Kategori
Psikologi Self Development Tips

Perubahan, Why Not?? (Part1)

SELAYANG PADANG . . .

by pixaby.com

Jika perjalanan kita diibaratkan sebagai sebuah buku, maka kondisi pandemi Covid-19 seperti bab baru dalam buku kita. Pandemi ini menempatkan setiap orang pada posisi yang sama, yaitu kita mesti memulai bab baru, walaupun kita merasa belum menuntaskan bab sebelumnya. Mungkin sebagian dari kita telah mempersiapkan untuk masuk pada bab baru, namun belum membayangkan jika akan secepat ini akselerasinya. Sebagian lagi mungkin masih menelaah bab sebelumnya, sehingga perlu usaha keras untuk membuat gayutan yang indah dalam mukadimah bab baru ini.

by pixaby.com

Lantas bagaimana memulainya?

Choice (pilihan)….

Kita mulai dari melihat pilihan-pilihan yang tersedia.
Sudah sampai manakah tulisan kita pada bab sebelumnya? Topik apa saja yang masih relevan dan topik mana yang kurang relevan?
Topik relevan merupakan segala hal yang kita miliki untuk melanjutkan cerita. Dapat berupa kemampuan, pengetahuan, relasi, sikap, kesempatan, dan segala hal yang dapat mendukung.
Sedangkan topik yang kurang relevan adalah segala hal yang yang akan menghambat kelangsungan cerita kita. Apakah akan kita buang atau kita tingkatkan, semua bergantung pada pilihan cerita seperti apa yang akan kita tuliskan.

Fokus melihat apa yang kita miliki dan bagaimana meningkatkannya, akan membantu kita menemukan lebih banyak pilihan yang dapat kita lakukan, dari pada meratapi apa yang tidak kita miliki.

by pixaby.com


Sampai dimanapun cerita yang telah kita tulis, kita tetap memiliki pilihan-pilihan untuk melanjutkan cerita pada bab baru ini. Memilih dengan bijak adalah ketika pilihan kita memberikan resiko terkecil dan manfaat terbesar. Dan yakinlah akan selalu ada pilihan-pilihan yang dapat kita pilih, hingga nanti kita tutup usia.

Learning by doing at IIK Bhakti Wiyata Kediri, 15/07/2020