Webinar Peringatan 1 Muharram 1445 H “Momentum Evaluasi dan Refleksi Diri, Tingkatkan Takwa, Mantapkan Akhlak Mulia”

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Para pembaca yang dirahmati Allah SWT, dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1445 yang jatuh pada tanggal 18-19 Juli 2023 UKM FKI mengadakan webinar yang telah dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 30 Juli 2023 dengan menyongsong tema “Momentum Evaluasi dan Refleksi Diri, Tingkatkan Takwa, Mantapkan Akhlak Mulia”. Meskipun kegiatan pada kali ini dilaksanakan secara virtual, namun tidak menyurutkan semangat dan antusias teman-teman UKM FKI untuk berpartisipasi menyambut tahun baru Islam 1445 H.

Kali ini UKM FKI menghadirkan Ustadzah Millana Rushdiana Binti Mohammad Masruh alumni pondok pesantren Gontor Putri yang berkewarganegaraan Brunei Darussalam. Sesuai dengan tema webinar pada kali ini, beliau membawakan topik “Memperbaharui Niat”, beliau menekankan bahwasannya jika niat kita benar saat menuntut ilmu, maka bukan hanya ilmunya yang kita dapat tetapi InsyaAllah pahalanya juga akan ikut serta kita peroleh. Adapun beberapa poin penting yang disampaikan oleh beliau, yaitu :

Keutamaan Bulan Muharram, yakni :

1. Bulan mulia dan disucikan

Bulan muharram adalah satu dari empat bulan yang dimuliakan. yang membedakan dari kaum Yahudi adalah cara al quran turun kepada kita. Awalnya hadis rosul ditulis melalui kulit hewan, di daun dll.
Al-Quran & hadist adalah sumber ilmu » Al-Quran dilengkapi oleh hadits.

2. Bulan para nabi

Bulan ini berkaitan dengan mukjizat para nabi » 10 Muharram. Meliputi :
a. Allah menciptakan Nabi Adam AS & Siti Hawa.
b. Nabi Adam AS bertaubat kepada Allah & diterima oleh Allah SWT » Nabi Adam AS digoda setan untuk memakan buah kuldi, sehingga bertaubat kepada Allah SWT dan taubat diterima.
c. Nabi Nuh AS selamat dari banjir bandang & kapalnya berlabuh di bukit zuhdi.
d. Nabi Ibrahim AS selamat dari siksa api Raja Namrud » Nabi Ibrahim memenggal kepala berhala-berhala, kemudian menyisakan 1 & menaruh pisau di kepala 1 raja berhala. Lalu Raja Namrud marah dan memerintahkan Nabi Ibrahim AS untuk dibakar hidup-hidup, lalu mukjizatnya api menjadi dingin & tidak membakar Nabi Ibrahim. Mukjizat hanya untuk para nabi, untuk menjadi bukti bahwa Nabi adalah utusan Allah SWT.
e. Allah SWT mengangkat Nabi Idris AS.
f. Allah SWT mengganti sembelihan Nabi Ibrahim AS » perintah Allah menguji Nabi Ibrahim AS untuk menyembelih Nabi Ismail AS, lalu Nabi Ibrahim setuju, lalu ketika 10 Muharram Allah SWT mengganti Nabi Ismail AS dengan domba.
g. Nabi Yusuf AS dibebaskan dari penjara mesir karena fitnah Ratu Zulaikha (10 Muharram)
h. Nabi Yunus AS selamat dan keluar dari perut ikan » suatu malam ada ombak besar pada kapal yang dinaiki Nabi Yunus AS, karena ombak besar untuk mengurangi beban kapal akhirnya di undi untuk dikeluarkan & yang kena undi 3 kali adalah Nabi Yunus AS akhirnya terjun ke laut dengan melafalkan doa:
لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ ۚ
Artinya: ”Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.” karena merasa bersalah meninggalkan kaumnya.
i. Nabi Ayyub AS disembuhkan penyakitnya
j. Nabi Musa AS dan Bani Israil selamat dari Kerajaan Firaun » Nabi Musa AS menghentakkan tongkatnya dan membelah lautan lalu berjalan di dasar laut.
k. Allah SWT mengangkat Isa bin Maryam
l. Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya berpuasa Asyura.

3. Bulan utama berpuasa setelah Bulan Ramadhan

Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah pada Bulan Muharram.

4. Amalan dilipat gandakan

Bulan Muharram disebutkan bulan sebagai moment pelipat gandaan amalan yang dikerjakan.
Pada bulan muharram dianjurkan membaca amalan :
سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ العَظِيْمِ
(Maha Suci Allah dengan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah yang Maha Agung).
pahala ini akan dilipat gandakan pada bulan ramadhan.

5. Terdapat hari asyura

Dianjurkan berpuasa pada tanggal 9 dan 11 untuk pembeda dengan kaum yahudi.
Sejarah terbentuknya Adzan adalah para sahabat nabi memberi saran untuk meniup terompet, tetapi ini mirip kaum yahudi, kemudian membunyikan lonceng namun hal ini mirip kaum nasrani. Namun Nabi Muhammad menganggap bahwa Agama Kristen adalah agama yg paling dekat dengan islam. Akhirnya membunyikan lonceng, tetapi umar bin khatab berpendapat untuk tidak lonceng, tetapi teriak untuk memanggil orang-orang muslim. Akhirnya Allah SWT memberikan mimpi kepada Umar bin Khattab & Abdullah bin Zaid tentang lafal adzan. Kemudian menceritakan pada Rosulullah tentang mimpinya.

Setiap hari harus memperbarui niat, karena setelah sibuk dengan dunia sering lupa tentang tujuan-tujuan hidup. Jadi setelah niat atau meluruskan niat kepada Allah SWT maka tidak akan kecewa.
Jika riya’ sebelum melakukan amal ibadah pahalanya sudah hilang.
إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ.
“Sesungguhnya amal perbuatan itu tergantung pada niatnya.”

Setelah selesai mauidzoh hasanah dari Ustadzah Millana Rushdiana Binti Mohammad Masruh, dilanjut dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Setelah itu panitia menyajikan ice breaking berupa kuis dan memberikan doorprize untuk teman-teman anggota UKM FKI dengan perolehan nilai kuis yang tertinggi dan terbaik.

Pembukaan oleh MC Cantik Suhana.
Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Nindi Salsa Ardita.
Sambutan ketua pelaksana oleh Lutfia Miftach Jauharina.
Sambutan dosen pembimbing UKM FKI oleh Ibu Nurul Istiqomah, S.Si., M.Sc.
Pembacaan CV pemateri oleh moderator Oriza Sativa W. A.
Penyampaian materi oleh Ustadzah Millana Rushdiana Binti Mohammad Masruh yang dimoderatori oleh Oriza Sativa W. A.
Sesi tanya jawab dilanjut dengan sesi kuis dan acara ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Ustadzah Millana Rushdiana Binti Mohammad Masruh.
Sesi foto bersama.

Begitulah rangkaian kajian dalam rangka peringatan Muharram 1445 H pada hari Minggu kemarin. Semoga kita menjadi umat yang senantiasa melakukan amalan-amalan yang niatnya selalu kita dasarkan pada ridha Allah SWT dan senantiasa dibukakan berkah pintu rahmat-Nya dalam perjalanan meningkatkan ketaqwaan kita kepada-Nya. Aamiin.

Sampai jumpa di event UKM FKI selanjutnya dengan tema yang lebih menarik lagi. Ikuti instagram @fki_iikbw untuk informasi lainnya

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.