DEBAT CALON GUBERNUR BEM FKG IIK BHAKTA 2022/2023

Dalam rangka pemilihan Gubernur BEM FKG Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata periode 2022/2023 dan sebagai agenda tahuhan Badan Eksekutif Mhasiswa Fakultas kedokteran Gigi IIK Bhakti Wiyata, maka dilaksanakan program kerja Debat Gubernur BEM FKG 2022/2023 pada tanggal 04 Agustus 2022. Dengan adanya program kerja debat ini, akan membantu mahasiswa – mahasiswa IIK Bhakta untuk mengenal lebih dekat dan memberi pandangan terhadap para kandidat calon Gubernur BEM FKG dan juga sebagai sarana memperkenalkan serta menyampaikan Visi dan Misi dari masing – masing kandidat.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan jadwal yang berbeda dengan program kerja debat pada organisasi lainnya. Kegiatan ini kami langsungkan melalui aplikasi ZOOM Could Meeting yang telah kami persiapkan dengan sebaik mungkin. Kegiatan ini juga berjalan dengan lancar walaupun dilaksanakan ditengah pandemic ini dan walaupun acara ini dilaksanakan secara daring/virtual, sama sekali tidak mengurangi suasana yang penuh semangat dan cukup menegangkan antar kandidatnya.
Acara ini diawali dengan pengenalan serta penyampaian visi dan misi oleh masing-masing kandidat. Dimulai dari kandidat nomor urut terkecil yaitu dengan rincian:
1.      Misbahkhul Amri Anro
2.      Wahyu Andrianti Permata Sari
3.      Achmad Khoiruzzadit Taqwa
4.      M. Mirza Nur Rahman
Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diberikan audience dan masing-masing juri yang terdiri dari:
·         drg. Afrida Nurmalasari., M.Kes
·         drg. Catur Septommy., MDSc
·         drg. Mara Agustina, MDSc
·         drg. Ahmad Gigih Andy Putra
Selanjutnya adalah acara debat inti antar kandidat yang dibagi menjadi sesi 1 dan sesi 2, dan sebelum itu maka dilakukan pembagian secara acak menjadi 2 tim yaitu tim opposition dan tim goverment dimana masing-masing timnya terdiri dari 2 kandidat. Setelah terbagi menjadi 2 tim maka dilanjutkan dengan pembacaan kebijakan dan pembacaan kasus pertama yang dibacakan langsung olhe moderator. Kemudia diberikan waktu selama 5 menit untuk berpikir dan setelah waktu habis, moderator langsung mempersilahkan tim opposition untuk menyampaikan pendapatnya yang diberikan waktu selama 5 menit untuk 2 kandidat. Kemudian setelah waktu habis moderator langsung mepersilahkan tim lawan yaitu tim government untuk menyampaikan pendapatnya. Sesi 1 acara debat ini diberikan waktu selama 30 menit dan diakhiri dengan penyampaian pemenang yang disampaikan langsung oleh tiap juri terhadap tim government dan tim opopsition. Setelah sesi 1 acara debat berakhir dilanjutkan dengan sesi 2 acara debat dengan mekanisme dan sitem kerja yang sama.
Dengan adanya program kerja debat ini, akan menjadi sarana dalam rangka membantu para kandidat memperkenalkan diri dan menyampaikan visi,misi, dan juga kelebihan masing-masing yang dimiliki oleh setiap kandidatnya.