Kategori
Artikel

Kehebatan Pemain Merah Putih dalam “Thomas Cup”

Jonatan Christie saat melawan Kenta Nishimoto pada partai semifinal Piala Thomas 2022 Indonesia vs Jepang di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Jumat (13/5/2022).

Tahukah kamu bahwa Indonesia memiliki sejarah kemenangan Thomas Cup terbanyak? Dihitung dari pertandingan yang sukses diselenggarakan, pemain merah putih berhasil menjuarai sebanyak 14 kali dan hal tersebut merupakan sejarah bagi Indonesia sebagai pemenang Thomas Cup terbanyak.

Tahun 2022, tepatnya tanggal 8-15 Mei telah diselenggarakan Thomas Cup yang bertuan rumah di Bangkok, Thailand. Thomas Cup atau yang sering disebut Piala Thomas adalah kejuaraan bulu tangkis tingkat internasional untuk nomor beregu pria yang diadakan setiap dua tahun sekali. Dulu Thomas Cup ini diadakan 3 tahun sekali, namun semenjak 1982 diubah menjadi dua tahun sekali.

Pertandingan Thomas Cup telah membuktikan bahwa Indonesia memang memiliki potensi dibidang olahraga terumata badminton yang pantas diakui dunia. Dibuktikan dengan lima edisi beruntun menjadi kampiun dari tahun 1994 sampai 2002. Thomas Cup diikuti oleh beberapa negara seperti Jepang, Korea, India, Malaysia, China, Singapura, Indonesia dan 9 negara lain.

Sayangnya tahun ini Indonesia belum dapat memenangkan kembali karena kalah dalam babak final melawan India dengan skor 0-3 usai kekalahan Jonathan Cristie. Hal tersebut sangat mengejutnya dunia, pasalnya India yang tidak diduga-duga kini bisa menjadi juara untuk pertama kalinya.

Karena kemenangan India banyak sekali warga Indonesia yang geram dengan pertandingan dan mengaitkan dengan meme-meme India, karena sebagian dari mereka menganggap pertandingan tidak adil dikarenakan ada penunguluran waktu dan sebagainya.

“Saya sudah berjuang maksimal. Dari awal pun saya percaya diri karena di dua pertemuan sebelumnya lawan Srikanth, saya juga menang. Meski Indonesia tertinggal 0-2, saya tetap yakin bisa menang,” ujar Jojo. “Tetapi itulah pertandingan. Di atas kertas Indonesia bisa menang, tetapi di pertandingan kita kalah lawan India,” sambungnya.

Namun perjuangan para pemain merah putih sudah membuat warga Indonesia sangat bangga. Menang atau kalah mereka berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional dibuktikan dengan banyaknya support untuk para pemain, pelatih dan team badminton Indonesia.

Penulis : Dian Okta

https://instagram.com/badminton.ina?igshid=YmMyMTA2M2Y=

https://badminton.skor.id/thomas-uber-cup-2022-jadwal-hasil-dan-klasemen-01418435

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6078911/thomas-cup-dipertandingkan-berapa-tahun-sekali-ini-sejarahnya

https://www.liputan6.com/bola/read/4963135/india-juara-thomas-cup-2022-cukur-indonesia-3-0-di-final

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.