Kategori
BAHASA

lovelanguage #4

LATIN ABBREVIATION

Banyak kata-kata bahasa Inggris yang berasal dari bahasa Latin, dan bahkan masih banyak yang dipergunakan hingga sekrang. Bahasa Latin sendiri bisa disebut dengan ‘dead’ language, tetapi masih banyak di gunakan. Latin Abbreviation adalah singkatan bahasa inggris yang berasal dari bahasa Latin.

Berikut adalah beberapa Latin Abbreviation yang sering muncul :

etc. : Et Cetera

etc merupakan singkatan dari et cetera, yang dimaksudkan untuk “and others”, “and the rest” , atau “and so on”.

Contoh :

There are many kinds of water birds (e.g., duck, geese, etc.) that live in the marshlands

e.g : Exempli Gratia

E.g.  merupakan singkatan dari exempli gratia, yang dimaksudkan untuk  “for example”.

Setelah penulisan e.g., dan tiap contohnya tambahkan tanda “koma” .

Huruf e,g. ataupun i.e. ditulis dengan huruf kecil jika berada di tengah kalimat.

Contoh :

Many cities (e.g., New York, Miami and London) could face serious problems if the sea levels continue to rise.

After work, I’ll walk over to a sports arena, e.g., Thunderdome or Victory Court.

i.e : id est

I.e. merupakan singkaatan dari id est , yang dimaksudkan untuk  “in other words”, or “that is”, or “that means”.

Huruf e,g. ataupun i.e. ditulis dengan huruf kecil jika berada di tengah kalimat.

Contoh :

Since the last major global conflict (i.e., World War II) Europe has enjoyed a period of relative peace.

After work, I’ll walk over to that new sports arena, i.e., Thunderdome.

cf.: Confer

cf. merupakan singkaatan dari confer, yang dimaksudkan untuk “compare with”.

Contoh :

It is not true that Eskimos have hundreds of words for snow; cf. Pullum (1991).

c./ca./cca. : Circa

c./ca./cca. merupakan singkatan dari circa, yang dimaksudkan untuk “around” or “approximately” or “about”. Biasanya muncul dengan tanggal.

Contoh :

when Stonehenge began to be constructed (c. 3000 BCE).

N.B. : Nota Bene

N.B. merupakan singkatan dari Nota Bene, yang maksudnya adalah note well ‘perhatikan dengan benar’.

N.B. penulisanya menggunakan huruf capital.

Contoh :

You will have 60 minutes to complete the test. N.B.: A single 3×5 index card of notes may be used during this exam.

A.M. : ante meridiem

A.M. merupakan singkatan dari ante meridiem, yang maksudnya adalah singkatan untuk menunjukan jam 00:00 – 12:00.

Contoh :

I wake up at 6 A.M.

P.M. : post meridiem

P.M. merupakan singkatan dari post meridiem, yang maksudnya adalah singkatan untuk menunjukan jam 12:00 – 00:00.

Contoh :

I go to bed at 9 P.M

et al. : et alii

et al. merupakan singkatan dari et alii, yang maksudnya adalah “and other people”.

Contoh :

The book was written by Hobbs, Cartwright, Jacobson, et al. (which means that Hobbs, Cartwright, Jacobson and others wrote the article)

Walaupun dari bahasa Latin, tetapi penulisanya baik dalam bentuk latin ataupun singkatan tidak perlu menggunakan huruf italic.

Source Refences :

OUP. 2014. New Hart’s Rules: the Oxford style guide, 2nd edn. Oxford: Oxford University Press. 464 pp.

Kategori
BAHASA

lovelanguage #3

Waktu & Durasi dalam Bahasa Mandarin

 

Kosakata mengenai waktu dalam bahasa Mandarin yang wajib diketahui :

汉字

Hànzì

Karakter

拼音

Pīnyīn

Pinyin

意思

Yìsi

Arti

Keterangan Waktu

凌晨

Língchén

subuh (pukul 01.00-05.00)

早晨

Zǎochén

pagi hari (pukul 05.00-08.00)

早上

Zǎoshang

上午

Shàngwǔ

pagi hari sebelum (pukul 08.00-12.00)

中午

Zhōngwǔ

siang hari (pukul 12.00-14.00)

下午

Xiàwǔ

sore (pukul 14.00-18.00 atau 19.00)

傍晚

Bàngwǎn

senja (jarang digunakan, untuk pukul 18.00-19.00)

晚上

Wǎnshàng

malam hari (pukul 19.00-23.00)

半夜

Bànyè

tengah malam (pukul 23.00-01.00)

Kata Penting

Diǎn

Jam

Fēn

Menit

Miǎo

detik

一刻

Yī kè

Seperempat menit ( 15 menit)

Bàn

Setengah jam (30 menit)

三刻

sān kè

45 menit

Chà

Kurang

Kalimat penting dalam bahasa Mandarin tentang waktu dan durasi sebagai berikut :

几点?

jǐ diǎn

Jam Berapa?

几个小时/钟头?

jǐ gè xiǎoshí/zhōngtóu?

Berapa Jam ?

你的手表准吗?

nǐ de shǒubiǎo zhǔn ma?

Apakah jam tanganmu tepat ?

是的,很准。 

shì de, hěn zhǔn.

Ya, Tepat.

多久?

duōjiǔ?

Berapa Lama ?

左右

zuǒyòu

Kira-kira

  1. CARA MENYATAKAN WAKTU DALAM BAHASA MANDARIN

Cara menyatakan waktu dalam bahasa mandarin bisa penggunakan format 24 jam dan juga format 12 jam ( AM/PM ), penjelasanya adalah sebagai berikut :

  • Format 24 Jam

Rumusnya  :

Angka Jam +点(diǎn + Angka Menit +  分(fēn

Contoh :

Jam 13.00 : 十三点 Shísān diǎn

Jam 01:00 :  一点Yīdiǎn

Jam 08:10 : 八点十分 Bā diǎn shí fēn

Jam 20:10 :  二十点十分Èrshí diǎn shí fēn

Jam 09:15 :  九点一刻Jiǔ diǎn yī kè

Jam 12:30 :  十二点半Shí’èr diǎn bàn

Jam 16:45 : 十六点三刻Shíliù diǎn sān kè

Jam 7:57 :  差三分八点Chà sān fēn bā diǎn*

 *kata 差 chā yang artinya kurang, cara penulisanya dibalik. Menitnya dulu baru jamnya.

 

  • Format 12 Jam ( AM / PM )

Rumusnya :

Keterangan Waktu + Angka Jam +点(diǎn + Angka Menit +  分(fēn

Contoh :

Jam 13:00 : 中午一点Zhōngwǔ yīdiǎn

Jam 01:00 : 半夜一点Bànyè yīdiǎn

Jam 08:10 : 上午八点十分Shàngwǔ bā diǎn shí fēn

Jam 20:10 : 晚上八点十分Wǎnshàng bā diǎn shí fēn

Jam 09:15 : 上午九点一刻Shàngwǔ jiǔ diǎn yī kè

Jam 12:30 : 中午十二点半Zhōngwǔ shí’èr diǎn bàn

Jam 16:45 : 下午四点三刻Xiàwǔ sì diǎn sān kè

Jam 7:57  : 早上差三分八点*Zǎoshang chà sān fēn bā diǎn*

*kata 差 chā yang artinya kurang, cara penulisanya dibalik. Menitnya dulu baru jamnya.

 

Contoh dalam kalimat tentang waktu :

早上七点我去学校

Zǎoshang qī diǎn wǒ qù xuéxiào

Aku pergi ke sekolah jam 7 pagi

 

Contoh dalam percakapan tentang waktu :

A         : 你几点去学校 ?

A         : Nǐ jǐ diǎn qù xuéxiào?

A         : Kamu pergi ke sekolah pada jam berapa ?

 

B         : 早上七点我去学校

B         : Zǎoshang qī diǎn wǒ qù xuéxiào

B         : Aku pergi ke sekolah jam 7 pagi

 

  1. CARA MENYATAKAN DURASI DALAM BAHASA MANDARIN

Untuk menyatakan durasi / berapa lama suatu waktu yang diperlukan dalam satuan jam atau menit dalam bahasa mandarin menggunakan  :

 小时 (xiǎoshí)/钟头 (zhōngtóu) yang artinya jam

分钟 (fēnzhōng) yang artinya menit

Contoh :

1 Jam                           : 一个小时Yīgè xiǎoshí

1 setengan Jam            : 一个小时半Yīgè xiǎoshí bàn

10 Menit                      : 十分钟Shí fēnzhōng

Setengan Jam              : 半个小时Bàn gè xiǎoshí

 

Contoh dalam kalimat :

从我的学校到商场坐地铁要一个小时半。

Cóng wǒ de xuéxiào dào shāngchǎng zuò dìtiě yào yīgè xiǎoshí bàn.

Dibutuhkan satu setengah jam dari sekolahku ke mal dengan kereta bawah tanah.

 

Contoh dalam Percakapan :

A         : 从上海到北京坐地铁要几个小时? 

A         : Cóng shànghǎi dào běijīng zuò dìtiě yào jǐ gè xiǎoshí?              

A         : Berapa lama perjalanan dengan kereta bawah tanah dari Shanghai ke Beijing ?

B         : 三个小时

B         : Sān gè xiǎoshí              

B         : Tiga Jam 

 

A         : 从上海到北京坐地铁要多久? 

A         : Cóng shànghǎi dào běijīng zuò dìtiě yào duō jiǔ?              

A         : Berapa lama perjalanan dengan kereta bawah tanah dari Shanghai ke Beijing ?

B         : 三个小时

B         : Sān gè xiǎoshí              

B         : Tiga Jam

 

source references :

file:///D:/Cara%20Pengucapan%20Waktu%20Dalam%20Bahasa%20Mandarin%20_%20Beijing%20Standard.html
file:///D:/Cara%20Penulisan%20Jam%20atau%20Pukul%20Dalam%20Bahasa%20Mandarin%20-%20mandarin%20dasar.html

Kategori
BAHASA

lovelanguage #2

Angka dalam Bahasa Mandarin

líng

0  (nol)

1  (satu)

èr

2  (dua)

Liǎng

2  (dua)

sān

3  (tiga)

4  (empat)

5  (lima)

liù

6  (enam)

7  (tujuh)

8  (delapan)

jiǔ

9  (sembilan)

shí

10  (sepuluh)

bǎi

Ratusan (00)

qiān

Ribuan (000)

wàn

Puluhan ribu  (0000)

 

Belajar tentang angka, maka akan lebih bagus jika mengetahui hal – hal yang berhubungan tentang angka seperti SATUAN, BELASA, PULUHAN, RATUSAN, PULUH RIBU, JUTA, dan sebagainya.

SATUAN

líng

0  (nol)

1  (satu)

èr

2  (dua)

Liǎng

2  (dua)

sān

3  (tiga)

4  (empat)

5  (lima)

liù

6  (enam)

7  (tujuh)

8  (delapan)

jiǔ

9  (sembilan)

shí

10  (sepuluh)

 

BELASAN

untuk angka BELASAN dalam bahasa Mandarin menggunakan struktur sebagai berikut :

SHI + (ANGKA)

Contoh :

11        : shí

14        : shí

 

PULUHAN

Angka PULUHAN dalam bahasa Mandarin menggunakan struktur sebagai berikut :

(ANGKA) +SHI

Contoh :

20        : èr shí

21        : èr shí èr

 

RATUSAN “ bǎi”

Angka RATUSAN dalam bahasa Mandarin menggunakan dengan menambahkan kata bǎi .

strukturnya  sebagai berikut :

(ANGKA) + bǎi

Contoh :

300      : sān bǎi

500      : bǎi

308      : sān bǎi líng

660      : liù bǎi liù shí

768      : bǎi liù shí

 

“ mulai dari RATUSAN ini lah, kalian harus bisa memahami penggunaan liǎng & èr.

Liǎng  : digunakan untuk menyebutkan kuantitatif dan angka mulai dari ratusan.

èr         : digunakan untuk satuan, belasan, dan puluhan.”

Contoh :

200      : Liǎng bǎi

202      : Liǎng bǎi líng èr

220      : Liǎng bǎi èr shí

222      : Liǎng bǎi èr shí èr

 

RIBUAN qiān”

Angka RIBUAN dalam bahasa Mandarin menggunakan dengan menambahkan kata qiān” .

strukturnya  sebagai berikut :

(ANGKA) + qiān

Contoh :

1000 : qiān

2000 : liǎng qiān

3000 : sān qiān

7000 : qiān

2002 : liǎng qiān líng èr

4006 : qiān líng liù

3045 : sān qiān líng shí

5607 : qiān liù bǎi líng

6890 : liù qiān bǎi jiǔ shí

7865 : qiān bǎi liù shí

 

PULUHAN RIBU “ wàn”

Ketika belajar angka dalam bahasa Mandarin, akan memperlajari mengenai puluhan ribu. Dalam bahasa Mandarin puluhan ribu ini adalah nominal 4 angka dari belakang. Jika dalam bahasa Indonesia pembagian nominalnya adalah 3 angka, untuk bahasa Mandarin pembagian nominalnya adalah 4 angka,  nominal 4 angka ini disebut dengan wàn.

Strukturnya adalah sebagai berikut :

(ANGKA) +wàn

Contoh :

20.000 : 2. 0000 : Liǎng wàn

200.000 : 20.0000 :èr shí wàn

 

JUTA “百万bǎi  wàn”

Strukturnya adalah sebagai berikut :

(ANGKA) + bǎi  wàn

Contoh :

2.000.000        : 200. 0000 : Liǎng bǎi wàn

 

RATUSAN JUTA  亿

Strukturnya adalah sebagai berikut :

(ANGKA) + yì

Contoh :

100.000.000 :  一亿 : yī yì

 

MILYAR  十亿 shíyì

Strukturnya adalah sebagai berikut :

(ANGKA) + shíyì

Contoh :

1.000.000.000  : 十亿 : shí yì


TRILYUN zhào “
Strukturnya adalah sebagai berikut :

(ANGKA) + zhào

contoh :

1.000.000.000.000 : 一兆 : yī zhào

lovelanguage #1

Hal – Hal yang Bisa Membuat Gagal Saat Belajar Bahasa Asing

Ternyata ada beberapa hal yang bisa berpengaruh terhadap belajar bahasa asing kalian! Yuk simak apa saja, supa belajar kalian selama ini tidak sia-sia 🙂

1. Belum Ada Niat dan Kemauan untuk Belajar

Yang paling utama saat hendak melakukan sesuatu hal biasanya berhubungan dengan sebuah niat dan kemauan. Jika dari awal tidak ada niat maka sulit sekali seseorang untuk melakukan sesuatu hal. Begitu pula saat belajar belajar bahasa asing, membutuhkan niat dan kemauan besar.

Apabila seseorang tersebut belum ada keinginan dan kemauan yang sungguh-sungguh. Maka dipastikan hasil yang dicapai tidak akan maksimal bahkan mungkin tidak ada hasil. Oleh karena itu, banyak orang yang gagal dalam belajar bahasa asing karena niat mereka yang masih setengah belum sepenuh hati untuk ingin belajar bahasa asing. Jadi, hasilnya pun tentu  kurang memuaskan. Salah satu faktor yang bisa membuat seseorang belum ada niat dan kemauan untuk belajar bahasa bisa jadi karena mereka belum mengetahui secara pasti keuntungan dari belajar bahasa asing.

2. Kurangnya Rasa Ingin Tahu

Banyak yang mungkin belum memahami dan menyadari sepenuhnya betapa pentingnya balajar bahasa asing dalam dunia pendidikan maupun pekerjaan. Hal itu ternyata dapat mempengaruhi belum bisa tumbuhnya rasa keingintahuan atau bahkan kurangnya rasa ingin tahu seseorang terhadap bahasa asing. Sehingga mereka masih menanggapi belajar bahasa asing dengan biasa saja. Sebagai contoh kecil yang ternyata banyak berkembang adalah beberapa dari mereka hanya mengikuti dan mendapatkan materi di kelas bahasa tanpa mempelajari dan memahami dengan seksama mengenai materi tersebut. Sehingga tidak ada hasil yang memuaskan atau bisa jadi tidak  mendapatkan hasil sama sekali.  

3. Kurangnya Praktik

Tidak cukup dengan bermodalkan niat, kemauan dan rasa ingin tahu saja. Terdapat 4 aspek keterampilan dalam berbahasa yang bisa dijadikan sebagai tolok ukur tingkat pencapaian seseorang dalam berbahasa. 4 aspek tersebut adalah keterampilan writing, reading, speaking dan listening. Belajar bahasa tidak cukup hanya dengan meningkatkan keterampilan writingnya saja yang hanya dengan menulis kosakata ataupun macam-macam struktur grammar, speaking yanghanya dengan mengucapkan kosakata baru, reading yang hanya dengan membaca teks bacaan pendek, dan juga listening yang hanya ada pada soal – soal saja. Belajar bahasa tidak cukup hanya dengan belajar seperti itu, tetapi membutuhkan banyak praktik. Misalnya mencoba membiasakan diri mempraktikan ungkapan-ungkapan sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan teman atau dengan orang lain, mencoba memahami dialog percakapan orang lain pada film ataupun mencoba memahami saat mendengarkan lirik lagu, chatting dengan teman dari Luar Negeri dan masih banyak cara yang lain.

4. Kurangnya Metode Belajar

Tidak hanya saat kegiatan belajar menagajar (KBM) di kelas, pembelajaran apapun pasti membutuhkan variasi dalam penggunaan metode pembelajaran. Jika tidak, maka bisa dipastikan suasana kelas akan menjadi tidak efektif dan tidak efesien. Terlebih dalam kegiatan belajar menagajar (KBM) guru diharapkan bisa lebih variatif dan kreatif dalam pemilihan metode dan media pembelajaran yang digunakan, dengan harapan akan meningkatkan perhatian siswa, membangkitkan keinginan dan kemauan belajar. Sehingga siswa tidak merasa bosan, perhatiannya bertambah, dan target pembelajaran akan dapat tercapai.

5. Terlalu Fokus Pada Grammar

Berdasarkan pernyatan, Michael Swan (2005:xix), ahli bahasa yang lebih cenderung memperhatikan Bahasa Inggris asli Inggris (British English) mendefinisikan grammar seperti dibawah ini:

“The rules that show how words are combined, arranged or changed to show certain kinds of meaning.”

Memang benar grammar  sangat penting karena merupakan sebuah aturan kebahasaan. Tetapi, hal itu jangan sampai membuat kalian semakin takut dan ragu untuk mencoba. Justru dengan mencoba mempraktikan seperti berdialog atau mencoba menulis dan menyusun kalimat, maka kalian akan menemukan letak kesalahan yang mungkin terjadi dan juga kalian akan mengetahui pada bagian mana yang harus ditekankan untuk dipelajari lebih dalam lagi.  Karna dari perbaikan atas sebuah kesalahan- kesalahan itulah yang bisa membuat keberhasilan dalam berbahasa.

6. Kurang Percaya Diri dan Selalu Merasa Takut

Hal lain yang tidak kalah penting dan juga berpengaruh saat belajar bahasa adalah tingkat percaya diri. Jika terlalu diselimuti oleh perasaat ragu dan takut untuk mencoba karena terlalu banyak mempertimbangkan benar tidaknya tata bahasanya, maka kalian akan stuck pada titik itu saja. Tanpa pernah mengalami perkembangan dalam belajar. Mulailah untuk mencoba dan berdamailah dengan kesalahan sebab kesalahan bisa diperbaiki. Jika merasa menemukan kejanggalan yang berpotensi menyebabkan kesalahan segera mencari sumber referensi untuk mengetahui dan memperbaiki letak kesalahanya.

Semoga setelah membaca tulisan, kalian menjadi tergugah hasrat untuk bisa menghargai dan tentunya bisa tertarik lebih dalam lagi terhadap bahasa asing. semangat!! Jiayou !! fighting !! ganbatte!!

Kategori
Uncategorized

Hello world!

Welcome to IIK BW STAFF BLOG SITES. This is your first post. Edit or delete it, then start writing!