Kategori
HOME

English Club’s Masterclass Webinar

Pada tanggal 26 Juni 2022, Unit Kegiatan Mahasiswa English Club telah menyelenggarakan salah satu program kerja unggulan yaitu English Club’s Masterclass Webinar. English Club’s Masterclass Webinar merupakan kegiatan seminar yang bertujuan sebagai  wadah pengembangan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya mengasah dan meningkatkan skill berbahasa Inggris. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tema “Better English for Better Employment Opportunities”. Terdapat 150 lebih partisipan yang menghadiri kegiatan ini dari awal sampai akhir, yang mana terdiri dari 128 mahasiswa internal dan eksternal, dua pemateri, enam tamu undangan, dan 25 anggota UKM English Club yang bertugas menjadi panitia dalam kegiatan ini. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh MC, sambutan-sambutan, pembacaan doa, penyampaian materi oleh kedua pembicara, kegiatan tanya jawab, pembagian doorprize, dan penutup.

Dalam kegiatan English Club’s Masterclass Webinar, dihadiri oleh dua pembicara yang ahli dalam bidangnya, yaitu Mr. Yudi Basuki, M.Pd dan Mrs. Yerita Nurliana, MA. Penyampaian materi oleh Mr. Yudi Basuki, M.Pd dilaksanakan selama 40 menit dengan subtema “How To Boost Your English for A Better Future” dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 15 menit. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Mrs. Yerita Nurliana, MA dengan subtema “Improving English Quality For Young Professionals” dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 15 menit. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian doorprize dan penutupan. Selesainya kegiatan ini tepat pada pukul 11.00 WIB.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan mahasiswa Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri, mahasiswa eksternal, dan masyarakat dapat mengembangkan pengetahuan serta pemahaman kepada masebagai dasar pengembangan diri untuk meningkatkan kualitas diri secara personal dan memperluas peluang dalam bidang kerja sebagai tenaga profesional, yang mana sebagai dasar pengembangan diri untuk meningkatkan kualitas diri secara personal dan memperluas peluang dalam bidang kerja sebagai tenaga profesional.

Kategori
HOME

Update Your English, Rise Up Your Action with VIRAL (Virtual Learning of Language)

Unit Kegiatan Mahasiswa English Club berhasil menyelenggarakan kegiatan VIRAL 1 (Virtual Learning of Language) pada 18 Februari 2022 dengan tema “Update Your English, Rise Up Your Action”. VIRAL (Virtual Learning of Language) merupakan kegiatan Sharing dan Practicing English yang bertujuan sebagai wadah bagi mahasiswa Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata dalam mempelajari Bahasa Inggris. Kurang lebih 100 mahasiswa internal Bhakti Wiyata mengikuti kegiatan VIRAL (Virtual Learning of Language) dari awal hingga akhir. Kegiatan diawali oleh pembukaan oleh MC, pengenalan pemateri, pre test, penyampaian materi, post test lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan foto dokumentasi bersama.

UKM English Club IIK Bhakti Wiyata Kediri juga menghadirkan narasumber yang berkompeten, beliau adalah Ibu Yeni Nurmala Hidayati S.Pd.,M.Pd dosen pengajar dan pembina UKM English Club IIK Bhakti Wiyata Kediri. Materi yang disampaikan adalah “PKM Pendampingan Penguasaan Bahasa Inggris pada Reading Comprehension dengan Metode Skimming dan Scanning”. Secara garis besar, materi ini bertujuan untuk mengasah dan memperlancar cara membaca soal TOEFL, TOIEC atau soal-soal lainya pada mahasiswa. Materi yang diberikan oleh Ibu Yeni sangat membuka pikiran dan membantu mahasiswa  mengerjakan soal dengan bacaan yang sangat panjang, cukup dengan menggunakan metode skimming dan scanning.

Kegiatan ini bertujuan sebagai sarana untuk meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa dalam berbahasa inggris. Menurut Bu Yeni Nurmala Hidayati hal tersebut dapat ditingkatkan dengan  sering berbicara, menulis, atau membaca text berbahasa Inggris. Disinilah peran VIRAL sebagai perantara mahasiswa untuk mendapatkan kiat – kiat dan ilmu yang diberikan oleh pemateri. Selain itu Viral juga memberikat sertifikat kepada peserta yang mengikuti acara tersebut. Dengan adanya VIRAL diharapkan mahasiswa dapat menjalin relasi dari berbagai fakultas/prodi yang telah mengikuti acara VIRAL ini. Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan mahasiswa Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri dapat mengembangkan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa maupun masyarakat luas tentang Bahasa Inggris dan mampu sharing atau berbagi ilmu antar mahasiswa atau dari dosen ke mahasiswa serta masyarakat serta dapat mewujudkan program kerja yang bermanfaat untuk seluruh Mahasiswa IIK Bhakti Wiyata.

Kategori
Event HOME

Viral “Virtual Learning of Language”

Viral “Virtual of Language”  merupakan program kegiatan yang dilakukan Unit Kegiatan Mahasiswa  English Club Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri sebagai sarana bagi mahasiswa IIK Bhakti Wiyata untuk lebih mengenal bahasa Inggris lebih dalam lagi.  Karena penting sekali bagi kita untuk mengenal lebih jauh megenai bahasa  inggris. Karena sebagai mahasiswa kesehatan yang akan menjadi seorang tenaga medis harus memahami bahasa Inggris dengan baik karena ilmu kedokteran atau medis berkiblat dunia barat. Hal ini karena semua buku ajar asli dibuat di sana dan sudah pasti nya berbahasa Inggris.  Selain itu Dalam persaingan dunia kerja dalam bidang kesehatan kemampuan berbahasa Inggris juga memegang peran sebagai nilai lebih dari pekerja itu sendiri. Dengan adanya program kegiatan virtual learning of language bisa menjadi wadah “sharing and practicing English” dan Mengenal lebih dalam mengenai bahasa Inggris

Kegiatan viral kali ini dilaksanakan dengan dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada tanggal 12 September 2021 oleh salah satu pemateri eksternal yang berpengalaman dalam bidang bahasa Inggris. Kegiatan diawali pada pukul 9 dengan pembukaan serta pengenalan MC dan narasumber lalu diikuti dengan diskusi materi selama 40 menit oleh miss Angel atau Luluatul Fuadah. Lalu kami membahas tentang pengalaman-pengalaman dalam berbahasa Inggris dan proses belajar sampai ahli dalam bidang bahasa Inggris serta hal-hal penting yang dipelajari dalam bahasa Inggris.

Setelah itu sesi kedua dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 19 September 2021 dan tentu saja pemateri berasal dari luar kampus. Kegiatan kami mulai pada pukul 9 dengan pembukaan dan pengenalan MC serta narasumber dan diikuti dengan diskusi materi oleh Mr. Roma alias M. Romadhon. Tidak jauh berbeda dengan sesi pertama, kami melakukan sharing sharing mengenai bahasa Inggris dan hal-hal penting yang perlu diperhatikan dan dipelajari dalam bahasa Inggris.  Pelajaran yang disampaikan sangatlah informatif dan Cara penyampaiannya yang ceria membuat mahasiswa lebih antusias.  Sehingga ilmu yang didapatkan dapat terserap dengan baik dan mudah dipahami.

Instagram : @ukm_ec.iikbw
Email : ukm.englishclub@iik.ac.id

Kategori
HOME

Webinar English Club Fun Gathering

Hello Everyone

On this occasion we will present an information about one of the programs from UKM English Club IIK Bhakti Wiyata, named is “Webinar English Club Fun Gathering”.

Webinar English Club Fun Gathering adalah sebuah program kerja yang diselenggarakan oleh UKM English Club IIK Bhakti Wiyata dengan tujuan memberikan edukasi mengenai pentingnya belajar dan memahami peranan bahasa inggris bagi generasi muda  serta berbagi pengalaman terkait tips and trick belajar bahasa inggris dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Gambar 1

Rabu 15 September 2021 acara dibuka oleh Malikatul Himadhil Afrilia dari program studi D3 Fisioterapi, dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh Galuh Ade Prasetyaningtyas dari S1 Farmasi selaku ketua pelaksana. Acara dilanjutkan dengan pemberian sambutan dari Bapak Indra Cahyadinata, S.St.FT., M. Kes sebagai Deputi Bidang Kemahasiswaan dan Pelayanan Alumni.

Kegiatan Webinar English Club Fun Gathering diselenggarakan secara virtual menggunakan media Zoom Meeting dengan mengangkat tema “The Role of English For Z Generation” yang diikuti oleh mahasiswa IIK Bhakti Wiyata dan mahasiswa umum dari semua program studi.

Gambar 2

Pemateri pertama Ibu Yeni Nurmala H., S.Pd., M.Pd, beliau merupakan seorang dosen internal IIK Bhakti Wiyata sekaligus Kepala Bahasa di Program Pusat Bahasa IIK Bhakti Wiyata. Beliau menyampaikan materi “The role of English in the digital era”, sedangkan pemateri kedua yaitu Miss Ririn Daniyarti yang merupakan seorang mahasiswa program magister yang memiliki berbagai pengalaman terkait penerapan bahasa inggris di lingkup nasional maupun internasional menyampaikan materi “Positive habits to develop and improve the English skills.”. Seminar terlihat interaktif dan berjalan dengan lancar yang dipandu oleh pembawa acara sekaligus moderator, saudari Malikatul Himadhil Afrilia dari program studi D3 Fisioterapi.

Gambar 3
Gambar 4

Kegiatan Webinar English Club Fun Gathering berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. Galuh Ade Prasetyaningtyas dari program studi S1 Farmasi selaku ketua acara menyampaikan bahwa semoga kegiatan ini dapat menjadi salah satu faktor pendorong ataupun motivasi bagi seluruh peserta webinar dalam memahami pentingnya belajar bahasa inggris serta termotivasi untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berbahasa inggris di era digital seperti saat ini.

English is fun !!

Goodbye and see you again on the next programs

Instagram : @ukm_ec.iikbw

Email : ukm.englishclub@iik.ac.id

UKM ENGLISH CLUB IIK BHAKTI WIYATA KEDIRI


Kategori
HOME

Hello everyone!

Welcome to english club IIK Bhakti Wiyata blog