan pemaparan terkait tata tertib, tugas berhadiah, dan ketentuan twibon. Acara berakhir dengan ditutup oleh panitia pada pukul 10.10 WIB.

Kegiatan ISMKMI Menyapa pada tanggal 23 Desember 2023 dilaksanakan secara online. Kegiatan dimulai pada jam 08.00 hingga jam 11.00, Peserta memasuki room zoom pada pukul 08.00, dan dilanjutkan dengan rangkaian acara yang diawali dengan absensi awal, pemutaran lagu Indonesia Raya, Hymne IIK, Hymne ISMKMI, Mars ISMKMI, dilanjutkan doa dan sambutan- sambutan. Lalu memasuki acara inti diawali dengan pre-test dan pemaparan materi ISMKMI Menyapa yang disampaikan oleh Koordinator Daerah ISMKMI Jatim, dilanjutkan dengan sharing pengalaman ber-ISMKMI dan ditutup dengan pemutaran company profile ISMKMI.

Kegiatan BToPH hari pertama dilaksanakan pada tanggal 6 Januari 2023 secara offline di Ruang Kelas. Acara dimulai pukul 09.00 menunggu Dekan, Kaprodi, dan pemateri hadir. Dikarenakan dekan tidak bisa hadir, maka sambutan digantikan oleh kaprodi. Pemateri pertama adalah ibu Endah R. Wismaningsih, S.KM., M.Kes. dengan judul materi “Sejarah Ilmu Kesehatan Masyarakat” dan untuk pemateri kedua yaitu ibu Dianti Ias Oktaviasari, S.KM., M.Kes. membawakan materi “Prospek Kerja Ilmu Kesehatan Masyarakat”. Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi tentang peminatan K3 dan PKIP oleh mahasiswa kesehatan Masyarakat angkatan 2020.

Kegiatan BToPH hari kedua, dilaksanakan pada tanggal 7 Januari 2023 secara online melalui zoom. Materi yang disampaikan pada hari kedua ini yaitu “Gerakan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat” oleh kak Agus Ubaidillah Fanani, S.KM. dan dilanjutkan penyampaian materi peminatan Administrasi kebijakan Kesehtan dan peminatan Biostatistika.

Kegiatan BToPH hari ketiga dilaksanakan pada tanggal 13 januari 2024 secara offline diruang Bumi, sekaligus penutupan pada rangkaian kegiatan ini. Pada hari ketiga materi yang disampaikan adalah Metode Persidangan, Peminatan Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Reproduksi, Gizi Masyarakat dan Epidemiologi. dilanjutkan dengan pembagian hadiah pemenang lomba-lomba BToPH (seperti video edukasi menyenai penyakit yang ada di masyarakat daan lomba yel ye perkelompok) dan diakhiri dengan foto bersama.

Kategori
Uncategorized

OSMARU KESMAS 2023

Osmaru atau orientasi mahasiswa baru merupakan salah satu kegiatan wajib yang dilakukan setiap awal mahasiswa memasuki dunia perkuliahan. tujuan dari kegiatan osmaru ini adalah memperkenalkan kepada para mahasiswa baru mengenai dunia perkuliahan dan diharapkan para mahasiswa siap dan mampu memasuki dunia perkuliahan.

kegiatan osmaru prodi ini dilaksanakan 2 hari. pra-osmaru prodi dilaksanakan pada tanggal 16 september 2023. beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu pengenalan himpunan mahasiswa kesehatan masyarakat IIK Bhakta, dilanjutkan dengan penjelasan tugas untuk mahasiswa baru oleh panitia serta jargon & yel-yel kesmas.

osmaru prodi pada tanggal 20 september 2023 diawali dengan sambutan oleh ketua Himpunan Mahasiswa kesehatan masyarakat periode 2022/2023 dan kaprodi S1 kesehatan masyarakat ibu Endah Retnaniwismaningsih, S. KM., M. Kes. acara dilanjutkan pengenalan program studi kesehatan masyarakat, struktur dosen dan peminatan yang ada di prodi S1 kesehatan masyarakat. Dilanjutkan dengan penyampaian materi etik, GPM dan pengenalan DPA. setelah pemaparan materi, mahasiswa baru diajak untuk ice breaking dengan bermain game. kemudian dilanjutkan dengan penayangan juara lomba dan juga pengumuman juara lomba. acara selanjutnya yaitu penyampaian materi ISMKMI. terakhir dilakukan foto bersama sebagai penutup.

Kategori
Uncategorized

NGOBAR SKUY (Ngobrol Bareng Skuy)

Informasi merupakan kumpulan fakta yang telah diproses dan diolah sehingga dapat menghasilkan sesuatu bahasan yang dapat dipahami dan dapat memberikan berbagai manfaat bagi semua orang yang mendapatkan informasi tersebut. Informasi sangat dibutuhkan oleh semua orang untuk meningkatkan pengetahuan akan suatu hal. Selain itu informasi yang akan dibagikan seputar isu-isu yang terjadi dilingkungan perkuliahan. Seperti isu yang saat ini sedang marak diperbincangkan yaitu kesehatan fisik dan mental, selain itu informasi tentang tips-tips lain yang akan bermanfaat.

Peyelenggaraan kegiatan “Ngobrol Bareng Skuy Ngobar Skuy” merupakan sarana atau wadah untuk menyampaikan informasi-informasi seputar isu dan pengalaman suatu kejadian. Ngobar Skuy juga akan membagikan berbagai topik menarik yang sangat bermanfaat. Tujuan kegiatan NGOBAR SKUY ini adalah mengembangkan pengetahuan mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat terhadap isu kesehatan dan mengembangkan pengetahuan informasi terkait pengalaman seseorang.

Kegiatan Ngobrol Bareng Skuy (Ngobar Skuy) ini dilaksanakan setiap bulan pada minggu kedua melalui Live Instagram Hima Kesmas. Kegiatan ini ditujukan untuk mahasiswa kesehatan masyarakat dan masyarakat umum. Rangkaian kegiatannya yaitu ngobrol bareng isu dan pengalaman sesuai dengan pokok bahasan yang dibawakan oleh pembicara, diskusi bersama yang dipandu oleh MC, dan diakhiri dengan sesi tanya jawab.

28 Februari 2023 Ngobar Skuy dengan tema “Tips Membagi Waktu Antara Kuliah dan Organisasi” pembicara inzania karinanda mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakta angkatan 2021.

28 Maret 2023 dengan tema “Ngobrol Bareng Seputar Open Recruitment HIMA S1 Kesmas” pembicara Medina Noya Permata mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat angkatan 2020.

26 Mei 2023 dengan tema “Pentingnya Mengatur Lifestyle Untuk Menjaga Kesehatan Dimasa Depan” pembicara Ekawati Wasis Wijaya, S.KM., M. Kes dosen S1 Kesehatan Masyarakat IIK Bhakta.

24 Agustus 2023 dengan tema “Pentingnya Menyeimbangkan Prestasi Akademik dan Non Akademik” pembicara Berliana Dwistira Septi mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat angkatan 2021.

Kategori
Uncategorized

SEMINAR HARI ANTI NARKOTIKA INTERNASIONAL 2023

       Narkoba adalah singkatan dari Narkotika dan Obat Berbahaya. Narkoba jika ditarik dari sejarah penggunaannya sebenarnya merupakan satu jenis obat penghilang rasa sakit yang sudah dikenal sejak 50.000 tahun yang lalu terbuat dari sari bunga opium (Papauor Samnifertium) yang diketemukan sekitar 2000 SM oleh bangsa Sumeria digunakan untuk membantu orang-orang yang sulit tidur dan meredakan rasa sakit.

       Di Indonesia, pemerintah selalu berusaha menekan dan mengurangi jumlah kriminalitas yang terjadi, satu di antaranya yaitu kriminalitas yang diakibatkan oleh penyalahgunaan narkoba. Penyalahgunaan narkoba oleh masyarakat yang minim akan pengetahuan terhadap bahaya yang terjadi jika menggunakan narkoba tentu akan mengganggu stabilitas keamanan kehidupan masyarakat baik itu dalam keluarga, tetangga juga lingkungan tempat tinggal.

      Hari Anti Narkotika Internasional digagas sejak tahun 1988 oleh United Nations Office on Drugs and Crime (UNDOC) pada tanggal 26 Juni. Tanggal istimewa ini dipilih dengan pertimbangan mengambil momen pengungkapan kasus perdagangan opium oleh Lin Zexu (1785-1851) di Humen, Guangdong, Tiongkok.

        Dalam mengatasi permasalahan narkoba yang semakin menunjukkan intensitasnya, Pemerintah Indonesia dengan Dewan Perwakilanan Rakyat mengesahkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika dan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1997 tentang Narkotika. Berdasarkan kedua Undang-undang tersebut, Pemerintah membentuk Badan Koordinasi Narkotika Nasional (BKNN), dengan Keputusan Presiden Nomor 116 Tahun 1999. BKNN adalah suatu Badan Koordinasi penanggulangan narkoba yang kemudian berubah nama menjadi Badan Narkotika Nasional. Penyuluhan-penyuluhan dan sosialisasi dari badan narkotika kiat digencarkan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan bahaya penyalahgunaan narkoba yang mengancam kehidupan orang banyak.

       Dengan sejarah singkat diatas maka kami Himpunan Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat mengajukan proposal ini untuk mengadakan Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional dengan tujuan menambah wawasan pada generasi terkini agar terhindar dari bahaya narkoba.

         Seminar Peringatan Hari Anti Narkotika 2023 dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri pada tanggal 22 Juli 2023. Kegiatan Seminar HANI 2023 diselenggarakan pada tanggal 22 Juli 2023, berikut rangkuman acara Seminar HANI 2023 . Seminar HANI 2023 dimulai pukul 09.45 dibuka dengan sambutan Bapak Rektor Melalui media zoom, sekitar pukul 07.00 kami melakukan gladi bersih. Pemberi sambutan dari Rektor, yaitu Prof. Dr. apt. Muhammad Zainuddin tidak dapat menghadiri acara secara lansung dikarenakan adanya acara ditempat lain, sehingga beliau memberikan sambutan memalui zoom. Saat acara berlangsung peserta seminar sangat antusias sehingga saat dibuka sesi tanya jawab peserta sangat aktif bertanya pada pemateri, yaitu Bapak Bunawar, S.H. selaku pemateri satu dari BNN Kota Kediri dan Gerardin Ranind Kirana, S.KM., M.P.H. pemateri dua dari IIK BHAKTA. Namun jumlah peserta yang daftar dan absen kehadiran sangat berbeda, banyak peserta dari luar kampus mungkin memiliki jam kelas maka tidak dapat menghadiri acara tersebut.

DOKUMENTASI KEGIATAN SEMINAR PERINGATAN HARI ANTI NARKOTIKA INTERNASIONAL 2023

Kategori
Uncategorized

KESMAS MANDALA 2023

Outbound Kegiatan Kesmas Mandala 2023 merupakan kegiatan di luar ruangan yang menggunakan metode Experiential Learning (belajar dari pengalaman) bermedia permainan. Kegiatan ini dilaksanakan pada 18 April 2023 bertempat di Brigif Mekanis 16 WY. Dengan berbagai permainan yang akan dimainkan semua peserta akan belajar memahami karakter antar individu dalam kondisi apapun. Outbound merupakan metode pengembangan diri yang menarik dan menyenangkan. Mengapa demikian?

Tujuan outbound yaitu sebagai terapi bagi peserta yang tidak punya kemampuan banyak bicara, minder, dan kurang percaya diri. Outbound sendiri selalu mengedepankan permainan-permainan yang mampu menumbuhkan motivasi pada diri pesertanya. Biasanya pola permainan yang diadakan melibatkan kerja sama antar team ataupun masing-masing individu itu sendiri guna melatih pikiran dan aktivitas fisik yang memiliki nilai positif.

Tidak bisa di pungkiri bahwa outbound adalah pilihan tepat bagi semua kalangan dalam pengembangan diri yang fun dan menarik serta menyenangkan. Sedangkan tujuan penerapan metode outbound dalam pembelajaran ini sendiri adalah membentuk kelompok dalam permainan yang bisa memberikan peserta sebuah pengalaman baru.

Apa manfaat utama bagi peserta yang melakukan kegiatan outbound di alam terbuka?

Kegiatan outbound di alam terbuka bermanfaat untuk meningkatkan keberanian dalam bertindak maupun berpendapat. Kegiatan outbound membentuk pola pikir yang kreatif, serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi. Kegiatan ini akan menambah pengalaman hidup seseorang menuju sebuah pendewasaan diri.

Sedangkan menurut Badiatul Muchlisin menyebutkan manfaat dari kegiatan di alam terbuka (outbond) diantaranya :

  1. Komunikasi efektif (effective communication)
  2. Pengembangan tim (team building)
  3. Pemecahan Masalah (problem solving)
  4. Kepercayaan Diri (Self confidence)
  5. Kepemimpinan (Leadership)
  6. Kerja sama(Sinergi)
  7. Permainan yang menghibur dan menyenangkan (fun games)
  8. Konsentrasi/ fokus (concentration)
  9. Kejujuran/sportivitas (CP)

Rangkaian kegiatan Outbond Kesmas Mandala yang diikuti oleh mahasiswa prodi S1 Kesehatan Masyarakat angkatan 2020, 2021, dan 2022 yaitu diawali dengan pembukaan oleh Ibu Endah Retnani Wismanigsih selaku kepala prodi S1 Kesehatan Masyarakat.

Kegiatan selanjutnya adalah permainan yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Angkatan 2021 dan 2023. Dan dilanjutkan dengan halang rintang yang dipandu oleh pihak Brigif. Lalu Ishoma, pada pukul 13.00 WIB dilanjutkan dengan permainan lagi yang sangat seru dan membutuhkan kekompakan tim. Pada pukul 19.00 dilaksanakan api unggun, dan dilanjutkan dengan perlombaan pensi-pensi dari setiap kelompok, setelah itu pengumuman lomba-lomba. Yang terakhir yaitu penutupan.

Kategori
Uncategorized

OPEN RECRUITMENT STAFF HIMPUNAN MAHASISWA S1 KESEHATAN MASYARAKAT PERIODE 2022/2023

Regenerasi dalam sebuah organisasi merupakan suatu hal yang mutlak diadakan. Generasi selanjutnya akan memegang erat dan membawa lari tongkat estafet sampai bertemu dengan pelari yang selanjutnya. Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat juga melakukan hal serupa demi keberlangsungan organisasi kemahasiswaan karena bagaimanapun juga kepemimpinan pasti harus beralih dan berlanjut kepada generasi berikutnya.

Organisasi mahasiswa menjadi sebuah wadah pembelajaran mahasiswa untuk mengembangkan diri dalam berorganisasi, kepemimpinan, dan belajar menjalankan kegiatan, dari mulai yang bersifat akademik maupun non-akademik. Open recruitment Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat bertujuan sebagai wadah untuk membentuk mahasiswa berjiwa kepemimpinan yang tinggi, mampu menyalurkan aspirasi secara realistis dan juga mengembangkan organisasi Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat sesuai dengan visi dan misi.

Keberlangsungan pengembangan program studi S1 Kesehatan Masyarakat untuk lebih maju salah satunya adalah dengan mengembangkan mahasiswa kesehatan masyarakat melalui organisasi. Sehingga diharapkan dengan adanya open recruitment ini mampu untuk menciptakan kemajuan dan meraih apa yang diharapkan sesuai dengan tujuan bersama.

Open Recruitment Himpunan Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat tahun 2022/2023 telah dilaksanakan pada tanggal 26 Maret – 1 April 2023 dan 10 – 12 April 2023. Pada rentang waktu itu dilaksanakan kegiatan penyebaran poster, broadcast ke setiap grup angkatan, dan live Instagram tanya jawab seputar penerimaan pengurus baru HIMA Kesmas.

Rangkaian kegiatan selanjutnya pada tanggal 3 April 2023 dan 12 April 2023 dilaksanakan kegiatan tes tulis. Tes tulis dimulai pada pukul 19.30 WIB dengan media google form dan dipantau menggunakan zoom meeting. Kegiatan ini diikuti oleh panitia inti dan calon pengurus HIMA S1 Kesehatan masyarakat sebagai berikut:

NAMA CALON PENGURUS BARU HIMA S1 KESMAS

No.Nama Calon Pengurus BaruHIMA S1 KesmasNo.Nama Calon Pengurus BaruHIMA S1 Kesmas
1.Anindya Calya Dwi Lestari11.Mohammad Rifkianto
2.Ana Miftahul Khoir12.Amelia Sesa Cahyani
3.Alfira Maudy Sukmaning Putri13.Anita Octasari
4.Deny Syaiful Firdaus 14.Septiano Fernanda 
5.Adinda Mei Anjelita15.Natania Sharon Pramesti
6.Nurul Istiqomah Kurniawati16.Rona Pawarti
7.Dion Dwi Prasongko 17.Amillia Astriani
8.Elvanda Helzalia Putri
9.Galeh Priyo Kuncoro
10.Evita Anistasya Harliana 

Kemudian pelaksanaan tes wawancara ditanggal 5 dan 13 April 2023 secara offline dan online. Wawancara offline dilaksanakan di Ruang A216 pada pukul 10.00 WIB. Hal-hal yang ditanyakan selama pelaksanaan wawancara seputar perkenalana calon pengurus baru, motivasi mengikuti open recruitment, divisi yang dipilih dan lain-lain yang disesuaikan berdasarkan kepentingan organisasi. 

Selesai tes wawancara dilanjutkan rapat internal pengurus HIMA untuk memilih staff baru. Pada tanggal 14 April 2023 telah diupload pengumuman hasil seleksi open recruitment calon pengurus baru HIMA S1 Kesehatan Masyarakat pada Instagram @kesmas_iikbhakta. Berikut merupakan nama peserta yang lolos seleksi sebagai pengurus baru HIMA S1 Kesehatan Masyarakat.

NAMA PENGURUS BARU HIMA S1 KESMAS LOLOS SELEKSI


No.
Nama Pengurus Baru HIMA S1Kesmas yang Lolos Seleksi
1.Ana Miftahul Khoir
2.Alfira Maudy Sukmaning Putri
3.Deny Syaiful Firdaus 
4.Adinda Mei Anjelita
5.Dion Dwi Prasongko 
6.Elvanda Helzalia Putri
7.Galeh Priyo Kuncoro
8.Evita Anistasya Harliana 
9.Nurul Istiqomah Kurniawati
10.Mohammad Rifkianto
11.Anita Octasari
12.Septiano Fernanda 
13.Natania Sharon Pramesti
14.Rona Pawarti
15.Amillia Astriani

Selanjutnya setelah kegiatan open recruitment selesai dilaksanakan, pada tanggal 1 Mei 2023 dilaksanakan kegiatan Upgrading Pengurus HIMA S1 Kesehatan Masyarakat periode 2022/2023 yang mengangkat tema “Membentuk Generasi Urgensi Identitas dan Komitmen Diri dalam Mengoptimalkan Kinerja Organisasi Hima Kesmas Menuju Lingkungan yang Progresif dan Inovatif”. Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan kegiatan awal adalah pembukaan yang dipandu oleh MC selanjutnya adalah menyanyikan lagi Indonesia Raya dan Hymne Bhakti Wiyata.
Setelah itu adalah adalah sambutan – sambutan. Sambutan yang pertama oleh Ibu Endah Retnani Wismaningsih, S.KM., M.Kes. selaku Ketua Prodi S1 Kesehatan Masyarakat tetapi dalam kesempatan ini digantikan oleh Ibu Dianti Ias Oktaviasari, S.KM., M.Kes. dikarenakan beliau berhalangan hadir. Beliau memberikan wejangan seperti setelah kegiatan Upgrading ini diharapkan dapat memberikan warna baru pada HIMA S1 Kesmas dan juga IIK Bhakti Wiyata dengan kegiatan yang lebih inovatif, mengikuti kegiatan ilmiah yang memberikan manfaat bagi semua baik mahasiswa maupun masyarakat. Beliau juga memberikan pesan untuk selalu semangat, kuat, dan inovatif dan juga meskipun mengikuti organisasi HIMA S1 Kesmas namun juga harus memperhatikan perkuliahan.
Acara selanjutnya adalah pengukuhan yang dipandu oleh Sekretaris Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Ibu Dianti Ias Oktaviasari, S.KM., M.Kes. Acara pengukuhan berlangsung khidmat dan setiap pengurus lama maupun baru mengikuti sesi tersebut dengan bersungguh – sungguh. Selanjutnya setelah selesai dikukuhkan, dilakukan sesi foto bersama yang diambil oleh sie dekdok. Ibu Dianti Ias Oktaviasari, S.KM., M.Kes. meninggalkan media zoom cloud meeting.

Selanjutnya adalah sesi perkenalan. Sesi ini dimulai dari perkenalan pengurus inti yang terdiri dari Ketua umum, Wakil ketua umum, Sekretaris, dan Bendahara. Kemudian dilanjutkan pada Biro Kesekretariatan dan Administrasi Media, Biro Kemitraan dan Bisnis. Kemudian dilanjutkan pada Divisi – Divisi, yaitu Divisi Sosial Masyarakat, Divisi Pengembangan dan Kontrol Sumber Daya Internal, Divisi Kajian Keilmuwan dan Advokasi, dan Divisi Multimedia Komunikasi dan Informasi serta POKJA Institusi.
Setelah sesi perkenalan selesai, dilanjutkan dengan pembacaan panduan organisasi oleh Ketua HIMA S1 Kesehatan Masyarakat yaitu Medina Noya Permata. Panduan organisasi HIMA S1 Kesehatan Masyarakat berisi tentang deskripsi organisasi HIMA S1 Kesmas, Visi dan Misi Kepengurusan HIMA S1 Kesmas periode 2022/2023, struktur dan tugas kepengurusan HIMA S1 Kesmas periode 2022/2023. Dan acara terakhir adalah penyampaian proker semua divisi dan juga tanya jawab.

Kategori
Uncategorized

LAPORAN KEGIATAN KESMASCAST FM

Kesmascast FM pertama pada tanggal 28 Januari 2022 dengan tema Kupas Tuntas Hima Kesmas yang dibawakan oleh pemateri dari Ketua Hima S1 Kesmas yaitu Fajar Septian Sulistiyawan terlaksana pada tanggal 26 Maret2022, keterlambatan dari jadwal awal disebabkan oleh pengajua LPJ dari program kerja sebelumnya yang suda selesai namun penyerahan LPJ masih belum ke atasan. Setiap dilaksanaka selau dibuatka trailer episode terlebih dahulu.

Kesmascast FM kedua pada tanggal 25 Maret 2022 dengan tema Daerah Aliran Sungai (DAS)! Ngaruh Bagi Kesehatan Masyarakat Nggak Sih? yang dibawakan oleh pemateri dari dosen IIK Marianingsih, S.KM.,M.Kes tidak dapat terlaksana dikarenaka menunggu revisian yang masih belum terdapat balasan hingga beberapa minggu, sehingga dilanjutkan ke pemateri selanjutnya yaitu Akmalina Ziadati Sukmaningtyas selaku Koordinator Daerah ISMKMI Jawa Timur terlaksana pada tanggal 21 April 2022. Setiap dilaksanaka selau dibuatka trailer episode terlebih dahulu.

Kategori
Uncategorized

PEMILIHAN RAYA HIMPUNAN MAHASISWA S1 KESEHATAN MASYARAKAT PERIODE 2022/2023

Penerimaan anggota baru Himpunan Mahasiswa Periode 2022/2023 merupakan kegiatan yang dilakukan untuk membentuk anggota baru dan akan melaksanakan tugas selama satu periode. Oleh karena itu Himpunan Mahasiswa jurusan Kesehatan Masyarakat Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri akan melakukan kegiatan “Pemilihan Raya Himpunan Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat periode 2022/2023”.

Kegiatan Pemira dilaksanakan pada Hari Sabtu, 20 Agustus 2022 melalui Zoom Cloud Meeting pada pukul 08.00 WIB dengan jumlah partisipan 104 orang. Acara diawali dengan pembukaan dilanjutkan sambutan Ibu Endah Retanani Wismaningsih, S. KM., M.Kes. selaku Kaprodi S1 Kesehatan Masyarakat. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat atas terselenggaranya kegiatan “Pemira pengurus HIMA 2021/2022” dan menyampaikan terima kasih kepada pengurus periode 2020/2021.

Selanjutnya Fajar Septian Sulistyawan, Ketua HIMA Periode 2021/2022, memaparkan Laporan Pertanggungjawabannya. Fajar menyampaikan beberapa program kerja, hasil yang dicapai, dan hambatan-hambatan yang dihadapi dalam melaksanakan program kerjanya.

Setelah pemaparan laporan pertanggungjawaban selesai, kemudian acara selanjutnya adalah perkenalan seluruh kandidat ketua HIMA Peridoe 2022/2023. Acara ini dipimpin oleh MC. Debat dimulai dengan pemaparan visi misi dan program unggulan dari seluruh pasangan kandidat dan kemudian dilanjutkan dengan menjawab beberapa pertanyaan yang sudah disiapkan oleh panitia dan Bapak/Ibu Dosen. Bermacam macam pertanyaan yang diberikan oleh Bapak/Ibu Dosen, seperti bagaimana cara masing-masing kandidat mengevaluasi dari pengurus sebelumnya dan apa yang perlu ditambah di periode kalian nanti. Kemudian pertanyaan bagaimana mengaitkan visi misi para kandidat dengan visi misi prodi khususnya dengan DAS dan mahasiswa berbudaya PLUS.

Acara selanjutnya adalah pembagian link formulir voting melalui googleform yang dibagikan melalui room chat zoom. Voting diberikan waktu selama 10 menit. Hasil dari pemilihan ini adalah pasangan kandidat nomor urut 01 atas nama Medina Noya P. terpilih menjadi ketua HIMA Kesehatan Masyarakat dan Permata Medina Noya sebagai wakil ketua HIMA Kesehatan Masyarakat. Capaian dari kegiatan ini adalah tercapainya program kerja yang terlaksana selama 1 periode dan kekurangan dari kegiatan ini adalah tempat dan waktu pelaksanaan kegiatan. Sebelum acara dilaksanakan, terdapat kendala yang mengakibatkan waktu pelaksaan terpaksa mundur. Untuk menindaklanjuti adanya kendala pada saat kegiatan, hendaknya melakukan pengecekan dan pematangan briefing kepada setiap sie kegiatan untuk menimimalisir terjadinya kendala pada saat kegiatan berlangsung.

Kategori
Uncategorized

Public Health Vlog

  1. Kegiatan Public Health Vlog dilaksanakan pertama pada tanggal 01 Desember 2021 dengan tema memperingati hari AIDS Sedunia yang dibawakan oleh pemateri Bapak Hendik Suprianto, S.KM., M.M.Kes selaku KPAD Dinas Kesehatan Kota Kediri. Kegiatan ini dilaksanakan di Dinkes Kota Kediri dan berjalan dengan lancar
  2. Kegiatan Public Health Vlog kedua pada tanggal 23 Februari 2022 dengan tema Sharing Pengalaman PBL Online yang dibawakan oleh pemateri Albida Rifa Ernawati (Mahasiswa S1 Kesmas IIK BW Angkatan 2018) terlaksana pada tanggal 08 Maret 2022, keterlambatan dari jadwal awal disebabkan oleh pemateri dan MC tidak bisa pada tanggal yang ditentukan sehingga menyamakan jadwal dan sepakat pada 08 Maret 2022
  3. Kegiatan Public Health Vlog ketiga pada tanggal 23 April 2022 dengan tema Cerita Pengalaman Skripsi dengan narasumber yaitu Eryantika Cipta (Mahasiswa S1 Kesmas IIK BW Angkatan 2017) kegiatan ini maju pada jadwal yang telah di tentukan yaitu pada tanggal 18 April 2022, hal ini terjadi karena narasumber tidak bisa pada jadwal yang telah ditentukan sehinggal pelaksanaannya dimajukan.
  4. Kegiatan Public Health Vlog keempat pada tanggal 21 Juni 2022 dengan tema Tips Memilih Bidang Peminatan Yang Tepat dengan narasumber Novi Nur Sa’aadah (Mahasiswa S1 Kesmas IIK BW Angkatan 2018) kegiatan ini maju pada jadwal yang telah di tentukan yaitu pada 23 Juni 2022, hal ini terjadi karena menyesuaikan antara jadwal narasumber dan mc yang memiliki kegiatan lain di luar kampus.
  5. Kegiatan Public Health Vlog kelima pada tanggal 31 Juli 2022 dengan tema Tantangan Kerja Di Bidang S1 Kesehatan Masyarakat yang dibawakan oleh pematerti Ibu Reny Nugraheni, S.KM., MM., M.Kes selaku Dosen S1 Kesmas IIK Bhakta. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tanggal yang telah di tentukan.

Kategori
Uncategorized

Laporan Ngobrol Sharing Informasi Isu Pengalaman (NgGosip)

  1. ngGosip pertama pada tanggal 05 Maret 2022 dengan tema Mengenal Lebih Dekat ISMKMI yang dibawakan oleh pemateri dari pihak ISMKMI yaitu Kak Saskia Novianti (Wakorwil ISMKMI Jatim) terlaksana pada tanggal 1 april 2022, keterlambatan dari jadwal awal disebabkan oleh pemateri dan MC tidak bisa pada tanggal yang ditentukan sehingga menyamakan jadwal dan sepakat pada 1 april 2022
  2. ngGosip kedua pada tanggal 05 April 2022 dengan tema Tips Menghindari Free Sex Dimasa Pandemi yang dibawakan oleh pemateri dari dosen IIK Ibu Ratna Frenty Nurkhalim,S.KM.,M.P.H. (Dosen Peminatan Kesehatan Reproduksi S1 Kesmas IIK BW) terlaksana pada 30 April 2022 disebabkan mundurnya ngGosip pada bulan pertama hingga satu bulan lebih sehingga diberikan jeda pada ngGosip kedua dan jadwal dari Ibu Ratna yang luang pada tanggal 30 April. Tema yang diusung pertama dirasa sudah tidak relevan karena masa pandemic sudah lewat sehingga dirubah menjadi Kemenkes Menggratiskan Vaksin Kankes Seriks Pada Anak SD.
  3. ngGosip ketiga pada 05 Mei 2022 dengan tema Tetap Aktif Dalam Perkuliahan Online yang dibawakan oleh pemateri Novi Nuur Sa’aadah (Mahasiswa S1 Kesmas IIK BW Angkatan 2018) terlaksana pada tanggal 28 mei 2022 disebabkan mundurnya jadwal ngGosip bulan sebelumnya, pada tanggal tersebut pemateri Novi Nuur Sa’aadah tidak dapat menghadiri acara sehingga diganti oleh Mr dan Mis yaitu Natta dan Rifqi
  4. ngGosip ke-empat pada 05 Juni 2022 dengan tema Pro-Kontra Mengenai Vaksinasi yang dibawakan oleh pemateri Ibu Ana Nurfilia, S.KM., M.P.H. (Dosen Peminatan Gizi Masyarakat S1 Kesmas IIK BW) terlaksana pada 02 Juli 2022 disebabkan pemateri memiliki jadwal yang padat dan keterlambatan pelaksanaan ngGosip sebelumnya. Tema yang diusung pertama sudah tidak relevan dengan situasi masakini sehingga diganti menjadi Diet dan Gerd, Kok Bisa?.
  5. ngGosip Ke-lima atau terakhir pada 05 Juli 2022 dengan tema Serba Serbi Dunia Organisasi yang dibawakan oleh pemateri Fachrul Amri Sukmawan (Mahasiswa S1 Kesmas IIK BW Angkatan 2019) terlaksana pada tanggal 16 Juli 2022 disebabkan keterlambatan pelaksanaan ngGosip bulan sebelumnya.