Uncategorized

Pentingnya Menjaga Lingkungan untuk Kesehatan

Hidup sehat harus dibudayakan sejak dini. Bisa dimulai dari diri sendiri, seperti rutin berolahraga, memenuhi asupan buah, sayur harian dan cairan pada tubuh, istirahat yang cukup. Perhatikan pula kebersihan di dalam rumah kamu. Jangan sampai kamu membiarkan genangan air dan sampah yang menumpuk, karena bisa menjadi sumber penyakit.

Mulailah melihat lingkungan sekitar kamu, lingkungan yang bersih turut berpengaruh terhadap kesehatan. Coba bayangkan jika lingkungan sekitar tempat tinggal kamu tidak terjaga kebersihannya, pasti kamu rentan terserang penyakit seperti tifus atau DBD.

Manfaat Menjaga Lingkungan untuk Kesehatan

Menjaga lingkungan menjadi bersih tidak semudah yang dibayangkan. Masih ada saja tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab yang membuang sampah sembarangan. Padahal, dibutuhkan kesadaran semua pihak dan lapisan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.

Mengapa menjaga lingkungan itu penting untuk kesehatan? Simak dibawah ini:

1. Lingkungan Sehat Hindari Berbagai Penyakit

Kebersihan selalu identik dengan kesehatan. Artinya, manfaat menjaga lingkungan yang pertama adalah membuat kesehatan kamu tetap terjaga. Kamu perlu tahu, lingkungan bersih saja tak lantas membuat tubuh tidak mudah sakit. Apalagi kalau kamu tidak berusaha menjaga kebersihannya.  Lingkungan yang tidak bersih menjadi tempat terbaik untuk sarang nyamuk. Belum lagi dengan berbagai bakteri yang turut hidup di dalamnya.

2. Lingkungan Sehat Berkaitan dengan Kesehatan Mental

Tidak hanya kesehatan fisik saja yang terjaga ketika kamu memiliki lingkungan yang bersih. Dilansir dari situs halaman The United Nations Environment Programme, lingkungan yang sehat memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan mental seseorang. Udara yang bersih, air yang bersih, banyaknya ruang hijau dan sanitasi dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Meningkatkan kualitas hidup tentu akan membuat seseorang terhindar dari penyakit

3. Lingkungan Sehat Lebih Nyaman untuk Ditinggali

Saat kamu berada di kawasan yang kumuh, apakah kamu merasa nyaman untuk berlama-lama di sana? Tentu tidak, kan? Bahkan, kamu sudah malas untuk mendekat atau mengunjunginya. Bagaimana jika itu terjadi pada lingkungan tempat tinggal kamu sendiri? Kamu tentu ingin segera pindah ke tempat yang lebih bersih dan nyaman.

Lingkungan yang bersih membuat kamu lebih nyaman untuk tinggal dan menetap dalam waktu lama. Tidak hanya itu, orang lain pun tidak akan enggan untuk berkunjung/bertamu. Mereka menilai lingkungan kamu begitu asri dan rapi, serta nyaman untuk ditinggali.

Itulah pentingnya menjaga lingkungan agar tetap bersih dan asri. Ingat, lingkungan yang bersih turut mendukung kesehatan tubuh dengan baik.

Tidak ada salahnya untuk konsultasi melalui website Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata