Bakti Sosial Donor Darah Dalam Rangka Menyambut Hari Ulang Tahun Lions Club Indonesia ke-52 Bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Kediri

Perwakilan dari Direktur Akademik IIK Bhakta, Lions Grup Kediri, Dosen Pembimbing UKM KSR, Panitia Pelaksana Donor Darah, Serta PMI Kota Kediri.

   Untuk Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Lions Club Indonesia, UKM Korps Sukarela Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri bekerja sama dengan Lions Club Kediri Kilisuci dan Lions Club Surabaya Shining serta Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan bakti sosial donor darah di Gedung Graha Lt.1 Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri, Sabtu(13/11).

Pelaksanaan donor darah oleh PMI Kota Kediri.

 Pembina UKM Korps Sukarela Ibu Ely Isnaeni, S. Kep., Ns., M. Kes didampingi Ketua Pelaksana Donor Darah Shima Sukma Mahardhika mengatakan, pihaknya menargetkan 100 kantong darah terkumpul dalam gelaran kali ini.

  “Untuk kepengurusan baru, ini menjadi donor darah pertama yang kami lakukan. Acara ini untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Lions Club Indonesia yang ke-52 dan juga acara rutin tahunan UKM Korps Sukarela mengadakan acara donor darah. 

  Panitia datang pukul 06.30 untuk mempersiapkan ruangan yang akan ditempati serta melakukan briefing panitia Sampai pukul 08.05 WIB kemudian PMI datang dan siap-siap menurunkan peralatan serta menata alat yang dibawa dari pihak PMI. Kemudian Acara Donor Darah dilakukan sejak pukul 08.25 WIB sampai pukul 14.02. Antusias pengunjung cukup besar, tercatat sudah memenuhi target yaitu 100 kantong darah yang terkumpul.” katanya.

  Adapun sasaran kegiatan ini adalah masyarakat umum dan mahasiswa institut ilmu kesehatan Bhakti Wiyata Kediri yang memenuhi syarat sebagai pendonor.

 Pelaksanaan donor darah kali ini, dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Para calon pendonor wajib memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, serta melakukan cek suhu tubuh melalui para petugas serta sudah melakukan vaksinasi minimal 1x vaksin. Dalam kegiatan tersebut selain Mahasiswa Institut ilmu kesehatan Bhakti Wiyata Kediri dan Masyarakat umum Kediri terlihat juga anggota Lions Club Kediri Kilisuci dan bapak ibu dosen serta Panitia donor darah juga ikut mendonorkan darahnya. 

  Setiap pendonor darah kami berikan kesempatan untuk mendapatkan doorprize. Caranya, usai diambil darahnya, kemudian mengambil undian. Ada yang mendapatkan magic com, mug IIK, handuk, lunch box, tas, dan masih banyak lagi.

Pemberian doorprize kepada pendonor yang berhasil mendapatkan undian.

  “Keterlibatan para anggota dalam kegiatan sosial tersebut merupakan bentuk kepedulian kita kepada masyarakat yang membutuhkan,” katanya. 

  “Untuk semua masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktifitas,” harapnya.