Categories
Uncategorized

Pelatihan Pendidik Sebaya “Mencetak Generasi Peduli Remaja”

PIK-M Garuda Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri telah mengadakan Pelatihan Pendidik Sebaya pada Sabtu, 26 Juni 2022. Pelatihan tersebut tentunya memiliki tujuan dan manfaat yang luar biasa bagi anggota PIK-M, yakni sebagai syarat awal untuk bisa mengikuti konselor sebaya, Melatih para anggota agar dapat membimbing teman sebaya lainya dalam rangka menghadapi permasalahan yang dihadapinya, Mampu memberikan informasi kepada teman sebayanya tentang pentingnya konseling sebaya, Meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi anggota PIK-R agar mampu menjadi pendidik sebaya, Mampu  menghasilkan mahasiswa  yang telah terlatih sebagai pendidik sebaya.

Acara ini dihadiri oleh pembimbing UKM PIK-M Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri yaitu Ibu  Ratna Frenty N, S.KM., M.P.H, Kakak Louise Ade Fita Rahayu sebagai pemateri, Ibu Septia Purwandani,S.Psi.,M.P.Si.Psikolog sebagai pemateri, Ibu Ellatyas Rahmawati Tejo Putri SST.,MH sebagai pemateri, dan Ibu Miftakul Choiriyah, S.I.KOM perwakilan dari BNN Kota Kediri sebagai pemateri.

Kegiatan ini memuat beberapa agenda yang dimulai dengan registrasi peserta pada pukul 07.30 WIB dan sampai acara penutup pada pukul 13.00 WIB. Respon yang baik dari mahasiswa UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata dan para undangan saat acara ini berlangsung. Karena Pelatihan Pendidik Sebaya merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat. Selain itu juga diikuti oleh beberapa delegasi dari SMK Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri.

Regristasi Peserta
Pembukaan acara dan pembacan doa
Sambutan oleh Ibu Ratna Frenty N, S.KM., M.P.H selaku pembimbing UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata Kediri
Penyampaian Materi 1 Oleh kakak Louise Ade Fita Rahayu dengan tema HIV & AIDS dan penyerahan Goodie Bag
Penyampaian Materi 1 Oleh Ibu Septia Purwandani,S.Psi.,M.P.Si.Psikolog dengan tema Pendewasaan Usia Dini dan penyerahan Goodie Bag
Penyampaian Materi 3 Oleh kakak Ellatyas Rahmawati Tejo Putri SST.,MH dengan tema Seksualitas dan penyerahan Goodie Bag
Penyampaian Materi 4 Oleh perwakilan dari BNN Kota Kediri dengan tema NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya) dan penyerahan Goodie Bag
Foto Peserta Bersama Perwakilan dari BNN Kota Kediri

Categories
Uncategorized

Diklat Anggota Baru 2021/2022 “Mewujudkan Generasi Berencana yang Kreatif dan Inovatif”

Pada hari Minggu, tanggal 20 Maret 2022 telah dilaksanakan kegiatan “Diklat anggota baru”  oleh unit kegiatan mahasiswa (UKM) PIK-M Garuda Bhakti Wiyata Kediri. Diklat disini bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan, membangun kekompakan serta mengasah keterampilan anggota UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata Kediri melalui berbagai event yang dilaksanakan dalam Diklat seperti membuat yel-yel, membuat poster, dan sesi tanya jawab untuk meningkatkan wawasan anggota UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata Kediri. Diklat ini diselenggarakan secara online  melalui media zoom dengan penambahan background interaktif untuk menciptakan suasana yang berbeda bagi para peserta diklat, meskipun masih dalam masa pandemi acara ini tetap diikuti dengan penuh semangat dan antusiasme dari perserta. Selain itu pada kegiatan kali ini dihadiri oleh Ibu Ratna frenty nurkhalim, S.KM.,M.P.H selaku dosen pembimbing UKM pusat informasi dan konseling mahasiswa Kediri. Serta Kakak Shofia Dwi Wardhani dan Kakak Esa Ilham Mei Sasmita selaku pemateri.

Acara diklat yang diselenggarakan oleh UKM PIK-M Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri dimulai pada pukul 06.30 WIB yang diawali dengan breafing dan persiapan panitia. Setelah itu dilanjutkan dengan Registrasi peserta serta pemutaran video ukm PIK-M. Kemudian pada pukul 07.25 WIB pembukaan acara sekaligus  menyanyikan lagu indonesia raya dan hymne IIK. Selanjutnya pada pukul 07.40 sambutan dari ketua pelaksana oleh saudari Meike Nur Cahyani dan sambutan dari Ibu Ratna frenty nurkhalim, S.KM.,M.P.H selaku pembina UKM PIK-M Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri.

Setelah itu dilanjutkan dengan Penyampaian Materi 1 oleh Kakak Shofia Dwi Wardhani dengan materi yang disampaikan adalah Generasi Remaja. Dan Penyampaian materi 2 oleh Kakak Esa Ilham Mei Sasmita dengan materi yang disampaikan adalah Mindset & Aktualisasi.

Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan Pengukuhan Anggota Baru oleh saudari Maisa Arni Anti selaku Ketua umum UKM PIK-M Periode 2021/2022.

Diakhir acara diisi dengan pengumuman pemenang video pembuatan yel-yel dan Poster serta ada kuis. Dan pada pukul 10.25 acara selesai dengan foto Bersama dan penutupan.

Categories
Uncategorized

DIKLAT ANGGOTA BARU

Pada hari Minggu, tanggal 11 April 2021 telah dilaksanakan kegiatan “Diklat anggota baru”  oleh unit kegiatan mahasiswa (UKM) PIK-M Garuda Bhakti Wiyata Kediri. Diklat disini bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan, membangun kekompakan serta mengasah keterampilan anggota UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata Kediri melalui berbagai event yang dilaksanakan dalam Diklat seperti membuat yel-yel, membuat keterampilan tangan dari bahan bekas, dan sesi tanya jawab untuk meningkatkan wawasan anggota UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata Kediri. Diklat ini diselenggarakan secara online  melalui media zoom dengan penambahan background interaktif untuk menciptakan suasana yang berbeda bagi para peserta diklat, meskipun masih dalam masa pandemi acara ini tetap diikuti dengan penuh semangat dan antusiasme dari perserta. Selain itu pada kegiatan kali ini dihadiri oleh Ibu Ratna frenty nurkhalim, S.KM.,M.P.H selaku dosen pembimbing UKM pusat informasi dan konseling mahasiswa Kediri serta ibu Candra dewinataningtiyas S.ST.,M,Keb selaku pemateri dan juga sekaligus dosen kebidanan institut ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri.

Acara diklat yang diselenggarakan oleh UKM PIK-M Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri dimulai pada pukul 06.00 WIB yang diawali dengan breafing dan persiapan panitia. Setelah itu dilanjutkan dengan Registrasi peserta serta pemutaran video ukm PIK-M. Kemudian pada pukul 07.15 WIB pembukaan acara sekaligus  menyanyikan lagu indonesia raya,hymne IIK, dan mars KB. Selanjutnya pada pukul 07.40 sambutan dari ketua pelaksana oleh saudari wulan virda oktaviani dan sambutan dari Ibu Ratna frenty nurkhalim, S.KM.,M.P.H selaku pembina UKM PIK-M Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri.

Setelah itu dilanjutkan dengan Penyampaian Materi oleh Ibu Candra dewinataningtiyas S.ST.,M,Keb dengan materi yang disampaikan adalah Generasi sehat, cerdas, ceria adalah generasi  berencana. Beliau mengatakan bahwa kemajauan suatu bangsa tergantung pada generasi penerusnya. Maka dari itu kita sebagai generasi muda penerus bangsa harus menyiapkan dan merencanakan segala sesuatunya dengan baik  demi tercapainya tujuan kita di masa depan.

Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan Pengukuhan Anggota Baru oleh saudari Wahyu Widya selaku Ketua umum UKM PIK-M Periode 2020/2021.

Diakhir acara diisi dengan pengumuman pemenang video pembuatan yel-yel dan kerajinan tangan dari bahan bekas. Dan pada pukul 08.50-09.00 acara selesai dengan foto Bersama dan penutupan .

Categories
Uncategorized

PIK-M GARUDA BHAKTI WIYATA!!!…… MEWUJUDKAN GENERASI YANG BERENCANA…..

Sebagai salah satu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di IIK Bhakti Wiyata Kediri, Pusat Informasi Konseling – Mahasiswa menyediakan ruang untuk mahasiswa sebagai wadah menyalurkan minat dan bakat, serta sebagai bentuk kepedulian terhadap generasi muda saat ini. PIK-M Garuda Bhakti Wiyata merupakan salah satu sarana untuk menciptakan kehidupan berencana bagi mahasiswa. PIK-M getol mengkampanyekan bahaya pernikahan dini, seks pranikah, dan NAPZA. Tentunya kami juga menjalin kerjasama dengan stakeholder terkait seperti : BKKBN, DP3AP2KB, BNN, dan KPAD guna meningkatkan pengetahuan dan pengembangan SDM yang ada.

Periode PIK-M Garuda Bhakti Wiyata tahun 2019/ 2020 telah banyak mengadakan kegiatan yang menunjang kemampuan anggotanya. Proker yang dilaksanakan tidak hanya berada di IIK Bhakti Wiyata Kediri saja namun beberapa kegiatan dilaksanakan di luar kampus.

INGIN TAHU APA SAJA KEGIATAN KAMI??

YUKKK BACA SAMPAI HABISS YAAA…..

PELATIHAN FOTOGRAFI (13 OKTOBER 2019)

Acara pelatihan fotografi ini merupakan salah satu program kerja dari PIK-M Garuda Bhakti Wiyata yang berkolaborasi dengan komunitas fotografi “Kelas Pagi” dengan tema Human Interest, dan bapak Andik Hermawan, S.Sos. sebagai pembicara untuk memberikan materi dan praktek tentang teknik-teknik fotografi. Tema “Human Interest” sendiri diambil karena kami ingin memberikan pelatihan tentang foto tanpa caption dan memberikan arti dan makna sendiri pada fotonya. Kegiatan pelatihan fotografi meliputi materi tentang kamera, tata cara mengambil foto yang baik, teknik-teknik berfoto, serta praktek dan penilaian.

DIKLAT ANGGOTA BARU (27 OKTOBER 2019)

Kegiatan diklat yang diselenggarakan ini bertujuan untuk mengasah potensi diri, mencipatakan kekompakan serta meningkatkan kebersamaan satu sama lain bagi seluruh anggota UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata melalui beberapa agenda yang telah disusun oleh panitia seperti membuat yel-yel, membuat pentas seni, mengikuti games kebersamaan, serta menjawab beberapa soal untuk mengasah wawasan.

PERINGATAN HARI HIV/ AIDS SEDUNIA (02 DESEMBER 2019)

UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata berkolaborasi dengan UKM Tari dan UKM Paduan Suara IIKBW mengadakan acara Car Free Day (CFD) dan penandatanganan Petisi di sepanjang jalan Taman Hijau Gumul. Acara ini kami lakukan sebagai wujud peduli kami kepada ODHA (Orang-orang Dengan HIV/AIDS) karena banyak ODHA dimasyarakat yang dijauhi dan bahkan dikucilkan karena masyarakat kita salah mengartikan mengenai penularan HIV/AIDS. Adapun kegiatan yang kami lakukan adalah flashmob, dance, cek kesehatan (cek gula darah, cek tekanan darah, cek kolestrol) yang dilakukan oleh anggota UKM PIK-M, iringan musik dan pertunjukkan musik dari UKM Padus, pembagian stiker dan pita merah, penandatangan petisi, dan konseling dengan psikolog yaitu Ibu Ajeng Harlika. M P. Si.

STUDY BANDING KE HAYUNANTO MEDICAL CENTER BATU (13 JANUARI 2020)

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan oleh UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata, bahkan bisa di katakan sebagai program kerja pertama yang kami lakukan di luar kampus, program kerja ini ditujukan bagi anggota UKM PIK-M yang diselengarakan dengan maksud mengenal lebih jauh terkait bagaimana bahayanya narkoba serta dampak untuk kehidupan kedepannya. Maka dari itu, UKM PIK-M mengujungi salah satu tempat rehabilitasi yang bernama Hayunanto Medical Center (HMC) berlokasi di Batu, Malang. sekaligus dapat berkesempata shering-shering pegalaman dan ilmu. Disana kami diberikan kesempatan sharing-sharing mengenai apa bahaya narkoba, dampak untuk kehidupan bagaimana dan sesi terakhir kita juga berkesemparan langsung mengetahui tempat dimana orang-orang pecandu narkoba yang direhabilitasi sampai mereka sembuh total, tidak hanya itu kami juga sempat berbincang bincang dengan dr. Cahya Firly Nanda sekaligus pasien yang telah sembuh total yang sempat mengikuti rehabilitasi di HMC Batu.

PELATIHAN PENDIDIK SEBAYA (29 FEBRUARI 2020)

Pelatihan tersebut tentunya memiliki tujuan dan manfaat yang luar biasa bagi anggota PIK-M Garuda Bhakti Wiyata , yakni sebagai syarat awal untuk bisa mengikuti konselor sebaya, melatih anggota agar dapat membimbing teman sebaya lainya dalam rangka menghadapi permasalahan yang dihadapi, dan terutama untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi anggota PIK-M Garuda Bhakti Wiyata agar mampu menjadi pendidik sebaya yang berwawasan GenRe (Generasi Berencana). Kegiatan ini memuat beberapa agenda yang dimulai dengan registrasi peserta pada pukul 07.00 WIB dan sampai acara penutup pada pukul 15.00 WIB. Respon yang baik dari mahasiswa luar ukm PIK M Garuda Bhkati Wiyata saat acara ini berlangsung. Karena Pelatuhan Pendidik Sebaya merupakan kegiatan yang terbuka untuk umum. Banyak mahasiswa yang antusias untuk mengikuti acara ini, selain itu juga diikuti oleh beberapa delegasi dari SMA luar IIK Bhakti Wiyata Kediri.

WEBINAR (25 AGUSTUS 2020)

Webinar ini adalah salah satu program kerja UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata untuk mengingatkan kita mengenai pentingnya menjaga kesehatan reproduksi meski saat pandemi. Pada saat ini, banyak dari kita diharuskan belajar dirumah untuk menghindari penyebaran COVID-19. Sebagian dari kita khawatir tidak dapat mengikuti materi kuliah dengan baik, sebagian lainnya takut tak bisa melakukan pengembangan diri karena terbatasnya ruang gerak (phychical distancing). Acara ini disajikan dengan tujuan agar mampu membangkitkan kesadaran diri remaja untuk selalu menjaga diri dari perilaku seksual berisiko sekaligus tidak lupa tetap berupaya mengembangkan potensi diri meski di masa pandemi untuk mahasiswa IIK Bhakti Wiyata Kediri dan masyarakat luas.

SKUYYY FOLLOW AKUN INSTAGRAM KAMI DI @GARUDABW UNTUK MENDAPATKAN INFO TERUPDATE DARI KAMI

Categories
Uncategorized

WEBINAR “BINCANG-BINCANG KESEHATAN REPRODUKSI DAN PENGEMBANGAN DIRI DIMASA PANDEMI”

Webinar ini adalah salah satu program kerja UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata untuk mengingatkan kita mengenai pentingnya menjaga kesehatan reproduksi meski saat pandemi. Pada saat ini, banyak dari kita diharuskan belajar dirumah untuk menghindari penyebaran COVID-19. Sebagian dari kita khawatir tidak dapat mengikuti materi kuliah dengan baik, sebagian lainnya takut tak bisa melakukan pengembangan diri karena terbatasnya ruang gerak (phychical distancing). Acara ini disajikan dengan tujuan agar mampu membangkitkan kesadaran diri remaja untuk selalu menjaga diri dari perilaku seksual berisiko sekaligus tidak lupa tetap berupaya mengembangkan potensi diri meski di masa pandemi.

Untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya menjaga kesehatan reproduksi meski saat pandemi serta memberikan kontribusi aktif dengan memberikan materi edukasi melalui dilaksanakannya kegiatan webinar dengan tema “Bincang-Bincang Kesehatan Repoduksi Dan Pengembangan Diri Di Masa Pandemic” yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran mahasiswa untuk menjaga kesehatan reproduksi dan tetap melakukan kegiatan positif. Sekali lagi, kita belajar dari rumah dan bukan pacaran dirumah, maka kami mengadakan acara webinar ini untuk mengajak teman-teman sebaya mengenal pribanya. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Minggu, 23 Agustus 2020.  

Acara dimulai pukul 08.00 WIB yang dibuka oleh Rektor Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyat Kediri Bapak Prof. Dr. Muhammad Zainuddin, Apt. Kemudian pukul 08.05 – 08.10 pembacaan peraturan webinar dan tata tertib oleh MC, selanjutnya pukul  08.10 – 08.50 penyajian materi  pertama mengenai Perilaku Seksual Pada Remaja Di Indonesia yang disampaikan oleh ibu Ratna Frenty N, S.KM., M. P. H. Kemudian dilanjutkan pukul 08.50 – 08.55 Kesimpulan oleh moderator. Acara selanjutnya pada pukul 08.55- 09.35 yaitu materi ke dua mengenai Pengembangan Diri Untuk Pemuda Yang Beradidaya yang disampaikan oleh saudara Esa Ilham Mei Sasmita. Kemudian dilanjutkan  kesimpulan oleh moderator pada pukul 09.35 – 09.40. Pada pukul 09.40 – 10.40 dilanjutkan langsung dengan materi ketiga mengenai Toxic Relationship Dalam Pacaran yang disampaikan oleh saudari Putri Khatulistiwa. Dilanjutkan dengan kesimpulan pukul 10.40 – 10.45  oleh moderator. Kemudian pukul 10.45-10.55 absensi dan evaluasi dilanjutkan 10.55 – 11.00 penutup.

Sambutan oleh Bapak Rektor Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Prof. Dr. Muhammad Zainuddin, Apt dan sekaligus membuka acara secara resmi.
Materi  pertama mengenai Perilaku Seksual Pada Remaja Di Indonesia yang disampaikan oleh ibu Ratna Frenty N, S.KM., M. P. H, yang merupakan pembina utama UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata.
Materi kedua mengenai Pengembangan Diri Untuk Pemuda Yang Beradidaya yang disampaikan oleh saudara Esa Ilham Mei Sasmita, dimana kak Esa merupakan Ketua UKM PIK-M Garuda Bhkati Wiyata periode 2019/2020.
Materi ketiga mengenai Toxic Relationship Dalam Pacaran yang disampaikan oleh saudari Putri Khatulistiwa dari UNALA YOUTH.
tidak lupa diakhir acara kami mengabadikan momen dengan berfota bersama.

Acara webinar pertama yang kami lakukan ditengah pandemi ini, sangat diapresiasi oleh teman-teman sebaya yang turut serta dalam webinar ini. Tentunya besar harapan kami, webinar yang kami laksanakan memberikan wawasan baru dan bermanfaat untuk teman-teman semua, serta teman-teman yang berkesempatan mengikuti webinar ini dapat menebar wawasan positif baru kepada temen-teman sebaya disekitarnya.

Sampai jumpa dicerita kami lainnya…

Categories
Uncategorized

PELATIHAN PENDIDIK SEBAYA

PIK-M Garuda Bhakti Wiyata telah mengadakan Pelatihan Pendidik Sebaya pada Sabtu, 29 Februari 2020. Pelatihan tersebut tentunya memiliki tujuan dan manfaat yang luar biasa bagi anggota PIK-M, yakni sebagai syarat awal untuk bisa mengikuti konselor sebaya, melatih anggota agar dapat membimbing teman sebaya lainya dalam rangka menghadapi permasalahan yang dihadapi, dan terutama untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi anggota PIK-M agar mampu menjadi pendidik sebaya yang berwawasan GenRe (Generasi Berencana).

Acara ini dihadiri oleh pembimbing UKM PIK-M yaitu Ibu Ajeng Harlika P, M.Psi.,Psikolog, kepala PBKBKA Frieti Vega Nela, S.ST., M.Imun, Ibu Candra Dewinataningtyas, S.ST., M.Keb sebagai pemateri, Ibu Yuliana dan Ibu Miftah dari BNN Kota Kediri sebagai pemateri dengan tema NAPZA, dan juga ODHA (orang dengan HIV/AIDS) untuk sharing bersama.

Kegiatan ini memuat beberapa agenda yang dimulai dengan registrasi peserta pada pukul 07.00 WIB dan sampai acara penutup pada pukul 15.00 WIB. Respon yang baik dari mahasiswa luar ukm PIK M saat acara ini berlangsung. Karena Pelatuhan Pendidik Sebaya merupakan kegiatan yang terbuka untuk umum. Banyak mahasiswa yang antusias untuk mengikuti acara ini, selain itu juga diikuti oleh beberapa delegasi dari SMA luar IIK Bhakti Wiyata Kediri.

Menyanyikan lagu Indonesia raya di awal acara sebelum dimulai.
Pemberian materi 1 oleh Ibu Ajeng Harlika P, M.Psi.,Psikolog dengan tema PUP (pendewasaan usia perkawinan)
Study kasus dari Ibu Ajeng Harlika P, M.Psi.,Psikolog. Untuk memaparkan pendapat peserta mengenai pendewasaan usia pernikahan.
Materi 2 oleh , Ibu Candra Dewinataningtyas, S.ST., M.Keb. dengan tema seksualitas
Materi 3 dari ibu miftah selaku perwakilan dari BNN kota Kediri dengan tema NAPZA
Study kasus tentang NAPZA dari BNN kota Kediri
Foto bersama dengan pihak perwakilan BNN dalam rangka menolak penggunaan NARKOBA.
Materi 4 dari ketua UKM PIK M  yang juga merupakan juara 3 duta genre kota kediri yaitu Esa Ilham Mei Sasmita dengan tema HIV/AIDS
Diselingi acara games untuk meningkatkan semangat peserta sebelum mengikuti kegiatan selanjutnya
Sharing bersama ODHA untuk memberikan pengetahuan tentang HIV/AIDS lebih luas lagi
Sebelum penutupan acara, kami melakukan sesi foto bersama dengan beberapa peserta dan panitia kegiatan pelatihan dan pendidik sebaya.
Juga ada sesi foto bersama panitia dan pembimbing dari UKM PIK-M secara langsung.
Gimana??? Seru banget kannnn

Yakin gamau gabung???

Yuk pantau terus dan tunggu acara UKM PIK M yang selanjutnyaaaaa

TERIMAKASIH

Categories
Uncategorized

STUDY BANDING PIK-M GADURA BHAKTI WIYATA 2020

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan oleh UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata, bahkan bisa di katakan sebagai program kerja pertama yang kami lakukan di luar kampus, program kerja ini dilaksanakan pada hari, Jumat 14 Januari 2020, Kegiatan ini dimulai pukul 05.00 WIB diawali dengan persiapan untuk panitia dan peserta, kami dari panitia sangat bersemangat dalam menjalankan program kerja kali ini, tidak hanya itu peserta pun tampak bersemangat dan antusias nya dapat di lihat dari mereka yang rela bangun pagi sekali demi lancarnya program kerja ini, selanunya pada pukul jjam 05.30 WIB kami para rombongan yang terdiri dari Dosen IIK Bhakti Wiyata yaitu Bu Ratna, Bu Nela, Bu Novita dan Bu Fitri serta para peserta dari anggota UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata menikmati suasana perjalanan menuju Hayunanto Medical Center (HMC) Batu, Malang. Waktu tepat menunjukkan pukul 08.00 WIB Alhamdulillah kami tiba ditempat tujuan dengan selamat dan disambut hangat oleh pihak HMC, disana kami sharing sharing mengenai apa bahaya narkoba, dampak untuk kehidupan bagaimana dan sesi terakhir kita juga dapat langsung mengetahui tempat dimana orang orang pecandu narkoba yang direhabilitasi sampai mereka sembuh total, tidak hanya itu kami juga sempat berbincang bincang dengan dr. Cahya Firly Nanda sekaligus pasien yang telah sembuh total yang sempat mengikuti rehabilitasi di HMC Batu. Tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 12.00 WIB acara study banding kami di HMC Batu akhirnya selesai. Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan menuju ECO Green Park, hitung-hitung untuk melepas penat mahasiswa yang sibuk akan tugas, semua peserta yang berkesempatan mengikuti program kerja ini terlihat sangat bahagia dan banyak dari peserta yang bilang ‘tahun depan wajib UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata mengadakan kegiatan seperti ini’  alasannya dimana satu sisi kita belajar dan menerima edukasi, lalu di satu sisi juga kita dapat merefresh kembali otak kami yang penat. Pada pukul 17.00 WIB akhirnya kami keluar dari ECO Green Park, lalu kami melanjutkan untuk mengunjungi wisata salah satu yang ada di Kota Batu yaitu Alun-Alun Kota Batu, tidak lupa kami juga singgah di salah satu pusat oleh-oleh Kota Batu untuk membeli jajanan khas,  hingga akhirnya tidak terasa waktu menujukkan pukul 20.00 WIB. Setelah makan malam dan jalan- jalan di Alun Alun Kota Batu kami rombongan akhirnya kembali pulang ke Kediri, Alhamdulillah pukul 22.00 WIB tepat kami tiba di IIK Bhakti Wiyata Kediri dengan selamat.

Sambutan oleh pembina UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata
Pengenalan Hayunanto Medical Center
Kami berkesempaan melihat-lihat susasan tempat rehabilitasi, bertemu dengan teman-teman yang sedang menjalani rehabilitasi tentunya kami juga wajib menjaga identitas pasien (gambar tampak kamar-kamar tempat mereka beristirahat)
Acara diakhiri dengan penyerahan kenang-kenagan dari kami yang diwakili oleh Ibu Ratna selaku pembina UKM PIK-M dan diserahkan langsung kepada Kepala HMC Batu
Ditutup dengan foto bersama
Kebersamaan kami di Eco Green Park

Tak terasa perjalan panjang hari itu kami lalu dengan penuh kegembiraan dan kebahagian.. rasa kekeluargaan pun semakin tercipta

Sekian cerita singkta program kerja Study Banding, semoga kami dapat berkesempatan kembali melaksanakan program kerja ini dengan cerita seru dan perjalan menraik selanjutnya

Terima kasih

Categories
Uncategorized

Peringatan Hari HIV/AIDS Sedunia

Pada hari Minggu, 2 Desember 2019, kami UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata berkolaborasi dengan UKM Tari dan UKM Paduan Suara IIKBW mengadakan acara Car Free Day (CFD) dan penandatanganan Petisi di sepanjang jalan Taman Hijau Gumul. Acara ini kami lakukan sebagai wujud peduli kami kepada ODHA (Orang-orang Dengan HIV/AIDS) karena banyak ODHA dimasyarakat yang dijauhi dan bahkan dikucilkan karena masyarakat kita salah mengartikan mengenai penularan HIV/AIDS. Acara yang kami lakukan dihadiri oleh Ibu Ajeng Harlika. M P. Si (selaku pembimbing UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata) dan Ibu Candra Dewi N, SST , M.Keb (selaku pembimbing UKM Tari IIK BW). Adapun kegiatan yang kami lakukan adalah flashmob, dance, cek kesehatan (cek gula darah, cek tekanan darah, cek kolestrol) yang dilakukan oleh anggota UKM PIK-M, iringan musik dan pertunjukkan musik dari UKM Padus, pembagian stiker dan pita merah, penandatangan petisi, dan konseling dengan psikolog yaitu Ibu Ajeng Harlika. M P. Si. Acara yang kami lakukan mendapat respon positif tidak hanya dari mahasiswa IIK Bhakti Wiyata Kediri saja melainkan dari pengunjung yang datang bahkan banyak yang ikut memberikan suara dan tanda tangan sebagai bentuk kepedulian masyarakat terhadap ODHA. Kami memberikan gebrakan baru agar masyarakat sadar bahwa ODHA bukan untuk dijauhi melainkan penyakitnya yang harus dijauhi dengan cara setiap orang kami pasangkan pita merah di dada kirinya sembari mengucapkan slogan kami yang berbunyi “Stop HIV/AIDS! Seribu Langkah Untuk Peduli Anti Diskriminasi ODHA”. Mari jauhi penyakitnya bukan orangnya.

Cek kesehatan yang meliputi cek tekanan darah, cek gula darah, dan cek kolesterol yang dilakukan oleh anggota UKM PIK-M yang tentunya sudah berkopeten
Bentuk kolaborasi kami UKM PIK-M dengan UKM Tari
Bentuk kolaborasi kami UKM PIK-M dengan UKM Padus yang senantiasa mengiringi jalannya acara dengan senandungan beberapa lagu
Penandatangan petisi, pembagian pita sekaligus stiker secara gratis bagi masyarakat yang berlalu lalang
Penutupan acara dilakukan dengan pelepasan balon secara simbolis oleh Ibu Ajeng Harlika dan ditutup dengan berfoto bersama
Inii diaa, malam perenungan sebelum puncak acara, malam perenungan diikuti oleh semua panitia yang terlibat

Seruu bukannn…

Peringatan Hari HIV/AIDS Sedunia merupakan program tahunan tetap untuk UKM PIK-M…sampai jumpa diperayaan selanjutnyaa..

Terima kasih.

Categories
Uncategorized

Pelatihan fotografi PIK-M Garuda Bhakti Wiyata

Acara Pelatihan fotografi PIK-M Garuda Bhakti Wiyata dilaksanakan pada hari Minggu, 13 Oktober 2019 pada pukul 8.00-13.00 WIB dan bertempat di perpustakaan lt. 4 gedung adipadma IIK Bhakti Wiyata Kediri. Acara pelatihan fotografi ini merupakan salah satu program kerja dari PIK-M Garuda Bhakti Wiyata yang berkolaborasi dengan komunitas fotografi “Kelas Pagi” dengan tema Human Interest, dan bapak Andik Hermawan, S.Sos. sebagai pembicara untuk memberikan materi dan praktek tentang teknik-teknik fotografi. Tema “Human Interest” sendiri diambil karena kami ingin memberikan pelatihan tentang foto tanpa caption dan memberikan arti dan makna sendiri pada fotonya. Kegiatan pelatihan fotografi meliputi materi tentang kamera, tata cara mengambil foto yang baik, teknik-teknik berfoto, serta praktek dan penilaian. Kegiatan pelatihan ini memberikan ilmu dan wawasan yang baru tentang fotografi untuk anggota PIK-M Garuda Bhakti Wiyata dan juga untuk mahasiswa IIK Bhakti Wiyata Kediri.

Pengenalan narasumber oleh moderator kece anadalan yaitu Kak Tia Ayu yang merepukan salah satu anggota UKM PIK-M
Peserta-peserta terpilih yang berkesempatan menunjukkan hasil gambar dan berkesempatan mendapatkan komentar tambahan untuk kedepannya mengenai proposrsi pengambilan gambar
Sebelum acara ditutup, tentunya ada penyerahan kenang-kenang untuk narasumber yang diserahkan oleh pembina 2 yaitu Ibu Ajeng Harlika
Ini diaa para panitia dibalik terlaksananya acara ini yang tentunya atas bimbingan pembina dan kerjasama dengan komunitas “kelas pagi”

Tunggu kegiatan kami yang kece dan seru selanjutnya… terima kasih.

Categories
Uncategorized

DIKLAT KEPENGURUSAN DAN ANGGOTA BARU

Pada hari Minggu, 27 Oktober 2019 lalu kami dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) PIK-M Garuda Bhakti Wiyata, IIK Bhakti Wiyata Kediri melaksanakan satu program kerja yaitu “Diklat kepengurusan dan anggota baru” dimana acara ini dihadiri oleh Ibu Ajeng Harlika. M Psi., Sikolog dan Ibu Frieti Vega Nella, S.ST., M.Imun selakuk kepala PBKBKA. Kegiatan diklat yang diselenggarakan ini bertujuan untuk mengasah potensi diri, mencipatakan kekompakan serta meningkatkan kebersamaan satu sama lain bagi seluruh anggota UKM PIK-M Garuda Bhakti Wiyata melalui beberapa agenda yang telah disusun oleh panitia seperti membuat yel-yel, membuat pentas seni, mengikuti games kebersamaan, serta menjawab beberapa soal untuk mengasah wawasan. Kegiatan yang berlangsung disekitar kampus Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri, tentunya disambut hangat dengan para peserta yang mengikutinya terlihat melalui semangatnya kawan-kawan mengikuti kegiatan diklat ini sampai akhir agenda.

Semangat senam pagi bersama- sama seluruh peserta dan panitia
Salah satu agenda kegiatan yaitu membuat poster dan membagi wawasan kepada masyarakat sekitar guna menambah kepercayaan diri dan kekompakan tim
Membuat yel-yel guna membakar semangat peserta dan panitia
Salah satu tim unjuk yel-yel yang telah dibuat
Nahh ini yang paling diunggu-tunggu, yaitu penampilan pentas seni
Shering ilmu bersama kakak di pos-pos materi seputar kesehatan reproduksi dan konseling