Categories
Uncategorized

Pelatihan Pendidik Sebaya “Mencetak Generasi Peduli Remaja”

PIK-M Garuda Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri telah mengadakan Pelatihan Pendidik Sebaya pada Sabtu, 26 Juni 2022. Pelatihan tersebut tentunya memiliki tujuan dan manfaat yang luar biasa bagi anggota PIK-M, yakni sebagai syarat awal untuk bisa mengikuti konselor sebaya, Melatih para anggota agar dapat membimbing teman sebaya lainya dalam rangka menghadapi permasalahan yang dihadapinya, Mampu memberikan informasi kepada teman sebayanya tentang pentingnya konseling sebaya, Meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi anggota PIK-R agar mampu menjadi pendidik sebaya, Mampu  menghasilkan mahasiswa  yang telah terlatih sebagai pendidik sebaya.

Acara ini dihadiri oleh pembimbing UKM PIK-M Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri yaitu Ibu  Ratna Frenty N, S.KM., M.P.H, Kakak Louise Ade Fita Rahayu sebagai pemateri, Ibu Septia Purwandani,S.Psi.,M.P.Si.Psikolog sebagai pemateri, Ibu Ellatyas Rahmawati Tejo Putri SST.,MH sebagai pemateri, dan Ibu Miftakul Choiriyah, S.I.KOM perwakilan dari BNN Kota Kediri sebagai pemateri.

Kegiatan ini memuat beberapa agenda yang dimulai dengan registrasi peserta pada pukul 07.30 WIB dan sampai acara penutup pada pukul 13.00 WIB. Respon yang baik dari mahasiswa UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata dan para undangan saat acara ini berlangsung. Karena Pelatihan Pendidik Sebaya merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat. Selain itu juga diikuti oleh beberapa delegasi dari SMK Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri.

Regristasi Peserta
Pembukaan acara dan pembacan doa
Sambutan oleh Ibu Ratna Frenty N, S.KM., M.P.H selaku pembimbing UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata Kediri
Penyampaian Materi 1 Oleh kakak Louise Ade Fita Rahayu dengan tema HIV & AIDS dan penyerahan Goodie Bag
Penyampaian Materi 1 Oleh Ibu Septia Purwandani,S.Psi.,M.P.Si.Psikolog dengan tema Pendewasaan Usia Dini dan penyerahan Goodie Bag
Penyampaian Materi 3 Oleh kakak Ellatyas Rahmawati Tejo Putri SST.,MH dengan tema Seksualitas dan penyerahan Goodie Bag
Penyampaian Materi 4 Oleh perwakilan dari BNN Kota Kediri dengan tema NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya) dan penyerahan Goodie Bag
Foto Peserta Bersama Perwakilan dari BNN Kota Kediri

Categories
Uncategorized

Mewujudkan Generasi yang Berani dan Berintegritas

Unit Kegiatan Mahasiswa PIK-M Garuda Bhakti Wiyata pada tanggal 5 Januari 2024 mengadakan diklat anggota baru dalam rangka mewujudkan, mengembangkan, dan memperluas wawasan mengenai pusat informasi dan konseling, dengan harapan seluruh anggota baru nantinya dapat menjadi pendidik maupun konselor bagi teman-teman sebayanya.

Kegiatan diklat ini juga memiliki beberapa tujuan, diantaranya:Memberi wawasan mengenai kepengurusan dan bidang organisasi PIK-M Garuda Bhakti Wiyata.

Meningkatkan pengetahuan, wawasan, sekaligus mempererat tali persaudaraan bagi anggota PIK-M.Kegiatan ini diisi oleh pemateri dari Miftahul Janah dan diikuti oleh seluruh anggota baru PIK-M Garuda Bhakti Wiyata Kediri.

Kegiatan diklat ini diselenggarakan secara offline di ruang A607-Bumi Theater Adipadma lantai 6.

Kegiatan ini diawali dengan registrasi peserta pada pukul 15.00 – 19.00 WIB dan dimulai pada pukul 15.00 WIB.

Pembukaann acara dibuka oleh MC yang dipandu oleh Fayza Nurfitriana. Seluruh peserta dan tamu undangan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne IIK .

Para peserta dan tamu undangan dipersilahkan untuk berdiri hingga lagu selesai dan dipersilahkan duduk kembali, setelah itu disusul dengan pembacaan doa yang dipimpinn oleh saudari Indri Bunga Anjelia Bangasawan yang berlangsung dengan khidmat.

Dilanjutkan dengan sambutan Wakil Ketua Pelaksana oleh saudari Bagas Dicky Kurniawan dan dilanjutkan dengan sambutan Pembina UKM PIK-M yaitu Ibu Erna Rahmawati M. Kes S. ST.Memasuki acara inti yang didahului dengan penyambutan moderator kegiatan Diklat Anggota Baru yaitu saudari Natania Sharon Pramesti yang dilanjutkan dengan memanggil pemateri pada acara ini.

Diawali dengan perkenalan dan diambil alih oleh saudari Miftahul Janah selaku pemateri pada acara ini dengan membawakan materi “Pengenalan PIK-M Garuda Bhakti Wiyata” tujuan penyampaian materi ini adalah bagaimana cara para anggota baru ini mengenal lebih dekat dan lebih tau apa sebenarnya tugas dan tanggung jawab sebagai anggota PIK-M di lingkungan IIK Bhakta itu sendiri, apa saja yang harus kita kembangkan, bagaimana cara mengkoordinir sesama dengan mengevaluasi diri dan konseling terhadap teman-teman yang membutuhkan tempat curhat baik masalah internal maupun eksternal.

Dan memberikan gambaran nanti ketika mereka sudah resmi menjadi anggota PIK-M diperiode selanjutnya dengan membekali ilmu yang sebelumnya sudah didapatkan oleh anggota sebelumnya dan bisa dilanjutkan diperiode selanjutnya untuk menegaskan kembali tugas PIK-M di lingkungan kampus ini itu seperti apa dan bisa mewadahi teman- teman yang membutuhkan bimbingan.

Setelah penyampaian materi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanva jawab bagi peserta Diklat Anggota Baru PIK-M hingga sesi tanya jawab berakhir.

Sesi penyampaian materi dan sesi tanya jawab berakhir, kepada para peserta diberi waktu istirahat sejenak dan dilanjutkan kembali oleh MC. Para peserta diberi waktu istirahat dan makan konsumsi yang sudah disediakan oleh panitia.

Sesi Istirahat berakhir rangkaian acara selanutnya yaitu games.

Sesi game yang dilakukan ada 2, yaitu permainan tiup balon didalam gelas plastik dan melatih kekompakan tiap kelompok dan konsentrasi tiap individu dengan mendengarkan arahan dari teman kelompok yaitu permainan tebak kata.

Permainan tebak kata ini merupakan game yang dimana terdapat sebuah kata yang ditulis pada setiap kertas dan harus ditebak oleh peserta melalui arahan dari temanya.

Permainan ini berlangsung sangat sengit dan seru sampai didapatkan juara dari 2 permainan .Acara pun berlangsung dengan sangat khidmat.

Acara selanjutnya yaitu sesi terakhir pengumuman juara lomba 1 dan 2 dengan penyematan hadiah kepada para peserta yang meraih juara dipandu oleh MC dan dilanjutkan dengan sesi dokumentasi bersama para pemenang dan juga para panitia.

Sesi pengumuman lomba berakhir dilanjutkan dengan penutupan acara Diklat Anggota Baru PIK-M Garuda Bhakti Wiyata ini yang ditutup oleh MC.

Categories
Uncategorized

Diklat Anggota Baru 2022/2023

” Mewujudkan Generasi yang Berani dan Berintegritas”

Unit Kegiatan Mahasiswa PIK-M Garuda Bhakti Wiyata pada tanggal 30 Juli 2023 mengadakan diklat anggota baru dalam rangka mewujudkan, mengembangkan, dan memperluas wawasan mengenai pusat informasi dan konseling, dengan harapan seluruh anggota baru nantinya dapat menjadi pendidik maupun konselor bagi teman-teman sebayanya. Kegiatan diklat ini juga memiliki beberapa tujuan, diantaranya:

  1. Memberi wawasan mengenai kepengurusan dan bidang organisasi PIK-M Garuda Bhakti Wiyata.
  2. Meningkatkan     pengetahuan,     wawasan,     sekaligus     mempererat     tali persaudaraan bagi anggota PIK-M.

Kegiatan ini diisi oleh pemateri dari Berlian Hesty Wardani Praditya dan diikuti oleh seluruh anggota baru PIK-M Garuda Bhakti Wiyata Kediri. Kegiatan diklat ini diselenggarakan secara offline di ruang A216 Adipadma lantai 2. Kegiatan ini diawali dengan registrasi peserta pada pukul 07.30 – 08.00 WIB dan dimulai pada pukul 08.00 WIB. Pembukaann acara dibuka oleh MC yang dipandu oleh Saudari Intan Arum. Seluruh peserta dan tamu undangan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne IIK terlebih dahulu dan peserta diwajibkan menggunakan almamater terlebih dahulu untuk acara pembukaan hingga penyampaian materi. Para peserta dan tamu undangan dipersilahkan untuk berdiri hingga lagu selesai dan dipersilahkan duduk kembali, setelah itu disusul dengan pembacaan doa yang dipimpinn oleh saudari  Anggun Rini yang berlangsung dengan khidmat. Dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pelaksana oleh saudari Fiona Olivia dan dilanjutkan dengan sambutan ketua umum PIK-M oleh saudari Berlian Hesty yang sekaligus mewakili Pembina UKM PIK-M yaitu Ibu Ratna Frenty Nurkhalim S.Psi., M.Psi. yang berhalangan hadir.

Memasuki acara inti yang didahului dengan penyambutan moderator kegiatan Diklat Anggota Baru yaitu saudari Intan Arum yang dilanjutkan dengan memanggil pemateri pada acara ini. Diawali dengan perkenalan dan diambil alih oleh saudari Berlian Hesty selaku pemateri pada acara ini  dengan membawakan materi ”Pengenalan PIK-M Garuda Bhakti Wiyata” tujuan penyampaian materi ini adalah bagaimana cara para anggota baru ini mengenal lebih dekat dan lebih tau apa sebenarnya tugas dan tanggung jawab sebagai anggota PIK-M di lingkungan IIK Bhakta itu sendiri, apa saja yang harus kita kembangkan, bagaimana cara mengkoordinir sesama dengan mengevaluasi diri dan konseling terhadap teman-teman yang membutuhkan tempat curhat baik masalah internal maupun eksternal.  Dan memberikan gambaran nanti ketika mereka sudah resmi menjadi anggota PIK-M diperiode selanjutnya dengan membekali  ilmu yang sebelumnya sudah didapatkan oleh anggota sebelumnya dan bisa dilanjutkan diperiode selanjutnya untuk menegaskan kembali tugas PIK-M di lingkungan kampus ini itu seperti apa dan bisa mewadahi teman-teman yang membutuhkan bimbingan.

Setelah penyampaian materi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bagi peserta Diklat Anggota Baru PIK-M hingga sesi tanya jawab berakhir. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian souvenir kepada pemateri yang dipandu oleh MC dan sekaligus sesi dokumentasi. Sesi penyampaian materi dan sesi tanya jawab berakhir, kepada para peserta diberi waktu istirahat sejenak dan dilanjutkan kembali oleh MC untuk rangkaian acara selanutnya yaitu games yang dilakukan di sport center lantai 6 Adipadma. Sesi istirahat berakhir para panitia bergegas ke lantai 6 dan memandu para peserta untuk segera beranjak. Sebagian dari panitia bertugas memberikan konsumsi di ruang A216 tadi agar nanti saat peserta sudah selesai bermain games bisa langsung menyantap konsumsi yang sudah diberikan dan air minum 1 galon yang sudah disediakan oleh panitia dengan masing-masing peserta membawa tempat minum.

Sesi game yang dilakukan ada 2, yaitu permainan tiup balon didalam gelas plastik dan melatih kekompakan tiap kelompok dan konsentrasi tiap individu dengan mendengarkan aba–aba dari panitia yaitu permainan yes no. Permainan yes no ini merupakan game yang dimana terdapat 2 kursi yang tiap kursi bertuliskan yes dan no. Pada saat panitia menyebutkan yes maka peserta bergerak atau melompat kearah kursi yang bertuliskan yes begitupun jika disebutkan no. Permainan ini berlangsung sangat sengit dan seru sampai didapatkan juara dari 2 permainan dan para peserta diarahkan kembali ke ruangan awal yaitu di A216 lantai 2.

Game 1
Game 2

Para peserta diberi waktu istirahat dan makan konsumsi yang sudah disediakan oleh panitia. Berlangsungnya acara ini dilanjutkan dengan peresmian Diklat Anggota Baru PIK-M Garuda Bhakta yang diresmikan langsung oleh Ketua Umum PIK-M yaitu saudari Berlian Hesty dan semua pesert dinyatakan telah resmi menjadi anggota PIK-M 2023 dan menunggu proses pelantikan diperiode yang akan datang. Acara pun berlangsung dengan sangat khidmat. Acara selanjutnya yaitu sesi terakhir pengumuman juara lomba 1 dan 2 dengan penyematan hadiah kepada para peserta yang meraih juara dipandu oleh MC dan dilanjutkan dengan sesi dokumentasi bersama para pemenang dan juga para panitia.  Sesi pengumuman lomba berakhir dilanjutkan dengan penutupan acara Dklat Anggota Baru PIK-M Garuda Bhakti Wiyata ini yang ditutup oleh MC.

Categories
Uncategorized

PELATIHAN PENDIDIK SEBAYA 2022/2023

Unit Kegiatan Mahasiswa Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pendidik Sebaya yang mengusung tema Mencetak Generasi Peduli Remaja pada Minggu, 23 Juli 2023. Kegiatan Pelatihan ini diselenggarakan secara offline di ruang A216 Adipadma lantai 2. Kegiatan ini diawali dengan registrasi peserta pada pukul 07.00-08.00 WIB dan dimulai pada pukul 08.45 WIB acara dibuka oleh MC yang dipandu oleh saudari Indri Bunga.

Registrasi Peserta
Pembukaan acara dan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne IIK

Seluruh peserta dan tamu undangan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hyme IIK, kemudian disusul dengan pembacaan doa yang dipimpin saudari Anggun Rini Az. Zahro yang berlangsung dengan sangat khidmat.

Sambutan Wakil Ketua Pelaksana
Sambutan Ketua Umum PIK-M

Dilanjutkan dengan sambutan Wakil Ketua Pelaksana kegiatan Pelatihan Pendidik Sebaya oleh saudara Krisnata Prambudi Aji dan sambutan ketua umum UKM PIK-M oleh saudari Berlian Hesty Wardani Praditya yang sekaligus mewakili pembina UKM PIK-M yaitu Ibu Ratna Frenty Nurkhalim. S.KM., M.PH. yang berhalangan hadir.

Penyampaian Materi oleh Ibu Septia Purwandani, S.Psi., M.Psi.

Memasuki acara inti yang didahului dengan penyambutan moderator kegiatan Pelatihan Pendidik Sebaya yaitu saudari Diona Ajeng Berliansa yang dilanjutkan dengan pembacaan CV dari pemateri pertama yaitu Ibu Septia Purwandani, S.Psi., M.Psi. yang membawakan materi Psikoseksualitas. Penyampaian materi ini dimulai dengan definisi remaja, definisi seksualitas itu sendiri, pentingnya belajar mengenai seksualitas serta tujuannya, juga mengenai penyimpangan-penyimpangan serta cara untuk mengatasinya.

Penyerahan Goodie Bag kepada Ibu Septia Purwandani, S.Psi., M.Psi.

Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bersama Ibu Septia Purwandani, S.Psi., M.Psi., penyerahan Goodie Bag oleh ketua umum UKM PIK-M dan ditutup dengan sesi foto bersama peserta Pelatihan Pendidik Sebaya.

Foto Bersama Ibu Septia Purwandani, S.Psi., M.Psi.
Penyampaian Materi oleh kak Bemby Elzadilla Irawan, A.Md.Kes.

Dilanjutkan dengan pembacaan CV pemateri kedua yaitu kak Bemby Elzadilla Irawan, A.Md.Kes. yang membawakan materi mengenai Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) yang dimulai dengan pengertian Pendewasaan Usia Pernikahan itu sendiri, tujuannya, alasan mengapa kita harus menunda usia perkawinan yang meliputi alasan medis, psikologis, dan ekonomi. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang berlangsung sangat interaktif dengan peserta Pelatihan Pendidik Sebaya.

Penyerahan Goodie Bag kepada kak Bemby Elzadilla Irawan, A.Md.Kes.
Foto Bersama kak Bemby Elzadilla Irawan, A.Md.Kes.

Ditutup dengan penyerahan Goodie Bag oleh ketua umum UKM PIK-M yaitu saudari Berlian Hesty Wardani Praditya dan ditutup dengan sesi foto bersama peserta Pelatihan Pendidik Sebaya.

Penyampaian Materi oleh Ibu Miftakul Choiriyah, S.I.Kom. Penyuluh Narkoba Ahli Muda BNN Kota Kediri

Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi ketiga yang dibuka dengan pembacaan CV Ibu Miftakul Choiriyah, S.I.Kom. yang merupakan Penyuluh Narkoba Ahli Muda BNN Kota Kediri. Diawali dengan data penyalahgunaan narkoba di Indonesia yang didominasi oleh pekerja yaitu 59%, pelajar 24% dan tidak bekerja 17%. Data jenis narkoba yang paling banyak dikonsumsi dalam 1 tahun terakhir di Indonesia, barang bukti narkotika yang disita BNN RI, data pola penyalahgunaan narkoba, dan kondisi ancaman Narkotika Jenis Baru. Dilanjutkan dengan pemaparan sekilas mengenal narkoba mulai dari pengertian, penggolongan, berdasarkan efeknya pada tubuh, serta permasalahan dari aspek hukum, dan kesehatan. Dipaparkan juga mengenai dampak jangka panjang dan kesehatan mental pengguna zat narkotika, pengaruh pada otak, serta rehabilitasi dan tujuannya.

Penyerahan Goodie Bag kepada Ibu Miftakul Choiriyah, S.I.Kom.

Penyampaian materi ditutup dengan tiga peran utama generasi milenial yaitu sebagai Iron Stock, Agent of Change, dan sebagai Guardian of Value. Dilanjutkan sesi tanya jawab dengan peserta, penyerahan Goodie Bag oleh wakil ketua pelaksana yaitu saudara Krisnata Prambudi Aji kepada Ibu Miftakul Choiriyah, S.I.Kom. serta sesi foto bersama peserta pelatihan. Dan kegiatan Pelatihan Pendidik Sebaya ditutup dengan postest oleh peserta pelatihan mengenai ketiga materi yang telah dipaparkan serta penutupan kegiatan oleh MC yang menandakan telah berakhirnya serangkaian acara pada kegiatan Pelatihan Pendidik Sebaya PIK-M Garuda Bhakti Wiyata.

Foto Bersama Ibu Miftakul Choiriyah, S.I.Kom.
Categories
Uncategorized

Diklat Anggota Baru 2021/2022 “Mewujudkan Generasi Berencana yang Kreatif dan Inovatif”

Pada hari Minggu, tanggal 20 Maret 2022 telah dilaksanakan kegiatan “Diklat anggota baru”  oleh unit kegiatan mahasiswa (UKM) PIK-M Garuda Bhakti Wiyata Kediri. Diklat disini bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan, membangun kekompakan serta mengasah keterampilan anggota UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata Kediri melalui berbagai event yang dilaksanakan dalam Diklat seperti membuat yel-yel, membuat poster, dan sesi tanya jawab untuk meningkatkan wawasan anggota UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata Kediri. Diklat ini diselenggarakan secara online  melalui media zoom dengan penambahan background interaktif untuk menciptakan suasana yang berbeda bagi para peserta diklat, meskipun masih dalam masa pandemi acara ini tetap diikuti dengan penuh semangat dan antusiasme dari perserta. Selain itu pada kegiatan kali ini dihadiri oleh Ibu Ratna frenty nurkhalim, S.KM.,M.P.H selaku dosen pembimbing UKM pusat informasi dan konseling mahasiswa Kediri. Serta Kakak Shofia Dwi Wardhani dan Kakak Esa Ilham Mei Sasmita selaku pemateri.

Acara diklat yang diselenggarakan oleh UKM PIK-M Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri dimulai pada pukul 06.30 WIB yang diawali dengan breafing dan persiapan panitia. Setelah itu dilanjutkan dengan Registrasi peserta serta pemutaran video ukm PIK-M. Kemudian pada pukul 07.25 WIB pembukaan acara sekaligus  menyanyikan lagu indonesia raya dan hymne IIK. Selanjutnya pada pukul 07.40 sambutan dari ketua pelaksana oleh saudari Meike Nur Cahyani dan sambutan dari Ibu Ratna frenty nurkhalim, S.KM.,M.P.H selaku pembina UKM PIK-M Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri.

Setelah itu dilanjutkan dengan Penyampaian Materi 1 oleh Kakak Shofia Dwi Wardhani dengan materi yang disampaikan adalah Generasi Remaja. Dan Penyampaian materi 2 oleh Kakak Esa Ilham Mei Sasmita dengan materi yang disampaikan adalah Mindset & Aktualisasi.

Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan Pengukuhan Anggota Baru oleh saudari Maisa Arni Anti selaku Ketua umum UKM PIK-M Periode 2021/2022.

Diakhir acara diisi dengan pengumuman pemenang video pembuatan yel-yel dan Poster serta ada kuis. Dan pada pukul 10.25 acara selesai dengan foto Bersama dan penutupan.

Categories
Uncategorized

DIKLAT ANGGOTA BARU

Pada hari Minggu, tanggal 11 April 2021 telah dilaksanakan kegiatan “Diklat anggota baru”  oleh unit kegiatan mahasiswa (UKM) PIK-M Garuda Bhakti Wiyata Kediri. Diklat disini bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan, membangun kekompakan serta mengasah keterampilan anggota UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata Kediri melalui berbagai event yang dilaksanakan dalam Diklat seperti membuat yel-yel, membuat keterampilan tangan dari bahan bekas, dan sesi tanya jawab untuk meningkatkan wawasan anggota UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata Kediri. Diklat ini diselenggarakan secara online  melalui media zoom dengan penambahan background interaktif untuk menciptakan suasana yang berbeda bagi para peserta diklat, meskipun masih dalam masa pandemi acara ini tetap diikuti dengan penuh semangat dan antusiasme dari perserta. Selain itu pada kegiatan kali ini dihadiri oleh Ibu Ratna frenty nurkhalim, S.KM.,M.P.H selaku dosen pembimbing UKM pusat informasi dan konseling mahasiswa Kediri serta ibu Candra dewinataningtiyas S.ST.,M,Keb selaku pemateri dan juga sekaligus dosen kebidanan institut ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri.

Acara diklat yang diselenggarakan oleh UKM PIK-M Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri dimulai pada pukul 06.00 WIB yang diawali dengan breafing dan persiapan panitia. Setelah itu dilanjutkan dengan Registrasi peserta serta pemutaran video ukm PIK-M. Kemudian pada pukul 07.15 WIB pembukaan acara sekaligus  menyanyikan lagu indonesia raya,hymne IIK, dan mars KB. Selanjutnya pada pukul 07.40 sambutan dari ketua pelaksana oleh saudari wulan virda oktaviani dan sambutan dari Ibu Ratna frenty nurkhalim, S.KM.,M.P.H selaku pembina UKM PIK-M Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri.

Setelah itu dilanjutkan dengan Penyampaian Materi oleh Ibu Candra dewinataningtiyas S.ST.,M,Keb dengan materi yang disampaikan adalah Generasi sehat, cerdas, ceria adalah generasi  berencana. Beliau mengatakan bahwa kemajauan suatu bangsa tergantung pada generasi penerusnya. Maka dari itu kita sebagai generasi muda penerus bangsa harus menyiapkan dan merencanakan segala sesuatunya dengan baik  demi tercapainya tujuan kita di masa depan.

Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan Pengukuhan Anggota Baru oleh saudari Wahyu Widya selaku Ketua umum UKM PIK-M Periode 2020/2021.

Diakhir acara diisi dengan pengumuman pemenang video pembuatan yel-yel dan kerajinan tangan dari bahan bekas. Dan pada pukul 08.50-09.00 acara selesai dengan foto Bersama dan penutupan .

Categories
Uncategorized

PIK-M GARUDA BHAKTI WIYATA!!!…… MEWUJUDKAN GENERASI YANG BERENCANA…..

Sebagai salah satu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di IIK Bhakti Wiyata Kediri, Pusat Informasi Konseling – Mahasiswa menyediakan ruang untuk mahasiswa sebagai wadah menyalurkan minat dan bakat, serta sebagai bentuk kepedulian terhadap generasi muda saat ini. PIK-M Garuda Bhakti Wiyata merupakan salah satu sarana untuk menciptakan kehidupan berencana bagi mahasiswa. PIK-M getol mengkampanyekan bahaya pernikahan dini, seks pranikah, dan NAPZA. Tentunya kami juga menjalin kerjasama dengan stakeholder terkait seperti : BKKBN, DP3AP2KB, BNN, dan KPAD guna meningkatkan pengetahuan dan pengembangan SDM yang ada.

Periode PIK-M Garuda Bhakti Wiyata tahun 2019/ 2020 telah banyak mengadakan kegiatan yang menunjang kemampuan anggotanya. Proker yang dilaksanakan tidak hanya berada di IIK Bhakti Wiyata Kediri saja namun beberapa kegiatan dilaksanakan di luar kampus.

INGIN TAHU APA SAJA KEGIATAN KAMI??

YUKKK BACA SAMPAI HABISS YAAA…..

PELATIHAN FOTOGRAFI (13 OKTOBER 2019)

Acara pelatihan fotografi ini merupakan salah satu program kerja dari PIK-M Garuda Bhakti Wiyata yang berkolaborasi dengan komunitas fotografi “Kelas Pagi” dengan tema Human Interest, dan bapak Andik Hermawan, S.Sos. sebagai pembicara untuk memberikan materi dan praktek tentang teknik-teknik fotografi. Tema “Human Interest” sendiri diambil karena kami ingin memberikan pelatihan tentang foto tanpa caption dan memberikan arti dan makna sendiri pada fotonya. Kegiatan pelatihan fotografi meliputi materi tentang kamera, tata cara mengambil foto yang baik, teknik-teknik berfoto, serta praktek dan penilaian.

DIKLAT ANGGOTA BARU (27 OKTOBER 2019)

Kegiatan diklat yang diselenggarakan ini bertujuan untuk mengasah potensi diri, mencipatakan kekompakan serta meningkatkan kebersamaan satu sama lain bagi seluruh anggota UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata melalui beberapa agenda yang telah disusun oleh panitia seperti membuat yel-yel, membuat pentas seni, mengikuti games kebersamaan, serta menjawab beberapa soal untuk mengasah wawasan.

PERINGATAN HARI HIV/ AIDS SEDUNIA (02 DESEMBER 2019)

UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata berkolaborasi dengan UKM Tari dan UKM Paduan Suara IIKBW mengadakan acara Car Free Day (CFD) dan penandatanganan Petisi di sepanjang jalan Taman Hijau Gumul. Acara ini kami lakukan sebagai wujud peduli kami kepada ODHA (Orang-orang Dengan HIV/AIDS) karena banyak ODHA dimasyarakat yang dijauhi dan bahkan dikucilkan karena masyarakat kita salah mengartikan mengenai penularan HIV/AIDS. Adapun kegiatan yang kami lakukan adalah flashmob, dance, cek kesehatan (cek gula darah, cek tekanan darah, cek kolestrol) yang dilakukan oleh anggota UKM PIK-M, iringan musik dan pertunjukkan musik dari UKM Padus, pembagian stiker dan pita merah, penandatangan petisi, dan konseling dengan psikolog yaitu Ibu Ajeng Harlika. M P. Si.

STUDY BANDING KE HAYUNANTO MEDICAL CENTER BATU (13 JANUARI 2020)

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan oleh UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata, bahkan bisa di katakan sebagai program kerja pertama yang kami lakukan di luar kampus, program kerja ini ditujukan bagi anggota UKM PIK-M yang diselengarakan dengan maksud mengenal lebih jauh terkait bagaimana bahayanya narkoba serta dampak untuk kehidupan kedepannya. Maka dari itu, UKM PIK-M mengujungi salah satu tempat rehabilitasi yang bernama Hayunanto Medical Center (HMC) berlokasi di Batu, Malang. sekaligus dapat berkesempata shering-shering pegalaman dan ilmu. Disana kami diberikan kesempatan sharing-sharing mengenai apa bahaya narkoba, dampak untuk kehidupan bagaimana dan sesi terakhir kita juga berkesemparan langsung mengetahui tempat dimana orang-orang pecandu narkoba yang direhabilitasi sampai mereka sembuh total, tidak hanya itu kami juga sempat berbincang bincang dengan dr. Cahya Firly Nanda sekaligus pasien yang telah sembuh total yang sempat mengikuti rehabilitasi di HMC Batu.

PELATIHAN PENDIDIK SEBAYA (29 FEBRUARI 2020)

Pelatihan tersebut tentunya memiliki tujuan dan manfaat yang luar biasa bagi anggota PIK-M Garuda Bhakti Wiyata , yakni sebagai syarat awal untuk bisa mengikuti konselor sebaya, melatih anggota agar dapat membimbing teman sebaya lainya dalam rangka menghadapi permasalahan yang dihadapi, dan terutama untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi anggota PIK-M Garuda Bhakti Wiyata agar mampu menjadi pendidik sebaya yang berwawasan GenRe (Generasi Berencana). Kegiatan ini memuat beberapa agenda yang dimulai dengan registrasi peserta pada pukul 07.00 WIB dan sampai acara penutup pada pukul 15.00 WIB. Respon yang baik dari mahasiswa luar ukm PIK M Garuda Bhkati Wiyata saat acara ini berlangsung. Karena Pelatuhan Pendidik Sebaya merupakan kegiatan yang terbuka untuk umum. Banyak mahasiswa yang antusias untuk mengikuti acara ini, selain itu juga diikuti oleh beberapa delegasi dari SMA luar IIK Bhakti Wiyata Kediri.

WEBINAR (25 AGUSTUS 2020)

Webinar ini adalah salah satu program kerja UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata untuk mengingatkan kita mengenai pentingnya menjaga kesehatan reproduksi meski saat pandemi. Pada saat ini, banyak dari kita diharuskan belajar dirumah untuk menghindari penyebaran COVID-19. Sebagian dari kita khawatir tidak dapat mengikuti materi kuliah dengan baik, sebagian lainnya takut tak bisa melakukan pengembangan diri karena terbatasnya ruang gerak (phychical distancing). Acara ini disajikan dengan tujuan agar mampu membangkitkan kesadaran diri remaja untuk selalu menjaga diri dari perilaku seksual berisiko sekaligus tidak lupa tetap berupaya mengembangkan potensi diri meski di masa pandemi untuk mahasiswa IIK Bhakti Wiyata Kediri dan masyarakat luas.

SKUYYY FOLLOW AKUN INSTAGRAM KAMI DI @GARUDABW UNTUK MENDAPATKAN INFO TERUPDATE DARI KAMI

Categories
Uncategorized

WEBINAR “BINCANG-BINCANG KESEHATAN REPRODUKSI DAN PENGEMBANGAN DIRI DIMASA PANDEMI”

Webinar ini adalah salah satu program kerja UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata untuk mengingatkan kita mengenai pentingnya menjaga kesehatan reproduksi meski saat pandemi. Pada saat ini, banyak dari kita diharuskan belajar dirumah untuk menghindari penyebaran COVID-19. Sebagian dari kita khawatir tidak dapat mengikuti materi kuliah dengan baik, sebagian lainnya takut tak bisa melakukan pengembangan diri karena terbatasnya ruang gerak (phychical distancing). Acara ini disajikan dengan tujuan agar mampu membangkitkan kesadaran diri remaja untuk selalu menjaga diri dari perilaku seksual berisiko sekaligus tidak lupa tetap berupaya mengembangkan potensi diri meski di masa pandemi.

Untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya menjaga kesehatan reproduksi meski saat pandemi serta memberikan kontribusi aktif dengan memberikan materi edukasi melalui dilaksanakannya kegiatan webinar dengan tema “Bincang-Bincang Kesehatan Repoduksi Dan Pengembangan Diri Di Masa Pandemic” yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran mahasiswa untuk menjaga kesehatan reproduksi dan tetap melakukan kegiatan positif. Sekali lagi, kita belajar dari rumah dan bukan pacaran dirumah, maka kami mengadakan acara webinar ini untuk mengajak teman-teman sebaya mengenal pribanya. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Minggu, 23 Agustus 2020.  

Acara dimulai pukul 08.00 WIB yang dibuka oleh Rektor Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyat Kediri Bapak Prof. Dr. Muhammad Zainuddin, Apt. Kemudian pukul 08.05 – 08.10 pembacaan peraturan webinar dan tata tertib oleh MC, selanjutnya pukul  08.10 – 08.50 penyajian materi  pertama mengenai Perilaku Seksual Pada Remaja Di Indonesia yang disampaikan oleh ibu Ratna Frenty N, S.KM., M. P. H. Kemudian dilanjutkan pukul 08.50 – 08.55 Kesimpulan oleh moderator. Acara selanjutnya pada pukul 08.55- 09.35 yaitu materi ke dua mengenai Pengembangan Diri Untuk Pemuda Yang Beradidaya yang disampaikan oleh saudara Esa Ilham Mei Sasmita. Kemudian dilanjutkan  kesimpulan oleh moderator pada pukul 09.35 – 09.40. Pada pukul 09.40 – 10.40 dilanjutkan langsung dengan materi ketiga mengenai Toxic Relationship Dalam Pacaran yang disampaikan oleh saudari Putri Khatulistiwa. Dilanjutkan dengan kesimpulan pukul 10.40 – 10.45  oleh moderator. Kemudian pukul 10.45-10.55 absensi dan evaluasi dilanjutkan 10.55 – 11.00 penutup.

Sambutan oleh Bapak Rektor Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Prof. Dr. Muhammad Zainuddin, Apt dan sekaligus membuka acara secara resmi.
Materi  pertama mengenai Perilaku Seksual Pada Remaja Di Indonesia yang disampaikan oleh ibu Ratna Frenty N, S.KM., M. P. H, yang merupakan pembina utama UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata.
Materi kedua mengenai Pengembangan Diri Untuk Pemuda Yang Beradidaya yang disampaikan oleh saudara Esa Ilham Mei Sasmita, dimana kak Esa merupakan Ketua UKM PIK-M Garuda Bhkati Wiyata periode 2019/2020.
Materi ketiga mengenai Toxic Relationship Dalam Pacaran yang disampaikan oleh saudari Putri Khatulistiwa dari UNALA YOUTH.
tidak lupa diakhir acara kami mengabadikan momen dengan berfota bersama.

Acara webinar pertama yang kami lakukan ditengah pandemi ini, sangat diapresiasi oleh teman-teman sebaya yang turut serta dalam webinar ini. Tentunya besar harapan kami, webinar yang kami laksanakan memberikan wawasan baru dan bermanfaat untuk teman-teman semua, serta teman-teman yang berkesempatan mengikuti webinar ini dapat menebar wawasan positif baru kepada temen-teman sebaya disekitarnya.

Sampai jumpa dicerita kami lainnya…

Categories
Uncategorized

PELATIHAN PENDIDIK SEBAYA

PIK-M Garuda Bhakti Wiyata telah mengadakan Pelatihan Pendidik Sebaya pada Sabtu, 29 Februari 2020. Pelatihan tersebut tentunya memiliki tujuan dan manfaat yang luar biasa bagi anggota PIK-M, yakni sebagai syarat awal untuk bisa mengikuti konselor sebaya, melatih anggota agar dapat membimbing teman sebaya lainya dalam rangka menghadapi permasalahan yang dihadapi, dan terutama untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi anggota PIK-M agar mampu menjadi pendidik sebaya yang berwawasan GenRe (Generasi Berencana).

Acara ini dihadiri oleh pembimbing UKM PIK-M yaitu Ibu Ajeng Harlika P, M.Psi.,Psikolog, kepala PBKBKA Frieti Vega Nela, S.ST., M.Imun, Ibu Candra Dewinataningtyas, S.ST., M.Keb sebagai pemateri, Ibu Yuliana dan Ibu Miftah dari BNN Kota Kediri sebagai pemateri dengan tema NAPZA, dan juga ODHA (orang dengan HIV/AIDS) untuk sharing bersama.

Kegiatan ini memuat beberapa agenda yang dimulai dengan registrasi peserta pada pukul 07.00 WIB dan sampai acara penutup pada pukul 15.00 WIB. Respon yang baik dari mahasiswa luar ukm PIK M saat acara ini berlangsung. Karena Pelatuhan Pendidik Sebaya merupakan kegiatan yang terbuka untuk umum. Banyak mahasiswa yang antusias untuk mengikuti acara ini, selain itu juga diikuti oleh beberapa delegasi dari SMA luar IIK Bhakti Wiyata Kediri.

Menyanyikan lagu Indonesia raya di awal acara sebelum dimulai.
Pemberian materi 1 oleh Ibu Ajeng Harlika P, M.Psi.,Psikolog dengan tema PUP (pendewasaan usia perkawinan)
Study kasus dari Ibu Ajeng Harlika P, M.Psi.,Psikolog. Untuk memaparkan pendapat peserta mengenai pendewasaan usia pernikahan.
Materi 2 oleh , Ibu Candra Dewinataningtyas, S.ST., M.Keb. dengan tema seksualitas
Materi 3 dari ibu miftah selaku perwakilan dari BNN kota Kediri dengan tema NAPZA
Study kasus tentang NAPZA dari BNN kota Kediri
Foto bersama dengan pihak perwakilan BNN dalam rangka menolak penggunaan NARKOBA.
Materi 4 dari ketua UKM PIK M  yang juga merupakan juara 3 duta genre kota kediri yaitu Esa Ilham Mei Sasmita dengan tema HIV/AIDS
Diselingi acara games untuk meningkatkan semangat peserta sebelum mengikuti kegiatan selanjutnya
Sharing bersama ODHA untuk memberikan pengetahuan tentang HIV/AIDS lebih luas lagi
Sebelum penutupan acara, kami melakukan sesi foto bersama dengan beberapa peserta dan panitia kegiatan pelatihan dan pendidik sebaya.
Juga ada sesi foto bersama panitia dan pembimbing dari UKM PIK-M secara langsung.
Gimana??? Seru banget kannnn

Yakin gamau gabung???

Yuk pantau terus dan tunggu acara UKM PIK M yang selanjutnyaaaaa

TERIMAKASIH

Categories
Uncategorized

STUDY BANDING PIK-M GADURA BHAKTI WIYATA 2020

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan oleh UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata, bahkan bisa di katakan sebagai program kerja pertama yang kami lakukan di luar kampus, program kerja ini dilaksanakan pada hari, Jumat 14 Januari 2020, Kegiatan ini dimulai pukul 05.00 WIB diawali dengan persiapan untuk panitia dan peserta, kami dari panitia sangat bersemangat dalam menjalankan program kerja kali ini, tidak hanya itu peserta pun tampak bersemangat dan antusias nya dapat di lihat dari mereka yang rela bangun pagi sekali demi lancarnya program kerja ini, selanunya pada pukul jjam 05.30 WIB kami para rombongan yang terdiri dari Dosen IIK Bhakti Wiyata yaitu Bu Ratna, Bu Nela, Bu Novita dan Bu Fitri serta para peserta dari anggota UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata menikmati suasana perjalanan menuju Hayunanto Medical Center (HMC) Batu, Malang. Waktu tepat menunjukkan pukul 08.00 WIB Alhamdulillah kami tiba ditempat tujuan dengan selamat dan disambut hangat oleh pihak HMC, disana kami sharing sharing mengenai apa bahaya narkoba, dampak untuk kehidupan bagaimana dan sesi terakhir kita juga dapat langsung mengetahui tempat dimana orang orang pecandu narkoba yang direhabilitasi sampai mereka sembuh total, tidak hanya itu kami juga sempat berbincang bincang dengan dr. Cahya Firly Nanda sekaligus pasien yang telah sembuh total yang sempat mengikuti rehabilitasi di HMC Batu. Tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 12.00 WIB acara study banding kami di HMC Batu akhirnya selesai. Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan menuju ECO Green Park, hitung-hitung untuk melepas penat mahasiswa yang sibuk akan tugas, semua peserta yang berkesempatan mengikuti program kerja ini terlihat sangat bahagia dan banyak dari peserta yang bilang ‘tahun depan wajib UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata mengadakan kegiatan seperti ini’  alasannya dimana satu sisi kita belajar dan menerima edukasi, lalu di satu sisi juga kita dapat merefresh kembali otak kami yang penat. Pada pukul 17.00 WIB akhirnya kami keluar dari ECO Green Park, lalu kami melanjutkan untuk mengunjungi wisata salah satu yang ada di Kota Batu yaitu Alun-Alun Kota Batu, tidak lupa kami juga singgah di salah satu pusat oleh-oleh Kota Batu untuk membeli jajanan khas,  hingga akhirnya tidak terasa waktu menujukkan pukul 20.00 WIB. Setelah makan malam dan jalan- jalan di Alun Alun Kota Batu kami rombongan akhirnya kembali pulang ke Kediri, Alhamdulillah pukul 22.00 WIB tepat kami tiba di IIK Bhakti Wiyata Kediri dengan selamat.

Sambutan oleh pembina UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata
Pengenalan Hayunanto Medical Center
Kami berkesempaan melihat-lihat susasan tempat rehabilitasi, bertemu dengan teman-teman yang sedang menjalani rehabilitasi tentunya kami juga wajib menjaga identitas pasien (gambar tampak kamar-kamar tempat mereka beristirahat)
Acara diakhiri dengan penyerahan kenang-kenagan dari kami yang diwakili oleh Ibu Ratna selaku pembina UKM PIK-M dan diserahkan langsung kepada Kepala HMC Batu
Ditutup dengan foto bersama
Kebersamaan kami di Eco Green Park

Tak terasa perjalan panjang hari itu kami lalu dengan penuh kegembiraan dan kebahagian.. rasa kekeluargaan pun semakin tercipta

Sekian cerita singkta program kerja Study Banding, semoga kami dapat berkesempatan kembali melaksanakan program kerja ini dengan cerita seru dan perjalan menraik selanjutnya

Terima kasih