Kategori
Uncategorized

Pelatihan Anggota UKM K3 “Self Rescues”

Dengan Tema Pekan Pameran (Pengenalan Kebakaran, Gempa Bumi, dan Menyelamatkan Diri dari Keramaian)

UKM Kesehatan dan Keselamatan Kerja telah menyelenggarakan program kerja yaitu pelatihan anggota UKM K3 “Self Rescues”. Dalam menyelenggarakan kegiatan ini kami mengambil tema “Pekan Pameran (Pengenalan Kebakaran, Gempa Bumi, dan Menyelamatkan Diri dari Keramaian)” yang dilaksanakan pada tanggal 05 Februari 2023 pukul 08.00-selesai secara tatap muka, dengan pemateri yaitu bapak Teguh Wiyono selaku petugas Damkar kota Kediri

Acara ini dimulai dengan memberitahukan kepada mahasiswa/i IIK Bhakti Wiyata dengan menggunakan media sosial, anggota UKM K3 dan juga milik UKM K3 sendiri. Pendaftaran dilaksankan melalui googlefrom dan terbuka untuk anggota dari UKM K3 .

Pada pelaksanaan kegiatan ini, dimulai dengan persiapan panitia pada pukul 06.30 WIB. Kemudian peserta memasuki ruangan lab ava pada pukul 08.00 WIB.. Jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan pelatihan sebesar orang. Pembukaan dilaksanakan pada pukul 08.15 WIB  oleh perwakilan panitia yaitu Alfanty Mega Kusuma selaku MC acara kegiatan pelatihan anggota UKM  Kesehatan dan Keselamatan Kerja 2023/2024 sebelum acara dimulai peserta diwajibkan absen terlebih dahulu melalui link yang telah disedikan,  pada pukul 08.50 WIB dilanjutakan dengan pembacaan doa yang dipandu oleh Muhammad Beryl I.K. Kemudian dilanjutkan sambutan ketua pelaksana yaitu Mohammad Rifkianto. Setelah itu lanjut sambutan kepada dosen pembimbing yaitu Ibu Krisnita Dwi Jayanti.,S.KM.,M.Epid. Sebelum masuk pada acara inti anggota pelatihan UKM K3 melakukan pre test dan kemudian pada pukul 09.20 WIB, masuk ke acara inti yaitu pemaparan Materi APAR. Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi dan Keramaian. Kemudian dilanjut dengan Praktik Penggunaan APAR di halaman Adipadma dengan tim damkar.

Acara pelatihan anggota UKM K3 berakhir pada pukul 13.10 WIB, sebelum mengakhiri acara peserta diwajibkan absen terlebih dahulu dan mengisi post test melalui link yang telah disedikan sekaligus menyerahkan atribut (badge) kepada anggota pelatihan UKM K3.

DOKUMENTASI

Kategori
Uncategorized

Pelatihan Anggota UKM K3

Dengan Tema Api Gencar (Cari Tau tentang APAR, Menangani Kebakaran dan Evakuasi Diri)

UKM Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) telah melaksanakan program kerja yaitu Pelatihan Pemadaman Kebakaran “Api Gencar” yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 02 Maret 2024 pukul 08:00 s/d selesai dengan Putri Pertama Daniati sebagai penanggung jawab dan Rendi Budi Putra Pratama sebagai ketua pelaksana. Kegiatan pelatihan ini bekerja sama dengan Pemadam Kebakaran Kota Kediri dan diikuti oleh seluruh anggota UKM K3 IIK Bhakti Wiyata Kediri periode 2023/2024.

Pelatihan yang diberikan merupakan pelatihan dasar bagaimana cara memadamkan api, bagaimana menyikapi, dan tindakan tepat seperti apa yang harus diambil ketika dalam situasi kebakaran.
Pelatihan ini dilakukan secara offline serta di dalam pelaksanaannya anggota UKM K3 juga belajar mengenai bagian-bagian dari APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan cara menggunakannya. Terdapat juga demonstrasi pemadaman api menggunakan APAR. Cara menggunakan APAR adalah sebagai berikut :

  1. Menarik atau melepas pin pengunci tuas APAR/tabung pemadam,
  2. Arahkan selang ke titik pusat api,
  3. Tekan tuas untuk mengeluarkan isi APAR,
  4. Sapukan corong secara merata sampai api padam.

Setelah memahami teori dan arahan yang telah dijelaskan oleh damkar, anggota UKM K3 diberikan kesempatan untuk mempraktekkan cara mengggunakan APAR. Simulasi dilakukan sesuai instruksi dari Petugas Damkar dan sudah dipastikan menggunakan bahan-bahan yang tidak berbahaya.
Simulasi pemadaman kebakaran ini dimulai dengan menyalakan api dalam tong dan pemadaman api dilakukan menggunakan karung yang sudah dibasahi dan menggunakan APAR. Antusiasme terlihat dari anggota UKM K3 ketika simulasi ini dilakukan.

Harapannya dengan diadakannya pelatihan ini, anggota UKM K3 IIK BHAKTA dapat membantu lingkungan sekitar dalam hal pencegahan dan penaggulangan kebakaran serta melakukan pertolongan pertama pada saat terjadi kebakaran.

Tak lupa diakhir rangakain kegiatan “Api Gencar” ini seluruh anggota UKM K3 mengisi post-test yang bertujuan untuk mengukur pemahaman terkait materi yang telah dipaparkan sebelumnya.

DOKUMENTASI

Kategori
Uncategorized

Malam Keakraban UKM K3

Kategori
Uncategorized

PELATIHAN BPBD UKM K3 IIK BHAKTA

UKM Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) telah melaksanakan program kerja yaitu Pendidikan Bencana Untuk Aksi . Dalam Kegiatan ini kami mengambil tema “Meningkatkan Kesiapsiagaan Bencana di Kampus” yang dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2023 pukul 07.30 s.d selesai dengan Ratna Resti Manggarsari sebagai penanggung jawab dan Sindy Febri Valentina sebagai ketua pelaksana.
Pada pelaksanaan kegiatan ini, dimulai dengan persiapan panitia pada pukul 07.00, Selanjutnya registrasi peserta dimulai pada pukul 07.30 di titik kumpul yaitu Lab AVA. Jumlah anggota yang hadir yaitu 36 orang di tambah 4 orang anggota BPBD Kota Kediri dan 1 Dosen pembimbing. Pembukaan acara dimulai pukul 07.40 oleh perwakilan panitia yaitu Amevia Ceysa B.P. Kemudian pada pukul 07.50 menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne IIK, Pada pukul 08.00 sampai dengan 08.10 di lanjut dengan sambutan-sambutan. Pretest dilakukan pada pukul 08.10. Penyampaian materi simulasi evakuasi dan pelatihan pertolongan pertama oleh anggota BPBD Kota kediri yaitu Indun Munawaroh S,STP pada pukul 08.30 sampai 10.00. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab pada pukul 10.00 dan postest pada pukul 10.10. Setelahnya pada pukul 10.20 di lanjut dengan penutupan acara.

Kategori
Uncategorized

VIDEO SAFETY INDUCTION K3

UKM Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) telah melaksanakan program kerja yaitu Pembuatan Video Safety Induction K3. Dalam pembuatan video safety induction ini kami mengambil tema “Don’t be safety blinded, be safety minded” yang dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2023 dan 25 Juni 2023 pukul 08.00 s.d selesai dengan Ratna Resti Manggarsari sebagai penanggung jawab dan Widia Tria Novita sebagai ketua pelaksana.

Pada pelaksanaan kegiatan ini, dimulai dengan persiapan panitia pada pukul 08.00 WIB bersamaan dengan datangnya talent di titik kumpul yaitu ruang ormawa. Jumlah talent yang hadir yaitu 8 orang di tambah 2 orang mr. dan ms. IIK. Pembukaan acara dimulai pukul 08.30 oleh perwakilan panitia yaitu Rabiatul adilil. Kemudian di lanjut dengan pembuatan video di Ruang Laboratorium graha Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata pada pukul 09.00. Setelahnya pada pukul 13.00 di lanjut pembuatan video di Adipadma Lantai 6 Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata.

Kategori
Uncategorized

SOSIALISASI K3 DI MASYARAKAT “Menerapkan budaya k3 dimasyarakat untuk menciptakan lingkungan aman dan nyaman”

UKM Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) telah melaksanakan program kerja yaitu Sosialisasi K3 di Masyarakat ini “Pengenalan dan Pemahaman K3 di Masyarakat”. Dalam menyelenggarakan kegiatan sosialisasi ini kami mengambil tema Menerapkan Budaya K3 di Masyarakat Untuk Menciptakan Lingkungan Aman dan Nyaman” yang dilaksanakan pada tanggal 2 April 2023 pukul 15.00 s.d selesai secara tatap muka, dengan pemateri Ratna Resti Manggarsari mewakili Ibu Krisnita Dwi Jayanti, S.KM, M.Epid selaku dosen pembimbing UKM K3 yang berhalangan hadir. Acara ini dimulai dengan memberitahukan kepada masyarakat Gg. Balong Rt 08 Rw 02, Kelurahan Bandar Lor, dengan menggunakan undangan cetak.

      Pada pelaksanaan kegiatan ini, dimulai dengan persiapan panitia pada pukul 13.30 WIB. Masyarakat Gang Balong yang diundang datang ke tempat sosialisasi di rumah Ketua RT.08 pada pukul 15.00 WIB. Jumlah peserta sosialisasi yang hadir sekitar 20 orang. Sebelum acara dimulai, peserta sosialisasi mengisi absensi di meja sekretaraiat dan menukar undangan dengan souvenir yang telah disediakan. Pembukaan acara dimulai sekitar pukul 15.20 WIB oleh perwakilan panitia yaitu Atika Yon Saputri selaku MC pada acara sosialisasi K3 di masyarakat. . Jadwal acara diundur 1 jam dari susunan acara karena menyesuaikan kondisi masyarakat dan tamu undangan mengingat acara dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana yaitu Friska Juniarda. Setelah itu dilanjut dengan sambutan oleh Ketua RT.08 Gang Balong. Acara inti dimulai sekitar pukul 15.30 WIB dengan penyampaian materi tentang budaya kedehatan dan keselamatan kerja khususnya terkait kebakaran dan gempa bumi. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta.

      Penyampaian materi berakhir pada pukul 16.05 WIB, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan souvenir secara simbolis kepada ketua RT. Acara berakhir pada pukul 16.10 namun sebelum mengakhiri acara dilakukan sesi dokumentasi bersama peserta sosialisasi. 

DOKUMENTASI

Kategori
Uncategorized

WEBINAR

UKM Kesehatan dan Keselamatan Kerja telah menyelenggarakan program kerja yaitu webinar. Dalam menyelenggarakan kegiatan ini kami mengambil tema “Perkembangan dan Implementasi Budaya K3 di Lingkungan Kerja Dalam Era Modernisasi” yang dilaksanakan pada tanggal 03 Agustus 2022 pukul 08.00-selesai Via Zoom Metting, dengan pemateri yaitu

Reny Indrayani, S.KM., M.KKK ( Dosen FKM Universitas Negeri Jember)

Ni’matu Zuliana, S.KM., M.KKK ( Dosen IIK Bhakti Wiyata Kediri)

Acara ini dimulai dengan memberitahukan kepada mahasiswa/i IIK Bhakti Wiyata dengan menggunakan media sosial, anggota UKM K3 dan juga milik UKM K3 sendiri. Pendaftaran dilaksankan melalui googlefrom dan terbuka untuk Mahasiswa/i se karesidenan Kediri.

Pada pelaksanaan webinar melalui zoom meeting, dimulai dengan persiapan panitia pada pukul 06.30 WIB. Kemudian peserta memasuki zoom meeting pada pukul 08.00 WIB. Jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan webinar ada 270 orang. Pembukaan dilaksanakan pada pukul 08.15 WIB oleh perwakilan panitia yaitu Rabiatul Adilil Jannah selaku MC acara webinar UKM Kesehatan dan Keselamatan Kerja 2021/2022 sebelum acara dimulai peserta diwajibkan absen terlebih dahulu melalui link yang dikirim di room chat, pada pukul 08.25 WIB dilanjutakan dengan sambutan ketua pelaksana yaitu Zafira Tria Hasanah. Setelah itu lanjut sambutan kepada dosen pembimbing 1 yaitu Ibu Krisnita Dwi Jayanti.,S.KM.,M.Epid dan sambuatan kepada dosen pembimbing 2 yaitu Ibu Paramita Ratna Gayatri, S.Kep., Ns., M.Kes. Setelah itu dilanjutkan dengan doa yang dipandu oleh Manis Lika Sagita. Kemudian pada pukul 09.05 WIB, masuk ke acara inti yang dipandu oleh Dyah Rosa Nopiantari dengan pemateri 1 yaitu Ibu Reny Indrayani, S.KM., M.KKK ( Dosen FKM Universitas Negeri Jember) dan dilanjut sesi tanya jawab. Pada pukul 10.00 WIB masuk pada pemateri yang ke 2 yaitu Ibu Ni’matu Zuliana, S.KM., M.KKK ( Dosen IIK Bhakti Wiyata Kediri) lanjut sesi tanya jawab.

Acara seminar berakhir pada pukul 11.05 WIB, sebelum mengakhiri acara peserta diwajibkan absen terlebih dahulu memalui link yang dikirim melalui room chat.

Dokumentasi

Kategori
Uncategorized

LOMBA DESAIN POSTER UKM K3 IIK BHAKTA 2022

Halo, salam K3

Pada kesempatan kali ini, UKM K3 Bhakti Wiyata menyelenggarakan lomba desain poster dengan tema “Penerapan Budaya K3 Pada Institusi Pendidikan”. Lomba ini dikhususkan untuk siswa/siswi SMA sederajat dan juga mahasiswa/mahasiswi umum. Untuk Benefit yang akan diperoleh seluruh peserta yaitu e-sertifikat. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 12 sampai 23 Mei 2022.

Berikut adalah timeline kegiatan lomba poster

  • 12-18 Mei 2022           : Pemberitahuan dan Pendaftaran
  • 20 Mei 2022                : Pengumpulan Karya
  • 22 Mei 2022                : Penilaian
  • 23 Mei 2022                : Pengumuman

Pemberitahuan lomba disebarluaskan melalui media sosial, lalu peserta yang ingin mengikuti kegiatan lomba mendaftar dengan mengisi form pada link yang tersedia. Setelah semua peserta mengumpulkan karyanya maka dilakukan penilaian poster oleh Bu Krisnita Dwi Jayanti, S.KM., K.Epid. dan juga Bu Ningsih Dewi Sumaningrum, S.KM., M.K.K.K. Pemenang lomba desain poster diumumkan melalui media Instagram.

Di bawah ini adalah juara 1 sampai 3 lomba desain poster

Juara 1 : TAUFIKUR ROHMAN

Juara 2 : SYAHRUL RAMADHAN

Juara 3 : MUHAMMAD IKHWAN ZAKI

Kategori
Uncategorized

TRAINING APAR UKM K3 IIK BHAKTA 2022

UKM Kesehatan dan Keselamatan Kerja telah menyelanggarakan progam kerja yaitu pelatihan anggota. Dalam menyelenggarakan kegiatan ini kami mengambil tema “Keeping Your Safe and Other’s Safe” yang dilakasanakan pada tanggal 30 Januari 2022 pukul 08.00-selesai. Acara ini dilaksanakan secara offline yang bertempat di Lab. AVA IIK Bhakti Wiyata dengan pemateri antara lain :

1. Bpk. Teguh Wiyono

2. Bpk. Kasianto

3. Bpk. Robiyanto

4. Bpk. Sutrisno

5. Bpk. Sumali

Acara ini dimulai dengan memberitahukan kepada anggota ukm k3 dengan menggunakan media sosial. Pendaftaran dilaksanakan melalui google formulir.

Pada pelaksanaan pelatihan anggota ini dilakukan secara offline yang dimulai dengan persiapan panitia pada pukul 07.00 WIB kemudian peserta melakukan registrasi pada pukul 08.00 WIB jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan ini ada 39 orang. Pembukaaan dilaksanakan pada jam 08.30 WIB oleh perwakillan panitia yaitu Nur Lathifa Prabawati sebagai MC acara kegiatan pelatihan anggota. Pada pukul 08.40 WIB menyanyikan lagu Indonesia Raya dan hymne IIK Bhakti Wiyata. Kemudian pada pukul 08.55 WIB dilanjutkan dengan sambutan ketua pelaksana pelatihan anggota UKM K3. Pukul 09.10 WIB dilaksanakan pembacaan do’a oleh Saudari Manis Lika Sagita. Selanjutnya pada pukul 09.15 WIB diisi materi dari damkar (Pengenalan APAR dan Penggunaan APAR). Pada pukul 10.00 WIB dilaksanakan praktek APAR di halaman Adipadma. Kemudian pada pukul 11.30 WIB dilaksanakan istirahat terlebih dahulu. Lalu peserta kembali menuju Lab. AVA. Pada pukul 11.40 WIB dilaksanakan penutupan dan penyerahan souvenir kepada pihak damkar Kota Kediri. Terakhir, pada pukul 11.45 WIB peserta diperbolehkan untuk pulang ke rumah masing-masing.

Acara pelatihan anggota ini berakhir pada pukul 11.45 WIB.

LAMPIRAN

Kategori
Uncategorized

SEMINAR ONLINE

UKM Kesehatan dan Keselamatan Kerja telah menyelenggarakan program kerja yaitu seminar online. Dalam menyelenggarakan kegiatan ini kami mengambil tema “Strategi Peningkatan Performa K3 Dalam Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Produktif Melalui Pendekatan Higiene Industri Dan Kesehatan Kerja”  yang dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2021 pukul 08.00-selesai Via Zoom Metting, dengan pemateri yaitu

Hikmawan Suryanto, S.KM., M.Kes ( Praktisi Dinkes Kota Probolinggo)

Ekawati Wasis Wijaya., S.KM., M.Kes ( Dosen IIK Bhakti Wiyata Kediri)

Acara ini dimulai dengan memberitahukan kepada mahasiswa/i IIK Bhakti Wiyata dengan menggunakan media sosial, anggota UKM K3 dan juga milik UKM K3 sendiri. Pendaftaran dilaksankan melalui googlefrom dan terbuka untuk Mahasiswa/i dan masyarakat Umum.

Pada pelaksanaan seminar online melalui zoom meeting, dimulai dengan persiapan panitia pada pukul 06.30 WIB. Kemudian peserta memasuki zoom meeting pada pukul 07.50 WIB. Jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan seminar ada 202 orang. Pembukaan dilaksanakan pada pukul 08.15 WIB  oleh perwakilan panitia yaitu Amalia Nur Shafa N selaku MC acara seminar online UKM Kesehatan dan Keselamatan Kerja 2020/2021 sebelum acara dimulai peserta diwajibkan absen terlebih dahulu melalui link yang dikirim di room chat,  pada pukul 08.25 WIB dilanjutakn dengan sambutan ketua pelaksana yaitu Nanda Ferlyansin Tersandy. Setelah itu lanjut sambutan kepada Deputi yaitu Bapak Indra Cahyadinata.SSt.FT , sambutan kepada dosen pembimbing 1 yaitu Ibu Krisnita Dwi Jayanti.,S.KM.,M.Epid dan sambuatan kepada dosen pembimbing 2 yaitu Ibu Paramita Ratna Gayatri, S.Kep., Ns., M.Kes. Kemudian pada pukul 08.45 WIB, masuk ke acara inti yang dipandu oleh Ken Sasandra Limpad Patari dengan pemateri 1 yaitu Bapak Hikmawan Suryanto, S.KM, M.Kes (Praktisi Dinkes Kota Probolinggo) dan dilanjut sesi tanya jawab. Pada pukul 09.50 WIB masuk pada pemateri yang ke 2 yaitu Ibu Ekawati Wasis Wijaya., S.KM, M.Kes (Dosen IIK Bhakti Wiyata Kediri) lanjut sesi tanya jawab.

Acara seminar berakhir pada pukul 11.30 WIB, sebelum mengakhiri acara peserta diwajibkan absen terlebih dahulu memalui link yang dikirim melalui room chat. Acara seminar telah selesai yang diakhiri dengan pembacaan doa serta penutup.

LAMPIRAN