Tips Memilih Kampus Kesehatan yang Baik

Perhatikan hal ini jika kamu ingin kuliah kesehatan

Memilih perguruan tinggi yang baik – Banyak siswa lulusan SMA yang masih bingung menentukan program studi (jurusan) apa yang akan dipilih setelah lulus kuliah nanti. Hal ini wajar karena banyak sekali bidang keahlian yang tersedia di luar sana. Namun ada bidang yang paling memberikan banyak keuntungan (benefit) bagi siswa, yakni Bidang Kesehatan.

Baca juga :
Alasan Kenapa Kita Harus Memilih Sekolah Kesehatan

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan bagi siswa / mahasiswa lulusan kesehatan, seperti masih banyaknya tenaga kesehatan yang dibutuhkan oleh Pemerintah, serta berbagai alasan yang ada di tulisan yang dapat Anda baca di : Alasan Kenapa Kita Harus Memilih Sekolah Kesehatan

Bagi Anda yang telah menentukan pilihan melanjutkan kuliah di bidang kesehatan, maka penulis ucapkan SELAMAT, karena tinggal selangkah lagi Anda akan menjadi pengabdi masyarakat. Bekerja secara profesional dan sekaligus menjalankan misi kemanusiaan, yakni meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia secara khusus, dan dunia pada umumnya.

Sebelum melangkah melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi (perguruan tinggi), ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih perguruan tinggi yang bagus, agar perguruan tinggi yang Anda pilih memiliki sumber daya yang mupuni dan dapat mencetak Anda sebagai lulusan tenaga kesehatan yang profesional.

Laboratory assistants work in scientific medical chemical or biological lab setting experiments Free Vector

Perguruan tinggi kesehatan / pendidikan tinggi kesehatan yang bisa menjadi pilihan Anda antara lain :

  1. Institut Ilmu Kesehatan – IIK
  2. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan – STIKES
  3. Universitas – Univ
  4. Akademi Kesehatan – Akper, Akbid, dll

Anda bebas memilih jenis perguruan tinggi tersebut, namun pastikan memiliki minimal 10 keunggulan yang dimiliki oleh perguruan tinggi kesehatan tersebut. Bagaimana cara memilih sekolah kesehatan, perguruan tinggi kesehatan, kampus kesehatan, atau universitas kesehatan yang bagus dan baik? simak ulasannya di bawah ini :

1. Terakreditasi dan Diakui Pemerintah (RESMI)

Kampus Terakreditasi

Lembaga akreditasi nasional yang diakui oleh pemerintah adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), serta Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Pastikan kampus yang Anda incar telah memiliki akreditasi resmi tersebut, seperti halnya IIK Bhakti Wiyata. Anda dapat mengecek akreditasi perguruan tinggi dengan mengunjungi website resmi BAN-PT dan LAM-PTKes di link berikut ini :

  1. Cek akreditasi BAN-PT : www.banpt.or.id
  2. Cek akreditasi LAM-PTKes : www.lamptkes.org
  3. Cek profil akreditasi IIK Bhakti Wiyata : forlap.risekdikti.go.id

2. Mengikuti Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)

Kurikulum KKNI

Sangat penting bahwa pendidikan tinggi yang Anda incar harus mengikuti KKNI. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah kerangka penjenjangan kualifikasi sumber daya manusia Indonesia yang menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan sektor pendidikan dengan sektor pelatihan dan pengalaman kerja dalam suatu skema pengakuan kemampuan kerja yang disesuaikan dengan struktur di berbagai sektor pekerjaan.

Dengan begitu, Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata menerapkan KKNI sebagai kurikulum pembelajaran.

3. Kerjasama Internasional

Kerjasama Internasional

Kerja sama internasional merupakan indikasi bahwa perguruan tinggi telah memiliki banyak pengalaman, dan memperluas wawasan dengan menjalin kerja sama dengan pendidikan tinggi dari negara lain.

Demi terus meningkatkan kualitas pendidikan, IIK Bhakti Wiyata terus memperluas jalinan kerja sama internasional dalam upaya meningkatkan pelayanan pendidikan.

4. Tenaga pengajar berkompeten (S2 dan S3)

Pengajar Berkompeten

Tenaga pengajar yang berkualitas merupakan faktor utama dalam memberikan pelayanan pendidikan yang maksimal, serta mempengaruhi keberhasilan dalam meluluskan tenaga kesehatan yang profesional.

Demi mendukung kualitas pembelajaran yang maksimal, IIK Bhakti Wiyata terus meningkatkan kualitas dosen dengan kualifikasi pendidikan S2 dan S3.

5. Berpengalaman Bertahun-tahun

Berpengalaman

Kampus yang memiliki pengalaman bertahun-tahun mengindikasikan bahwa perguruan tinggi tersebut telah dipercaya oleh masyarakat luas dalam meluluskan alumni tenaga kesehatan yang berkompetensi dan profesional.

IIK Bhakti Wiyata telah berdiri lebih dari 30 tahun sejak tahun 1985.

6. Prestasi Dosen hingga taraf Internasional

Prestasi Dosen

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa dosen merupakan salah satu indikator dalam menilai kualitas pendidikan di sebuah perguruan tinggi. Melihat kualitas dosen yang baik tentunya dengan melihat prestasi yang pernah diraih dosen, salah satuya adalah pernah meraih prestasi di kancah internasional.

Dosen di IIK Bhakti Wiyata telah memiliki prestasi hingga taraf internasional.

7. Fasilitas utama pendidikan kesehatan lengkap

Fasilitas Utama

Fasilitas kampus kesehatan merupakan kunci keberhasilan dalam menjalankan proses pembelajaran para mahasiswa kesehatan. Fasilitas merupakan hal penungjang yang paling pokok bagi sebuah instansi pendidikan, terutama pendidikan kesehatan. Fasilitas yang memadai dan lengkap tentu akan membantu proses pembelajaran, apa lagi kuliah kesehatan di kampus kesehatan sudah pasti memerlukan peralatan dan laboratorium yang lengkap, serta fasilitas lengkap.

Di IIK Bhakti Wiyata telah disediakan 63 laboratorium serta fasilitas umum yang sangat banyak. Informasi fasilitas pendidikan kesehatan bisa Anda lihat di Fasilitas Lengkap Kampus Kesehatan IIK Bhakti Wiyata di link berikut : Fasilitas IIK Bhakti Wiyata Lengkap.

8. Lingkungan kampus yang nyaman dan strategis

Lingkungan Strategis

Lingkungan kampus yang nyaman pasti akan membuat kegiatan perkuliahan semakin maksimal.

IIK Bhakti Wiyata berdiri di lahan seluas lebih dari 2 hektar, dan berbagai gedung yang di dalamnya terdapat fasilitas umum yang memberikan kenyamanan bagi mahasiswa. Seperti ruang kelas yang nyaman, kantin modern dengan pemesanan digital, perpustakaan yang nyaman untuk belajar dan bersantai, gymn untuk exercise, lapangan olah raga, serta lokasi-lokasi menarik lainnya.

9. Pengembangan softskill, minat dan bakat

Pengembangan Softskill

Sebuah kampus wajib memiliki wadah yang dapat menampung kreatifitas, melatih softskill, minat dan bakat mahasiswa. Karena dengan demikian kampus dapat mencetak lulusan yang berkarakter dan adaptif bagi perkembangan jaman.

Demi mencetak lulusan yang berkarakter serta memiliki daya saing yang tinggi, maka kampus kesehatan IIK Bhakti Wiyata menyediakan berbagai wadah pengasah kreatifitas, bakat dan softskill berupa BEM dan UKM, mulai dari bidang seni budaya, olah raga, kewirausahaan, pengetahuan, religius/agama, serta bidang lainnya.

10. Reputasi baik dalam rekrutmen lulusan

Reputasi Baik

Memiliki reputasi baik dalam rekrutmen maksudnya, lulusan dari perguruan tinggi kesehatan tersebut banyak dicari oleh perusahaan atau instansi penerima kerja. Ini berarti sekolah kesehatan tersebut memiliki reputasi / dikenal bagus dalam mencetak lulusan yang profesional.

Lulusan IIK Bhakti Wiyata selalu dicari oleh perusahaan-perusahaan, bahkan sebagian besar telah mendapat kerja sebelum wisuda. Kampus kesehatan IIK Bhakti Wiyata juga telah menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan dalam menyerap lulusan dan bekerja sesuai dengan kompetensi dan profesionalitasnya.

Itulah tadi berbagai kriteria dalam memilih kampus kesehatan yang bagus dan berkualitas. Pastikan sekolah kesehatan / kampus kesehatan / kuliah kesehatan yang Anda incar memenuhi 10 kriteria kampus kesehatan terbaik tadi.