google-site-verification: google9b7c8fa0acb1ff1c.html Kampus Bonafit Kampus Hits se Indonesia Kampus Kesehatan Indonesia Kampus Ternama di Indonesia

Perancangan, Pengembangan dan Evaluasi Sistem Informasi Kesehatan

Online Patient Registration Information Sytem

Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator penting yang harus diperhatikan dalam menjalankan suatu pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien adalah hasil penilaian yang diperoleh dari penialaian pasien terhadap pelayanan kesehatan dengan membandingkan harapan dengan kenyataan pelayanan kesehatan yang diterima di suatu tatanan kesehatan rumah sakit (Kotler, 2007 ; Pohan, 2007).

Standar kepuasan pasien di suatu pelayanan kesehatan ditetapkan secara nasional oleh Departemen Kesehatan. Menurut Peraturan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal untuk kepuasan pasien yaitu diatas 95% (Kemenkes, 2016). Bila ditemukan pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasaan pasien berada dibawah 95%, maka dianggap pelayanan kesehatan yang diberikan tidak memenuhi standar minimal atau tidak berkualitas.

Rumah Sakit Prima Persada sudah melakukan survei terhadap kepuasan yang kemudian dijabarkan dalam suatu grafik kepuasan pasien sebagai berikut :

Gambar 1. Grafik kepuasan pasien di RS Prima Persada catur wulan terakhir Tahun 2020

Penilaian kepuasan pasien ini diambil dari hasil kuesioner terhadap waktu tunggu pelayanan rawat jalan di Rumah Sakit Prima Persada. Berdasarkan hasil analisis lebih lanjut, diketahui bahwa waktu tunggu paling lama dari pelayanan rawat jalan adalah pada bagian pendaftaran pasien. Pada bagian pendaftaran pasien, waktu tunggu yang lama ini ternyata disebabkan oleh banyaknya antrian dan kurangnya petugas yang menangani proses pendaftaran pasien.

Penggunaan teknologi informasi saat ini menjadi salah satu solusi yang perlu digunakan untuk membantu memberikan suatu pelayanan yang prima. Unit pendaftaran pasien sebagai salah satu unit yang selalu mendapatkan kunjungan masyarakat dalam memberikan layanan kesehatan juga harus melakukan terobosan dalam penggunaan teknologi informasi. Sehingga, dalam rangka mengurangi banyaknya antrian di loket pendaftaran, maka perlu dibuat suatu sistem informasi yang mampu mempercepat proses pendaftaran pasien di RS Prima Persada. Sistem informasi ini kemudian diberi nama sebagai OPRIS (Online Patient Registration Information System). OPRIS ini berbasis mobile sytem information.

Relasi dari suatu database dari OPRIS (Online Patient Registration Information System)ini menghubungkan beberapa entitas yaitu data_pasien, reservasi, macam_poli_dokter, jadwal_dokter, dan riwayat_kunjungan. Entitas data_pasien ini terhubung dengan entitas reservasi. Entitas reservasi terhubung dengan macam_poli_dokter, dan macam_poli_dokter terhubung dengan entitas jadwal_dokter. Entitas riwayat_kunjungan terhubung dengan entitas reservasi. Jadi jika database dari entitas riwayat_kunjungan ini dipanggil, maka akan dapat memunulkan semua entitas yang ada.

institusi pendidikan kesehatan yang unggul se Indonesia, world class university