Kategori
Uncategorized

LOMBA DESAIN POSTER UKM K3 IIK BHAKTA 2022

Halo, salam K3

Pada kesempatan kali ini, UKM K3 Bhakti Wiyata menyelenggarakan lomba desain poster dengan tema “Penerapan Budaya K3 Pada Institusi Pendidikan”. Lomba ini dikhususkan untuk siswa/siswi SMA sederajat dan juga mahasiswa/mahasiswi umum. Untuk Benefit yang akan diperoleh seluruh peserta yaitu e-sertifikat. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 12 sampai 23 Mei 2022.

Berikut adalah timeline kegiatan lomba poster

  • 12-18 Mei 2022           : Pemberitahuan dan Pendaftaran
  • 20 Mei 2022                : Pengumpulan Karya
  • 22 Mei 2022                : Penilaian
  • 23 Mei 2022                : Pengumuman

Pemberitahuan lomba disebarluaskan melalui media sosial, lalu peserta yang ingin mengikuti kegiatan lomba mendaftar dengan mengisi form pada link yang tersedia. Setelah semua peserta mengumpulkan karyanya maka dilakukan penilaian poster oleh Bu Krisnita Dwi Jayanti, S.KM., K.Epid. dan juga Bu Ningsih Dewi Sumaningrum, S.KM., M.K.K.K. Pemenang lomba desain poster diumumkan melalui media Instagram.

Di bawah ini adalah juara 1 sampai 3 lomba desain poster

Juara 1 : TAUFIKUR ROHMAN

Juara 2 : SYAHRUL RAMADHAN

Juara 3 : MUHAMMAD IKHWAN ZAKI

Kategori
Uncategorized

TRAINING APAR UKM K3 IIK BHAKTA 2022

UKM Kesehatan dan Keselamatan Kerja telah menyelanggarakan progam kerja yaitu pelatihan anggota. Dalam menyelenggarakan kegiatan ini kami mengambil tema “Keeping Your Safe and Other’s Safe” yang dilakasanakan pada tanggal 30 Januari 2022 pukul 08.00-selesai. Acara ini dilaksanakan secara offline yang bertempat di Lab. AVA IIK Bhakti Wiyata dengan pemateri antara lain :

1. Bpk. Teguh Wiyono

2. Bpk. Kasianto

3. Bpk. Robiyanto

4. Bpk. Sutrisno

5. Bpk. Sumali

Acara ini dimulai dengan memberitahukan kepada anggota ukm k3 dengan menggunakan media sosial. Pendaftaran dilaksanakan melalui google formulir.

Pada pelaksanaan pelatihan anggota ini dilakukan secara offline yang dimulai dengan persiapan panitia pada pukul 07.00 WIB kemudian peserta melakukan registrasi pada pukul 08.00 WIB jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan ini ada 39 orang. Pembukaaan dilaksanakan pada jam 08.30 WIB oleh perwakillan panitia yaitu Nur Lathifa Prabawati sebagai MC acara kegiatan pelatihan anggota. Pada pukul 08.40 WIB menyanyikan lagu Indonesia Raya dan hymne IIK Bhakti Wiyata. Kemudian pada pukul 08.55 WIB dilanjutkan dengan sambutan ketua pelaksana pelatihan anggota UKM K3. Pukul 09.10 WIB dilaksanakan pembacaan do’a oleh Saudari Manis Lika Sagita. Selanjutnya pada pukul 09.15 WIB diisi materi dari damkar (Pengenalan APAR dan Penggunaan APAR). Pada pukul 10.00 WIB dilaksanakan praktek APAR di halaman Adipadma. Kemudian pada pukul 11.30 WIB dilaksanakan istirahat terlebih dahulu. Lalu peserta kembali menuju Lab. AVA. Pada pukul 11.40 WIB dilaksanakan penutupan dan penyerahan souvenir kepada pihak damkar Kota Kediri. Terakhir, pada pukul 11.45 WIB peserta diperbolehkan untuk pulang ke rumah masing-masing.

Acara pelatihan anggota ini berakhir pada pukul 11.45 WIB.

LAMPIRAN

Kategori
Uncategorized

SEMINAR ONLINE

UKM Kesehatan dan Keselamatan Kerja telah menyelenggarakan program kerja yaitu seminar online. Dalam menyelenggarakan kegiatan ini kami mengambil tema “Strategi Peningkatan Performa K3 Dalam Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Produktif Melalui Pendekatan Higiene Industri Dan Kesehatan Kerja”  yang dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2021 pukul 08.00-selesai Via Zoom Metting, dengan pemateri yaitu

Hikmawan Suryanto, S.KM., M.Kes ( Praktisi Dinkes Kota Probolinggo)

Ekawati Wasis Wijaya., S.KM., M.Kes ( Dosen IIK Bhakti Wiyata Kediri)

Acara ini dimulai dengan memberitahukan kepada mahasiswa/i IIK Bhakti Wiyata dengan menggunakan media sosial, anggota UKM K3 dan juga milik UKM K3 sendiri. Pendaftaran dilaksankan melalui googlefrom dan terbuka untuk Mahasiswa/i dan masyarakat Umum.

Pada pelaksanaan seminar online melalui zoom meeting, dimulai dengan persiapan panitia pada pukul 06.30 WIB. Kemudian peserta memasuki zoom meeting pada pukul 07.50 WIB. Jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan seminar ada 202 orang. Pembukaan dilaksanakan pada pukul 08.15 WIB  oleh perwakilan panitia yaitu Amalia Nur Shafa N selaku MC acara seminar online UKM Kesehatan dan Keselamatan Kerja 2020/2021 sebelum acara dimulai peserta diwajibkan absen terlebih dahulu melalui link yang dikirim di room chat,  pada pukul 08.25 WIB dilanjutakn dengan sambutan ketua pelaksana yaitu Nanda Ferlyansin Tersandy. Setelah itu lanjut sambutan kepada Deputi yaitu Bapak Indra Cahyadinata.SSt.FT , sambutan kepada dosen pembimbing 1 yaitu Ibu Krisnita Dwi Jayanti.,S.KM.,M.Epid dan sambuatan kepada dosen pembimbing 2 yaitu Ibu Paramita Ratna Gayatri, S.Kep., Ns., M.Kes. Kemudian pada pukul 08.45 WIB, masuk ke acara inti yang dipandu oleh Ken Sasandra Limpad Patari dengan pemateri 1 yaitu Bapak Hikmawan Suryanto, S.KM, M.Kes (Praktisi Dinkes Kota Probolinggo) dan dilanjut sesi tanya jawab. Pada pukul 09.50 WIB masuk pada pemateri yang ke 2 yaitu Ibu Ekawati Wasis Wijaya., S.KM, M.Kes (Dosen IIK Bhakti Wiyata Kediri) lanjut sesi tanya jawab.

Acara seminar berakhir pada pukul 11.30 WIB, sebelum mengakhiri acara peserta diwajibkan absen terlebih dahulu memalui link yang dikirim melalui room chat. Acara seminar telah selesai yang diakhiri dengan pembacaan doa serta penutup.

LAMPIRAN

Kategori
Uncategorized

PERINGATAN BULAN K3

Hallo, salam K3 Safety first

Dalam memperingati “BULAN K3 TAHUN 2021” UKM K3 IIK Bhakti Wiyata menyelenggarakan lomba desain poster. Dalam kegiatan ini kami mengambil tema “My Safety Campaign in Laboratorium/ Rumah Sakit”. Kegiatan lomba ini diselenggarakan pada tanggal 13 sampai 21 Februari 2021.

Acara ini dimulai dengan pemberitahuan kepada mahasiswa/i IIK Bhakti Wiyata menggunakan media sosial panitia, anggota UKM K3, dan juga milik UKM K3 sendiri pada tanggal 13 – 17 Februari 2021. Pendaftaran dilaksanakan bersamaan dengan pemberitahuan mengenai lomba dan dibuka bagi Mahasiswa se – Kediri Raya.

Selang  sehari setelah pendaftaran peserta, dilakukan pengumpulan desain poster yaitu tanggal 18 Februari 2021 melalui Google Form yang dibuka dari jam 07.00 – 23.59. Setelah pengumpulan, dilakukan penilaian desain poster oleh Bu Kristina Dwi Jayanti, S.KM, K.Epid. sebagai juri. Kriteria Penilaian dalam lomba ini adalah sebagai berikut :

  1. Orisinalitas karya
  2. Kesesuaian tema dan unsur teknis
  3. Kedalaman eksplorasi tema, serta komunikasi dalam menyampaikan pesan
  4. Inovasi dan sisi artistik penyajian visual

Pada tanggal 21 Februari 2021 baru dilakukan pengumuman pemenang melalui media sosial UKM K3, dengan hasilnya adalah sebagai berikut (terlampir) :

  • Juara 1 = Gloria Martasya Prabowo
  • Juara 2 = Nadila Putri Alifia
  • Juara 3 = Tania Trisna Putri

Kategori
Uncategorized

KEGIATAN PERINGATAN HARI K3 DAN SOSIALISASI BERSAMA KELOMPOK TANI

UKM K3 IIK Bhakti Wiyata Kediri telah melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada Kelompok Tani dalam rangka Peringatan Hari K3 pada tanggal 16 Februari 2020 di Balai RW 3 Kelurahan Ngletih, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. Kegiatan dilaksanakan dengan mengundang  Bapak Basuki  selaku Ketua Kelompok Tani 3 dan pembimbing UKM K3 Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Bu Ningsih D.S. S.KM., M.K.K.K.

Kami memilih Petani sebagai sasaran kegiatan ini dikarenakan kami memiliki beberapa tujuan yaitu untuk Meningkatkan kesadaran pentingnya mengenakan APD saat bekerja, Terwujudnya budaya K3 pada masyarakat, Meningkatkan penerapan K3 menuju masyarakat mandiri berbudaya K3. Sehingga dalam kegiatan ini kami mengambil tema “Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya K3 pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi 2020”. Kegiatan dilaksanakan pada pukul 19.00 – 21.00 WIB. Sebelum memulai inti acara dilakukan sambutan terlebih dahulu yang dibuka oleh Bapak Basuki selaku Ketua Kelompok Tani 3 lalu disambung oleh sambutan ketua pelaksana dan doa bersama. Kemudian penyampaian materi dilaksanakan oleh Pembimbing UKM K3 dengan menyampaikan materi mengenai program alternatif pengusir hama tikus di sawah dengan cara membudidayakan burung hantu di daerah persawahan.

Setelah selesai penyampaian materi oleh pembimbing UKM K3, kegiatan ditutup dengan dilanjutkan pemberian cinderamata kepada Bapak Basuki selaku Ketua Kelompok Tani 3 dan pemberian capil untuk setiap pesert. Pemberian capil bertujuan sebagai salah satu bentuk APD para petani yang harus digunakan pada saat melakukan kegiatan bercocok tanam. Setelah pemberian cinderemata dan capil kemudian dilakukan sesi foto bersama.

                Dengan dilaksanakannya sosialisasi dan sharing bersama Kelompok Tani dalam rangka kegiatan Peringatan Hari K3 maka banyak sekali pelajaran dan pengalaman dari masyarakat khususnya para petani Kelurahan Ngletih yang kami terima. Selain itu dengan adanya kegiatan ini pula, UKM K3 perlahan mulai dikenalkan ke masyarakat yang mana UKM kami juga membawa informasi mengenai pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam kehidupan sehari – hari.

DOKUMENTASI

PESERTA MENGISI DAFTAR KEHADIRAN

SAMBUTAN OLEH KETUA KELOMPOK TANI MAKMUR 3 DAN DI LANJUT SHARING MATERI OLEH PEMBIMBING UKM K3

PEMBERIAN CINDERAMATA KEPADA KETUA KELOMPOK DAN ANGGOTA KELOMPOK TANI MAKMUR 3

SESI FOTO BERSAMA KELOMPOK TANI MAKMUR 3

Kategori
Uncategorized

KEGIATAN OUTBOUND UKM K3 IIK BHAKTI WIYATA KEDIRI

UKM K3 IIK Bhakti Wiyata Kediri telah menyelenggarakan kegiatan Outbound dan simulasi bencana pada hari Minggu, 22 Desember 2019 yang berlokasikan di Taman Tirtayasa. Peserta dari kegiatan ini tidak hanya untuk anggota UKM K3 saja, melainkan beberapa mahasiswa di luar UKM K3 dapat berpartisipasi juga. Kegiatan ini mengusung tema “Siap dan Sigap Hadapi Bencana” dengan menghadirkan pembicara dari BPBD Kota Kediri. Kegiatan tersebut sukses dilaksanakan meski merupakan program kerja yang baru pertama kali diselenggarakan oleh pengurus UKM K3.

Tujuan kegiatan outbound dan simulasi bencana tersebut yaitu membangun kekompakan antar anggota UKM K3 dan menambah pengetahuan serta wawasan. Diawali dengan senam pagi menjadikan peserta dan panitia kegiatan tersebut semakin semangat mengikuti kegiatan. Kemudian setelah senam selesai, dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait kesiapan dan kesigapan dalam menghadapi bencana oleh bapak Adhi selaku Pimpinan dari BPBD Kota Kediri. Beliau memberikan simulasi menghadapi kebakaran juga upaya penyelamatan kepada penyandang disabilitas.

Sampailah pada puncak dari kegiatan tersebut yaitu game seru yang bertujuan untuk membangun kerja sama antar anggota UKM K3. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian diminta untuk menyuarakan yel-yel sebelum memulai game pada tiap-tiap pos.

Kegiatan outbound dan simulasi bencana tersebut ditutup dengan foto bersama dan pemberian cinderamata kepada pemateri yang diwakili oleh ibu Ningsih D. S., S. KM., M. K. K selaku pembina dari UKM K3 IIK Bhakti Wiyata Kediri.

DOKUMENTASI

Senam Pagi Bersama Pihak Taman Tirtayasa

Materi oleh BPBD

Simulasi Memadamkan Api

Games Outbound oleh Pihak Taman Tirtayasa

Pemberian Cinderamata

Foto Bersama

Kategori
Uncategorized

All About UKM K3 IIK BHAKTI WIYATA KEDIIR

K3 adalah bagian penting dari produktivitas bisnis dan daya saing karena K3 memberikan manfaat yang baik bagi bisnis, terkait dengan peningkatan kinerja dan profitabilitas.

UKM K3 di Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang K3. Kegiatan dari UKM k3 sangat menarik dan juga menyenangkan dari adanya game saat waktu ukm dan juga materi materi yang di berikan sangat menarik. Adapun materi yang disampaikan yaitu sejarah K3, rambu-rambu K3, serta bagaimana memperagakan safety induction maupun membaca teks narasi safety induction dan masih banyak lagi.


Selain mengadakan kegiatan dalam kampus dengan pembelajaran dan game sederhana, UKM K3 juga mengadakan kegiatan lain di luar kampus. Adapun kegiatan yang telah dilakukan yaitu Outbound dan Simulasi Bencana di Taman Tirtayasa yang menghadirkan pembicara BPBD dengan materi yang disampaikan Siap Siaga Dalam Menghadapi Gempa Bumi dan Kebakaran. Tujuan diadakannya kegiatan ini selain untuk refreshing, anggota juga dikenalkan dan sharing sehingga lebih mengenal kembali budaya K3. Kegiatan berikutnya ialah Sosialisasi kepada Kelompok Tani dalam rangka Peringatan Hari K3. Kami mengambil tema kegiatan “Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya K3 pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi 2020. Dengan pemateri pembimbing UKM K3 ibu Ningsih D.S. S.KM., M.K.K.K sebagai pemateri. Pada kesempatan tersebut, bu Ningsih menyampaikan materi mengenai program alternatif pengusir hama tikus di sawah dengan cara membudidayakan burung hantu di daerah persawahan.

Dengan adanya Ukm K3 di Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri diharapkan mampu lebih mengenal budaya K3, sebab implementasi budaya K3 dinilai efektif dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat, aman, nyaman, dan kondusif. Sehingga terhindar dari penyakit akibat kerja, kecelakaan saat kerja, dan produktivitas kerja lebih meningkat.

DOKUMENTASI

Kategori
Uncategorized

Sejarah K3

APA SIH K3 ITU?

Menurut International Labour Organization (ILO), Keselamatan dan kesehatan kerja atau K3 adalah sebuah ilmu untuk mengantisipasi, merekognisi, mengevaluasi dan mengendalikan bahaya yang muncul dari tempat kerja yang dapat merusak kesehatan serta kesejahteraan para pekerja, masyarakat sekitar dan lingkungan secara umum. Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan kepanjangan dari K3.

BAGAIMANA SEJARAH K3 DI DUNIA DAN INDONESIA?

Sejarah K3 didunia

Di tahun 1957, diselenggarakan seminar nasional Higiene Perusahaan serta Keselamatan Kerja K3 dengan topik penerapan Keselamatan Kerja Untuk Pembangunan. Di bulan Februari 1990, Fakultas Kedokteran Unissula yang bekerjasama dengan Rumah Sakit Sultan Agung Semarang untuk mengadakan symposium gangguan pendengaran dikarenakan kegiatan kerja yang di buka oleh Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia.

Sejarah K3 di Indonesia

Sejarah keselamatan kerja di Indonesia (k3) di mulai setelah Belanda hadir ke Indonesia pada era ke-17 hingga muncul perundang-undang tentang kerja ketel uap di tahun 1853. Dikarenakan jumlah ketel uap untuk industri yang dipakai semakin bertambah, maka di tahun 1890 dikeluarkan ketentuan mengenai pemasangan serta penggunaan jaringan listrik di lokasi Indonesia. Kemudian pada tahun 1907, dikeluarkannya ketentuan mengenai pengangkutan obat, senjata, petasan, peluru serta beberapa bahan yang bisa meledak serta berdampak pada keselamatan kerja.

UU pengawasan kerja yang berisi kesehatan serta keselamatan kerja atau K3 dikeluarkan tahun 1916, kemudian pada tahun 1927 lahirlah UU masalah kemudian pada tahun 1930 pemerintah Hindia Belanda membuat revisi kembali mengenai undang-undang tersebut.

Memasuki era Proklamasi, UU mengenai kerja serta kecelakaan khususnya tersangkut permasalahan kompensasi mulai dibuat. Di tahun 1957 didirikanlah Instansi Kesehatan serta Keselamatan Kerja. Hingga pada tahun 1970, UU No. I mengenai Keselamatan Kerja dibuat. Kemudian pada tahun 1969, berdirilah ikatan Higiene Perusahaan, Kesehatan serta keselamatan kerja, dan di tahun 1969 dibuat laboratorium keselamatan kerja.

Yang dikenal sebagai Bapak K3 yaitu Bernardin Ramazzini, dengan bukunya De Morbis Artrificum Diatriba yang menguraikan tentang berbagai jenis penyakit yang timbul berkaitan dengan pekerjaan.

APA SIH TUJUAN DARI K3 ITU?

Tujuan dari K3

  • Mempertahankan dan mempromosikan kesehatan dan kapasitas pekerja
  • Peningkatan lingkungan kerja dan bekerja untuk menjadi lebih kondusif dalam arti keselamatan dan kesehatan kerja
  • Pengembangan organisasi kerja dan budaya kerja dalam arah yang mendukung prinsip keselamatan dan kesehatan kerja sehingga dapat mewujudkan iklim sosial yang positif dan meningkatkan produktifitas.

APAKAH K3 ITU PENTING?

Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) merupakan kajian yang penting agar dapat meningkatkan produktifias kerja karyawan. Bila perusahaan secara khusus memperhatikan K3 maka, karyawan dapat bekerja dengan aman, tentram dan produktif dalam bekerja.