Makna DOA ROSARIO di UKM KATOLIK IIK BW

Kata Rosario berasal dari bahasa Latin yaitu rosarium (dari akar kata rosa yang berarti bunga mawar). Secara harafiah, Rosario berarti karangan bunga mawar. Bila dikaitkan dengan devosi itu sendiri, maka Rosario berarti suatu rangkaian doa beserta peristiwa renungan Alkitab yang dilakukan dengan serangkaian biji-biji. Biji-biji itu membentuk karangan doa bagaikan karangan bunga mawar. Di samping itu, Rosario disebut juga mahkota mawar. Dijuluki sebagai mahkota mawar karena mawar adalah ratu semua bunga. Jadi Rosario adalah ratu dari semua devosi, sehingga Rosario adalah devosi yang paling penting. Rosario juga dianggap sebagai doa yang paling sempurna karena di dalamnya terkandung warta keselamatan yang mengagumkan

Rosario merupakan doa bersama Bunda Maria untuk mengkontemplasikan wajah Kristus sebagaiamana Bunda Maria memandangNya. kita memandangNya dengan pandangan bertanya (luk 2;48) pandangan penuh iman akan campur tangan-Nya (lih. Yoh 2:5); pandangan duka cita di kaki salib-Nya, dan kesediaan untuk menerima Bunda Maria sebagai ibu bagi kita (lih. Yoh 19:25-27); pandangan suka cita pada saat kebangkitan-Nya dan saat menerima Roh Kudus(lih. Kis 1:14). Dengan doa kontemplasi ini, kita mengenang Kristus dan karya penebusan-Nya bagi kita manusia.Dalam liturgi gereja, doa Rosario biasanya diperingati oleh umat katolik pada bulan oktober. Keluarga yang mendoakan doa rosario akan bertumbuh dalam kasih kepada Kristus, dan karenanya persatuan kasih mereka diteguhkan dan senantiasa diperbaharui. Demikian pula doa rosario merupakan doa yang membangun kesatuan umat di dalam Gereja, sebab yang pusat permenungan dalam doa tersebut adalah Kristus, yang adalah Sang Kepala Gereja.

            Rosario sebenarnya adalah doa renungan atas misteri keselamatan (dari saat Yesus mulai dikandung sampai Ia dimuliakan di surga dan mengutus Roh Kudus – seluruhnya 20 peristiwa). Sembari mendaras Salam Maria berulang-ulang (10 kali), para pendoa merenungkan salah satu misteri yang dirangkai dalam rosario.

            Doa yang terus diulang-ulang ini sangat membantu memusatkan perhatian pada misteri keselamatan yang direnungkan. Tetapi hendkanya diingat bahwa doa-renungan ini harus dibangun dan dipupuk oleh iman; maka baik kaalu bacaan-bacaan singkat, renungan atau ayat-ayat nyanyian disisipkan di antara setiap dasa Salam Maria. Kalau tidak dilandasi iman, ada bahaya bahwa doa rosario menjadi rentetan kata-kata yang kosong.

            Doa Rosario sungguh bermanfaat dalam kehidupan menggereja. Walaupun sebagai doa yang sederhana tetapi tetap hidup di berbagai kalangan umat beriman Katolik. Hal ini terjadi bukan karena doa ini mudah dihafal atau diingat, tetapi karena manfaatnya yang dialami dalam kehidupan sehari-hari. Banyak persoalan dapat teratasi karena doa ini. Bahkan untuk perdamaian dunia pun, doa Rosario bisa menjadi senjata untuk terwujudnya perdamaian.

#iikbw
#bhaktiwiyata
#kampusfavorit
#kampuskesehatan
#mahasiswakesehatan
#mahasiswajawatimur
#developinghealthexperts

Dokumentasi Kegiatan Doa Rosario Bersama UKM Katolik IIK BW