Kategori
Artikel

Bunga Bangsa

Kamis (21/4/2022) adalah hari dimana seluruh Rakyat Indonesia memperingati “Hari Kartini”.

Siapa yang tidak kenal dengan RA Kartini? Perempuan yang lahir 143 tahun yang lalu dan sebagai perempuan pertama yang memperjuangkan “Emansipasi Wanita”. Ia adalah pahlawan yang membuat para perempuan di Indonesia tidak hanya terkurung di dalam rumah. Jasa-jasanya yang dikenang hingga saat ini membuat kedudukan perempuan sama dengan laki-laki dan menghapuskan budaya partriarki.

Perempuan bernama lengkap Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat yang berasal dari Jepara, Jawa Tengah ini merupakan keturunan dari pasangan Bupati Jepara bernama R.M Sosroningrat dan M.A Ngasirah. Dan memiliki suami yang bernama K.R.M Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, bangsawan dari Rembang. RA Kartini pernah menempuh pendidikan di ELS (Europeesche Lagere School) milik Belanda meski hanya sampai usia 12 tahun.

Salah satu perjuangan Kartini yang berpengaruh besar untuk perempuan Indonesia adalah didirikannya “Sekolah Kartini” yang mengajarkan berbagai keterampilan seperti seni, sejarah dan berbagai ilmu untuk kehidupan sehari-hari.

RA Kartini juga menuliskan sebuah buku yang sangat menginspirasi dengan judul ‘habis gelap terbitlah terang’, berisi surat-surat yang ia tulis bersama dengan sahabat pena nya. Menceritakan tentang keinginannya memajukan pendidikan perempuan serta kekangan yang menghambat kemajuan bangsa pribumi Indonesia.

Pemikiran inspiratif dari RA Kartini inilah yang harus diteladani oleh perempuan Indonesia. Perempuan dapat berperan lebih dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, terutama dalam bidang pendidikan dan dalam menentukan hidupnya.

Maka ingatlah selalu perkataan Ibu Kartini, “Ikhtiar! Berjuanglah membebaskan diri. Jika engkau sudah bebas karena ikhtiarmu itu, barulah dapat engkau tolong orang lain.” Untuk itu, tetaplah pertahankan perjuangan Ibu Kartini untuk diri kita sendiri dan perempuan-perempuan lain di Indonesia.

“Selamat Hari Kartini untuk seluruh Perempuan di Indonesia”

Artikel Oleh : Dian Okta Viani

Referensi:

https://amp.kompas.com/sains/read/2021/04/21/090200423/ra-kartini-putri-jawa-pejuang-emansipasi-dan-sejarah-hari-kartini

https://nasional.sindonews.com/newsread/748853/15/hari-kartini-21-april-sejarah-perjuangan-emansipasi-perempuan-1650445493 

https://tirto.id/sejarah-singkat-kartini-dan-peringatannya-pada-21-april-2022-grn2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.