Kategori
Webinar Nasional Kebidanan

WEBINAR NASIONAL KEBIDANAN 2022

Gambar Pamflet Acara Webinar Nasional Kebidanan 2022

Salah satunya dengan cara menggerakkan masyarakat dalam upaya pemenuhan pelayanan kesehatan yang memadai guna meningkatkan derajat kesehatannya. Kita tahu bahwa semua orang pasti selalu berusaha bagaimana bertahan hidup dan mencukupi perekonomian keluarganya, beranjak dari pemikiran ini dimana pemberdayaan masyarakat bidang perkonomian menjadi cara pendekatan yang dirasa ampuh. Berbicara mengenai perekonomian dan kesehatan ada benang merah yang menjadi simpul penghubung yaitu fungsi profesi bidan itu sendiri selain penyedia layanan kesehatan juga sebagai social entrepereneur, bukan berarti kesehatan digunakan sebagai bisnis yang berorientasi pada benefit tapi lebih menekankan bagaimana seseorang itu mempunyai kemampuan berpikir yang kreatif dengan daya kreasi dan membuat sesuatu yang baru dengan cakap melihat suatu peluang serta berani mengambil risiko atas tindakannya. Ketika seorang bidan mengambil langkah saling berlomba memperebutkan kesempatan kerja yang sangat sempit, ia justru berpikir melakukan suatu usaha yang dapat menghasilkan secara ekonomi dan memberi peluang kerja bagi sesamanya.

Oleh karena itu, kami Himpunan Mahasiswa S1 Kebidanan IIK Bhakti Wiyata Kediri akan mengadakan Seminar Nasional Kebidanan mengenai mengembangkan pelayanan profesi bidan dengan upaya memfokuskan kesejahteraan dan pemenuhan kebutuhan klien atau masyarakat dalam hal pemanfaatan pengetahuan, peluang, inovasi dan kreatifitas bagi para bidan dan calon generasi bidan. Bidan yang merupakan petugas layanan kesehatan yang memiliki jangkauan paling dekat dengan masyarakat dan sudah menjadi lingkup mereka dalam pelayanan antenatal dan perinatal. Sebagai seorang tenaga Bidan, dituntut untuk menjadi pionir di bidang kesehatan, sebab mereka adalah salah satu elemen tenaga kesehatan yang paling sering terjun langsung untuk mengabdi kepada masyarakat. Besarnya tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kebidanan di masyarakat, menuntut adanya inovasi pelayanan kebidanan dari praktek kebidanan itu sendiri. Berbagai bentuk enterpreneurship dari Bidan Praktek Mandiri (BPM) menjadi pilihan bagi para bidan dalam meningkatkan jenis layanan kebidanan pada praktek mereka. Dari sini menjadi peluang bagi bidan untuk mengembangkan profesionalisme dalam pelaksanaan praktik kebidanan secara lebih komprehensif, dapat menambah nilai jual praktik kebidanan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan sebagai salah satu cara meningkatkan daya saing pasar, nilai tambah, unggulan, inovatif dan sesuai dengan harapan dari pengguna jasa layanan kebidanan.

Gambar Peserta Acara Webinar Nasional Kebidanan 2022

Acara Webinar Nasional Kebidanan 2022 yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa S1 Kebidanan IIK Bhakti Wiyata dengan tema “The Power Entrepreneurship Of Midwife” secara keseluruhan telah berjalan dengan lancar. Diawali persiapan sebelum tanggal pelaksanaan diantaranya penyiapan susunan acara dan topik yang akan dibawakan pembicara. Webinar Nasional Kebidanan ini bekerjsama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dengan memperoleh 3 SKP pembicara dan 2 SKP peserta.

Webinar Nasional Kebidanan 2022 dilaksanakan pada tanggal 26 Maret 2022 melalui media Zoom dengan jumlah peserta 75 yang terdiri dari mahasiswa, bidan, dan umum. Webinar ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Kesehatan IIK Bhakta, Ketua Prodi S1 Kebidanan, dosen kebidanan, ketua DPM, ketua BEM fakultas kesehatan, dan ketua HIMA S1 Kebidanan. Kegiatan webinar ini diawali dengan absensi peserta, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan dan sambutan. Acara dimulai dengan sesi pengenalan moderator Ibu Atik Farokah, S.Keb.,Bd.,M.Keb dan pembicara Ibu Desi Trisiani, AM.Keb., SKM.,M.Kes lalu dilanjutkan penyampaian materi dan tanya jawab dengan topik “Kewirausahaan dalam Pelayanan Kebidanan”. Sesi kedua dilanjutkan oleh pembicara kedua Ibu Lusinta Agustina, SST.,M.Kes menyampaikan topik materi “Trik Sukses Bidan Entrepreneur di Era Digital” dan tanya jawab dengan Ibu Atik Farokah, S.Keb., Bd.,M.Keb sebagai moderator. Sesi terakhir yaitu dilanjutkan dengan pemateri ketiga Ibu Nareswari Diska Nugraha, STr.Keb.,M.Keb menyampaikan topik materi “Kiat Sukses menjadi Entrepreneur Muda” beserta tanya jawab dengan moderator Ibu Atik Farokah, S.Keb.,Bd.,M.Keb. Pada akhir sesi tanya jawab atau diskusi diakhiri dengan pemberian sertifikat webinr kepada para pembicara oleh Kaprodi S1 Kebidanan yang diwakili Ibu Dwi Margareta Andini,STr.Keb.,M.Keb selaku dosen kebidanan dan pembimbing kegiatan. Sesi terakhir adalah penutup, sebelum itu penyampaian 7 pemenang pertanyaan terbaik dari peserta webinar yang dibacakan oleh MC.

Gambar Pembukaan Acara Webinar Nasional Kebidanan 2022
Gambar Pemaparan Materi Acara Webinar Nasional Kebidanan 2022

Persiapan yang dilakukan untuk kegiatan Webinar Nasional Kebidanan ini tergolong singkat, sehingga pencarian sponsor dalam hal penggalian dana tidak mendapat hasil yang baik. Saat terlaksananya kegiatan adanya beberapa kesalahan atau kendala yang terjadi saat berlangsungnya acara diantaranya signal atau jaringan, kesalahan penulisan identitas, dan kendala masuk media zoom yang terlambat dimulai. Tetapi dengan demikian tidak menghambat keseluruhan rangkaian kegiatan webinar. Koordinasi antara panitia, moderator dan pembicara dari IIK Bhakta berjalan lancar yaitu dengan berada dalam satu ruangan secara luring.

Demikianlah ulasan mengenai Webinar Nasional Kebidanan 2022 yang disusun oleh panitia pelaksana kegiatan dengan harapan agar kegiatan selanjutnya dapat berjalan dengan lancar dan dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Semoga dapat memberikan gambaran untuk kemajuan pada kegiatan mendatang. Akhir kata, kami panitia Himpunan Mahasiswa S1 Kebidanan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi baik secara moril maupun materil pada kegiatan webinar ini.